Mikhail Kalashnikov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mikhail Kalashnikov
PFR PBS
Kalashnikov di Kremlin,
Desember 2009
Nama asalМихаил Тимофеевич Калашников
LahirMikhail Timofeyevich Kalashnikov
(1919-11-10)10 November 1919
Kurya, Krai Altai, RSFS Rusia
Meninggal23 Desember 2013(2013-12-23) (umur 94)
Izhevsk, Udmurtia, Rusia
KebangsaanRusia
Pekerjaan
  • Perancang senjata kecil
  • Letnan Jenderal Rusia
Dikenal atasPerancang AK-47, AK-74 dan RPK
Suami/istriEkaterina Viktorovna Kalashnikova (née Moiseyeva; 1921–1977)
Anak4, termasuk Victor
Penghargaan

Mikhail Timofeyevich Kalashnikov (Rusia: Михаи́л Тимофе́евич Кала́шников, IPA: [kɐˈlaʂnʲɪkəf]; 10 November 1919 – 23 Desember 2013) adalah seorang perwira tinggi, penemu, insinyur militer dan perancang senjata kecil asal Rusia. Ia terkenal karena mengembangkan senapan serbu AK-47, AKM dan AK-74, serta senapan mesin PK dan senapan mesin ringan RPK.[1]

Kalashnikov adalah, menurut dirinya sendiri, seorang pengotak-atik otodidak yang menggabungkan keterampilan mekanik bawaan dengan studi persenjataan untuk merancang dan menghasilkan senjata yang dipakai pada berbagai macam medan perang.[4] Meskipun Kalashnikov merasa sedih mengenai distribusi senjata yang tidak terkendali, ia merasa bangga dengan penemuannya dan reputasinya yang sangat diandalkan, menekankan bahwa senapannya adalah "senjata pertahanan" dan "bukan senjata untuk menyerang".[4]

Berkarier dalam dinas militer Soviet[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1938 dia masuk wajib militer Tentara Merah dan menjadi komandan tank pada awal Perang Patriotik Besar dan bertugas di komando daerah khusus di Kiev Ukraina. Sejak itu ia menekuni bidang-bidang permesinan dan terus mendalami mekanisme persenjataan di antaranya adalah ahli mekanik tank. Pendidikan inilah yang menjadi modal dasarnya menciptakan beragam perlengkapan perang. Ia merancang indikator inersi untuk mencatat jumlah tembakan dari meriam tank. Lalu ia juga membuat perangkat untuk melihat efektivitas tembakan dari jendela tank. Begitu pula indikator untuk melihat kinerja mesin tank.

Kreativitas Kalashnikov dan perangkat buatannya ternyata menarik perhatian panglima komando daerah yang dijabat Jenderal Georgy Zhukov. Zhukov lalu memberi hadiah sebuah jam tangan dan mengirim Kalashnikov ke Leningrad-kini St. Petersburg. Di sana Kalashnikov diberi kesempatan untuk mengembangkan perangkat buatannya untuk diproduksi secara massal. Selain itu juga diangkat sebagai penasihat teknik untuk bidang militer, terutama untuk produk meter bahan bakar dan roda rantai kendaraan tempur.

Pada musim gugur 1941, ketika pertempuran melawan Jerman, ia diangkat menjadi komandan pasukan tank pada "Marshal Katukov's First Tank Army" yang menggunakan tank T-34, dengan pangkat sersan senior.

Pada bulan Oktober 1941, Kalashnikov terluka parah pada pertempuran di Bryansk, kota yang berjarak sekitar 379 km di barat daya kota Moskow, dan dikirim pulang dari garis depan serta dirawat dirumah sakit. Di sini ia banyak berbincang-bincang dengan sesama pasien tentara yang dirawat tentang persenjataan, di antaranya tentang keluhan perihal kurangnya senapan mesin (otomatis) pada pasukan Soviet dibandingkan dengan milik pasukan Jerman.

Atas diskusi dan keluhan dari rekan-rekan sejawatnya, Kalashnikov mulai memikirkan rancangan senapannya di rumah sakit bagi Tentara Merah. Ia mulai banyak membaca di perpustakaan rumah sakit tentang teknik senapan. Pegawai rumah sakit yang bernama Marusya meminjamkan buku dasar-dasar persenjataan yang ditulis V.G. Federov yang berjudul "Evoluyutsia Strelkovogo Oruzhiya" yang diterbitkan pada tahun 1939.

