Tlatoani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Huetlatoani
Kaisar Aztek
Bekas Kerajaan
Imperial
Lambang Persekutuan
Acamapichtli
Penguasa pertama Acamapichtli
Penguasa terakhir Cuauhtémoc
Kediaman resmi Tenochtitlán
Pendirian 1428
Pembubaran 1521

Tlatoani (diucapkan [tɬaʔtoˈ(w)aːni]; jamak tlatoque, [tɬaʔˈtoʔkeʔ]) adalah istilah Nahuatl untuk penguasa altepetl, negara kota pre-Hispanik. Kata ini secara literatur berarti "ketua atau kepala parlemen", tetapi dapat diterjemahkan ke bahasa Indonesia sebagai "raja".[1] Cihuatlatoani ([siwaːtɬaʔtoˈ(w)aːni]) berarti penguasa wanita.[2] Gelar dalam bentuk superior menjadi Hueyi Tlatoani / Huetlatoani (Penasehat Agung atau Mufti Tetua) yang bermakna sama dengan gelar Kaisar.

Gelar ini digunakan oleh penguasa Kekaisaran Aztek secara bergantian oleh Tenochtitlan, Texcoco, dan Tlacopan sebagai aliasi pembentuk kekaisaran.

Hirearki kekuasaan[sunting | sunting sumber]

Kekaisaran Aztec memiliki pemerintahan hierarkis dengan kekuasaan dan tanggung jawab yang berjalan dari atas ke bawah. Kekaisaran tersebut memerintah secara tidak langsung atas wilayahnya. Artinya, selama wilayah tersebut membayar upeti yang seharusnya kepada kekaisaran sepenuhnya dan tepat waktu, kekaisaran akan membiarkan para pemimpin lokal bekerja sendiri.

Dasar struktur hierarkis kekaisaran ini adalah keluarga. Sebuah kelompok keluarga yang saling terkait kemudian membentuk calpulli, semacam lingkungan atau perkumpulan. Calpulli mengatur sekolah dan tempat ibadah lokal dan merawat kelompok secara keseluruhan. Setiap calpulli memilih seorang kepala untuk mengawasi tanggung jawab calpulli tersebut. Sebagian besar kota Aztec berisi banyak calpulli.

Kepala dari setiap calpulli adalah anggota dewan kota. Dewan kota memiliki kekuasaan yang cukup besar; mereka memastikan kota berjalan lancar. Setiap dewan memiliki dewan eksekutif dengan empat anggota. Empat anggota ini adalah bangsawan dan biasanya anggota dari masyarakat militer. Salah satu dari empat anggota dewan eksekutif akan dipilih sebagai pemimpin kota, yang disebut tlatcani, yang mengawasi tidak hanya kota tetapi juga pedesaan sekitarnya. Dewan-dewan kota dan para pemimpin ini membentuk jaringan wilayah dalam kekaisaran.[3]

Di pusat kekaisaran terdapat Altepetl Aztec utama, atau negara kota, yaitu Texcoco, Tlacopan, dan Tenochtitlan. Dari ketiganya, Tenochtitlan secara perlahan menguasai yang lain. Puncak kekuasaan berpusat pada Huey Tlatoani, Pemimpin Agung atau kaisar. Kaisar memiliki kekuasaan mutlak dan disembah sebagai seorang dewa. Di samping kaisar adalah Wanita Ular atau Cihuacoatl, yang berfungsi sebagai wazir agung atau perdana menteri. Meskipun "Wanita Ular" adalah gelar posisi ini, selalu dipegang oleh seorang pria, biasanya saudara atau sepupu kaisar. Sementara Huey Tlatoani mengurus masalah diplomasi, upeti, perang, dan perluasan kekaisaran, tanggung jawab Wanita Ular adalah Tenochtitlan itu sendiri.[3]

Langsung di bawah kaisar adalah penasihat-penasihatnya, yaitu Dewan Empat. Para penasihat ini adalah jenderal-jenderal dari masyarakat militer. Jika terjadi sesuatu pada kaisar, salah satu dari empat pria ini akan menjadi Huey Tlatoani berikutnya. Dewan tersebut memberikan nasihat kepada kaisar dalam pengambilan keputusan.[3]

Daftar Penguasa[sunting | sunting sumber]

Tenochtitlan Texcoco Tlacopan
Huehuetlatoani (Kaisar) Huetlatoani Huelatoani
  • Aculnahuacatl Tzaqualcatl, c. 1400–1430
  • Totoquihuaztli I, c. 1430–1469
  • Chimalopopoca, 1469–1489
  • Totoquihuaztli II, 1489–1519
  • Tetlepanquetzaltzin, 1519–1524

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lockhart (2001): p. 238; Schroeder (2007): p. 3; Wimmer (2006): TLAHTOANI Diarsipkan 2007-06-14 di Wayback Machine.
  2. ^ Schroeder (2007): pp. 3–4; Wimmer (2006): CIHUATLAHTOANI Diarsipkan 2007-06-08 di Wayback Machine..
  3. ^ a b c "The Aztec Empire: Society, Politics, Religion, and Agriculture". History (dalam bahasa Inggris). 2018-06-14. Diakses tanggal 2023-09-11. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Lockhart, James (2001). Nahuatl as Written: Lessons in Older Written Nahuatl, with Copious Examples and Texts. Stanford, California: Stanford University Press. 
  • Schroeder, Susan (2007). "The Annals of Chimalpahin". Dalam James Lockhart, Lisa Sousa, and Stephanie Wood (eds.). Sources and Methods for the Study of Postconquest Mesoamerican Ethnohistory (edisi ke-provisional version). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-18. Diakses tanggal 2007-05-05. 
  • Wimmer, Alexis (2006). "Dictionnaire de la langue nahuatl classique" (dalam bahasa French). Diakses tanggal 2007-05-05.