Kalashnikov kemudian bergabung dengan lokakarya Institut Penerbangan Moskwa. Ketika bekerja di situ, Kalashnikov merancang beberapa inovasi untuk tank, antara lain sebuah alat penghitung jumlah tembakan. Setelah beberapa tahun, ia diangkat menjadi kepala insinyur, dan diberikan lebih banyak sumber daya.

Merancang Senapan AK-47[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1942, tentara Merah mendirikan proyek untuk menciptakan senapan mesin yang ringan dan mudah dioperasikan. Dalam proyek ini terdapat tenaga perancang ternama yakni G.S. Shpagin, V.A. Degtyarev dan Kalashnikov serta Aleksei Ivanovich Sudayev. Namun pada pertandingan perancangan senapan mesin/senapan otomatis ini ternyata dimenangkan Aleksei Ivanovich Sudayev dengan model PPS-43.

Meski kalah, tetapi rancangan Kalashnikov diperhatikan oleh Jenderal Anatoly Arkadaevich Blagonravov, pemegang kunci dalam program persenjataan Uni Soviet dan komisaris pada "Artilleriskoi Akademi RKKA im Dzerzhinskogo".

Pada tahun 1947, dia merancang AK-47. Dan berkat keuletannya pada tahun 1948, Kolonel Teknik Vladimir Sergeyevich, memberi selamat kepada Kalashnikov karena rancangannya berupa "Avtomat Kalashnikova" diterima menjadi senapan standar, dan pada tahun 1949, senapan serbu AK-47 (Avtomat Kalashnikova Obrazetsa) berkaliber 7,62 mm ini mulai secara luas dipakai oleh Tentara Merah. Senjata ini diproduksi secara massal antara 1948-1951, model berikutnya antara 1952-1954, lalu diterbitkan lagi model ketiga yang tetap dinamai AK-47 dan pada tahun 1959 diperkenalkan model AKM.

Senapan ini begitu populer di dunia karena mudah dioperasikan di berbagai medan tempur. Bahkan popularitas senapan rancangannya menjadi simbol-simbol perjuangan kaum antikemapanan, gerilyawan hingga bendera nasional seperti halnya bendera negara Mozambik, bendera Hizbullah, hingga korps Garda Revolusioner Islam Iran, meski Iran lebih banyak mengadopsi senapan buatan barat seperti Gewehr G-3. Kalashnikov sendiri mengatakan ketika membandingkan senapannya dengan senapan M-16 dengan menyebutkan bahwa senapannya memang lebih berat dibandingkan M-16 namun M-16 dianggapnya terlalu rumit sehingga sering merepotkan ketika macet digunakan, terutama M-16 versi awal (M-16A1). Karena begitu populernya sehingga ada ungkapan bahwa senapan ini sangat akrab dari kalangan kawanan bandit hingga anggota pasukan elit negara. Bahkan dikalangan pemuda pada suku-suku di Afrika, ada sebuah lagu yang sangat populer dinyanyikan pemuda dengan bahasa setempat yang bisa diartikan seperti ini, "Tanpa uang, anda bukanlah apa-apa, tanpa sebuah Kalash...." (yang dimaksud adalah senapan Kalashnikov).

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Berkat jasa-jasanya tersebut, Kalashnikov dianugerahi pangkat kehormatan Mayor Jenderal pada tahun 1949 yang kemudian dinaikkan menjadi Letnan Jenderal lima tahun kemudian. Bintang penghargaan sebagai pahlawan Uni Soviet juga diperoleh juga gelar doktor kehormatan dibidang teknik.

Kalashnikov menghabiskan masa tuanya di flat sederhana di kota Izhevsk di barat Pegunungan Ural yang juga dikenal sebagai industri kendaraan bermotor. Di kota inilah dia masih mengabdikan dirinya berkarya di pabrik senjata Izhmash, yang dibangun pada 1807.

Ketika ditanya oleh wartawan mengenai senapan rancangannya yang menjadi mesin pembunuh terkenal di dalam konflik diberbagai belahan dunia sejak tahun 1947, dia berkata :

"Aku tetap bisa tidur nyenyak. Aku merancang senapan ini untuk membela diri, bukan untuk membunuh. Kalau banyak yang terbunuh dengan senapan ini, itu kesalahan para politisi yang tak mampu mencapai kesepakatan damai dan lebih memilih jalan kekerasan untuk memecahkan masalah mereka".

Selanjutnya dia berkata :

"Pada saat merancang, jelas sekali aku membuatnya dalam suasana Perang Dunia II, ketika kita harus menghadapi musuh yang paling kuat, yakni fasis Jerman. Aku merancang senapan ini, hingga kita bisa mempertahankan batas-batas negara kita. Kalau pada waktu itu tidak adanya perang, mungkin sekali aku menjadi perancang mesin pertanian"

Namun dibalik kesuksesan rancangannya itu, senapan Kalashnikov mudah ditiru, baik dari negara-negara bekas sekutu Uni Soviet, negara-negara bekas Pakta Warsawa yang pada saat itu memang diberikan rancangan senapan Kalashnikov oleh Uni Soviet untuk memenuhi kebutuhan persenjataan Pakta Warsawa, maupun Kalashnikov ilegal yang dibuat bahkan oleh industri sekelas "home industry" di daerah daerah konflik seperti di kawasan perbatasan Afganistan-Pakistan meski mutunya di bawah kualitas senapan Kalashnikov yang asli, seperti lebih berat dari berat aslinya. Hal ini juga disesalkan oleh penciptanya, Kalashnikov yang lebih menyesalkan masalah penggandaan senapan tiruan itu untuk digunakan para kriminal dan pemberontak gerilyawan di berbagai negeri. Namun dia tidak menyesalkan telah menyerahkan hak ciptanya ke negara.

Senjata[sunting | sunting sumber]

Medali Pengrajin Senjata Kecil Rusia diperkenalkan pada tahun 2008 dan diberi nama Kalashnikov.[5]

Sepanjang kariernya, Kalashnikov merancang sekitar 150 model senjata kecil.[6] Beberapa di antaranya yang terkenal adalah:

Meninggal[sunting | sunting sumber]

Pemakaman negara terhadap Kalashnikov.

Kalashnikov dirawat di rumah sakit pada 17 November 2013, di fasilitas medis Udmurtia di Izhevsk, ibu kota Udmurtia yang juga merupakan kota tempat tinggalnya. Ia meninggal dunia pada tanggal 23 Desember 2013, pada usia 94 tahun akibat pendarahan lambung.[7][8][9][10] Pada bulan Januari 2014 sebuah surat yang ditulis Kalashnikov enam bulan sebelum kematiannya kepada pemimpin Gereja Ortodoks Rusia, Patriark Kirill, diterbitkan oleh salah satu koran Rusia, Izvestia.[11] Dalam surat itu, ia menyatakan bahwa ia menderita "sakit rohani" tentang pertanggungjawabannya atas kematian-kematian yang disebabkan oleh senjata yang ia ciptakan.[12] Terjemahan dari surat yang diterbitkan tersebut, ia menyatakan, "Saya memiliki pertanyaan sama yang belum bisa terpecahkan: jika senapan saya merenggut nyawa orang, maka mungkinkah saya ... seorang Kristen dan seorang penganut Ortodoks, yang harus disalahkan atas kematian mereka?".[11][13]

Patriark Kirill menulis kembali, mengucapkan terima kasih kepada Kalashnikov, dan mengatakan bahwa ia "adalah contoh patriotisme dan sikap yang benar terhadap negara". Kirill menambahkan tentang tanggung jawab perancang senjata atas kematian yang dihasilkan oleh senjata ciptaanya dengan menyatakan bahwa "gereja memiliki posisi yang baik ketika senjata diciptakan yaitu adalah sebagai pertahanan Tanah Air, Gereja mendukung penciptanya dan militer yang menggunakannya."[11]

Ia menjadi salah satu orang pertama yang dimakamkan di Pemakaman Memorial Militer Federal.

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  • "Aku bangga dengan penemuanku, tetapi aku sedih karena penemuanku dipakai oleh teroris ... Aku mungkin akan menemukan mesin yang dapat dipakai semua orang dan membantu petani menyelesaikan pekerjaannya — seperti pemangkas rumput."[14][15]
  • "Jerman Nazi membuatku menjadi perancang senjata ... Aku dari dulu selalu ingin membangun mesin pertanian."[16]
  • "Aku menciptakan senjata untuk mempertahankan perbatasan tanah airku. Bukan salahku pula senjata itu tidak digunakan pada tempatnya. Para politikuslah yang harus disalahkan atas penyalahgunaan ini."[15][17][18][19][20]
  • "Saat masih muda, aku pernah membaca kalimat ini: Tuhan Yang Maha Kuasa berkata, "Semua hal yang terlalu rumit tidak diperlukan dan hal sederhanalah yang diperlukan' ... Kalimat itu selalu menjadi prinsip hidupku – Aku menciptakan senjata untuk mempertahankan perbatasan tanah airku, agar lebih sederhana dan dapat diandalkan."[21]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Калашников Михаил Тимофеевич Diarsipkan 2014-01-08 di Wayback Machine.. Great Soviet Encyclopedia
  2. ^ "Работаю по призванию" Diarsipkan 2012-12-20 di Wayback Machine.. Отечественные архивы № 1 (2004), contains an autobiography and a copy of the resume submitted with Kalashnikov's application to the Soviet Communist Party
  3. ^ "Биография М.Т.Калашникова". Kalashnikov.name. Archived from the original on 2012-03-20. Diakses tanggal 2012-12-26. 
  4. ^ a b Chivers, C. J. (23 Desember 2013). "Mikhail Kalashnikov, Creator of AK-47, Dies at 94". The New York Times. Diakses tanggal 25 Desember 2013. 
  5. ^ ПОЛОЖЕНИЕ О НАГРУДНОМ ЗНАКЕ "МЕДАЛЬ ИМЕНИ КОНСТРУКТОРА СТРЕЛКОВОГО ОРУЖИЯ М.Т. КАЛАШНИКОВА". The Russian Ministry of Indutsry and Trade. vedomstva-uniforma.ru (27 June 2008)
  6. ^ Georgy Alexandrov (10 November 2009) Михаил Калашников: «Всё нужное – просто». Argumenty i Facty aif.ru
  7. ^ Скончался легендарный конструктор стрелкового оружия Михаил Калашников (dalam bahasa Russian). RIA Novosti. 23 Desember 2013. Diakses tanggal 23 Desember 2013. 
  8. ^ Alpert, Lukas I.; Miller, Stephen (23 Desember 2013). "Designer of the Popular Kalashnikov Rifle Dies". The Wall Street Journal. Diakses tanggal 23 Desember 2013. 
  9. ^ "Mikhail Kalashnikov, designer of AK-47 rifle, dead at 94". The Star. 23 Desember 2013. 
  10. ^ Heintz, Jim (23 Desember 2013). "Rifle designer Mikhail Kalashnikov dead at 94". Associated Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-05. Diakses tanggal 24 Desember 2013. 
  11. ^ a b c Telman, Denis (13 Januari 2014). "Before his death, wrote a letter of repentance Kalashnikov patriarch". Izvestia. 
  12. ^ BBC News - Kalashnikov 'feared he was to blame' for AK-47 rifle deaths. Bbc.co.uk (13 Januari 2014).
  13. ^ "Kalashnikov 'feared he was to blame' for AK-47 rifle deaths". BBC. 13 Januari 2014. 
  14. ^ Kate Connolly (30 July 2002) Kalashnikov: 'I wish I'd made a lawnmower'. The Guardian
  15. ^ a b "Father of the AK-47 receives Russia's top honor". En.rian.ru. 10 November 2009. Diakses tanggal 2012-12-26. 
  16. ^ AK-47 Inventor Doesn't Lose Sleep Over Havoc Wrought With His Invention. Associated Press via Fox News, 6 July 2007
  17. ^ Alexandr Osipovich (10 November 2009). "Gun inventor, 'happy man' Kalashnikov turns 90". AFP via Google.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-11-15. Diakses tanggal 2009-11-20. 
  18. ^ "Poet at heart: Kalashnikov inventory turns 90 in a hail of praise". Sydney Morning Herald (Australia). 12 November 2009. Diakses tanggal 16 December 2009. 
  19. ^ "Kalashnikov 'wanted to be poet and more'". BBC World News 74. 10 November 2009. Diakses tanggal 11 November 2009. 
  20. ^ "AK-47 inventor Mikhail Kalashnikov in intensive care". Rt.com. 22 December 2012. Diakses tanggal 2012-12-26. 
  21. ^ Dmitry Solovyov (26 October 2009) Kalashnikov, 90, decries "criminal" use of rifle Diarsipkan 2013-12-24 di Wayback Machine.. Reuters

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Forge, John (2007). "No Consolation For Kalashnikov". Philosophy Now (59). Diakses tanggal 2007-01-24. 
  • Ружье. Оружие и амуниция double/special issue of 1997/5-6 has a fairly complete inventory of Kalashnikov's designs. Issues 1 and 2 of the same magazine from 1999 have articles on Kalashnikov's 1st sub-machine gun (1942) [1][2] and respectively his first rifle (1944–45) [3][4].

Pranala luar[sunting | sunting sumber]