Orde Santo Andreas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Orde Santo Andreas Sang Rasul yang Pertama Dipanggil
Орден Святого апостола Андрея Первозванного
Star, Sash and Collar of the Modern Order of St. Andrew the Apostle the First Called
Dianugerahkan oleh
 Federasi Rusia
TipeOrde militer dan sipil
DibentukAwal mula: 1698
Pendirian ulang: 1998
MottoЗа веру и верность
"Untuk Iman dan Kesetiaan"
KelayakanTokoh negara dan publik terkemuka
Dianugerahkan kepadaPengabdian luar biasa kepada negara
StatusAktif
TingkatKesatria
Prioritas
Tingkat lebih tinggiTidak ada (tertinggi)
Tingkat lebih rendahOrde Santo Georgius
OOSA.jpg
Pita orde

Orde Santo Andreas Sang Rasul yang Pertama Dipanggil (bahasa Rusia: Орден Святого апостола Андрея Первозванного, Orden Svyatogo apostola Andreya Pervozvannogo) adalah tanda kehormatan tertinggi di Federasi Rusia. Didirikan sebagai orde kekesatriaan pertama dan tertinggi di Ketsaran Rusia dan Kekaisaran Rusia pada 1698, orde ini sempat dihapuskan pada zaman Uni Soviet dan didirikan kembali sebagai orde tertinggi Rusia pada 1998.

Kekaisaran Rusia[sunting | sunting sumber]

Awal mula[sunting | sunting sumber]

"Permata" (Lencana) Orde Imperial Santo Andreas, bagian depan (kiri) dan belakang (kanan).

Orde ini didirikan pada 1698 oleh Tsar Pyotr yang Agung, untuk menghormati Santo Andreas, rasul Yesus pertama dan santo pelindung Rusia. Orde ini dianugerahkan dengan kelas tunggal dan hanya dianugerahkan untuk jasa sipil atau militer yang paling luar biasa.

Pyotr mempelajari praktik penganugerahan penghargaan dari perjalanannya ke Barat selama Perutusan Agung. Pada masa-masa sebelumnya, jasa kepada Rusia dihadiahi dengan uang ataupun tanah yang luas. Ia menyaksikan langsung upacara penganugerahan Order of the Garter Inggris dan Orde Bulu Emas Austria dan memperhatikan kesetiaan dan kebanggaan para penerima. Dengan penganugerahan orde seperti itu, ia juga menyadari akan menghemat uang dan tanah negara.

Count Fyodor Golovin menjadi penerima pertama orde ini. Hingga penghapusan orde ini pada Revolusi Oktober 1917, lebih dari seribu penghargaan telah dianugerahkan. Jika penerimanya adalah keluarga kekaisaran, penerima Orde Santo Andreas secara otomatis akan menerima Orde Santo Aleksandr Nevskiy, Orde Elang Putih, Orde Santa Anna kelas I, dan Orde Santo Stanislau kelas I. Selain itu, apabila penerimanya memiliki pangkat yang lebih rendah, akan dinaikkan otomatis menjadi letnan jenderal atau laksamana madya. Orde Santo Andreas terus dianugerahkan oleh Wangsa Kekaisaran Rusia dalam pengasingan. Penganugerahan pertama yang dilakukan setelah revolusi adalah kepada Pangeran Georgy Konstantinovich dari Rusia yang mencapai kekuatan terbesar dinastinya pada bulan April 1923.

Insignia[sunting | sunting sumber]

Pengenaan tanda kehormatan kalung (kiri) atau selempang dengan patra (kanan).

Insignia orde ini terdiri atas:

  • Lencana: elang berkepala dua bermahkota yang diemail membawa Salib Santo Andreas (salib silang) berwarna biru dengan Santo Andreas yang disalib di situ. Pada lengan-lengan salib tersebut terdapat huruf latin 'SAPR' ('Santo Andreas, Penjaga Rusia'). Lencana ini tergantung pada selempang biru pucat yang dikenakan di pundak kanan, atau dalam kesempatan istimewa tergantung pada kalung kebesaran.
  • Patra (bintang): bintang perak bersudut delapan yang membawa miniatur dari lencananya dengan latar emas di tengahnya, dikelilingi lingkaran biru bertuliskan moto "Untuk Iman dan Kesetiaan" (bahasa Rusia: За веру и верность, tr. Za Veru i Vernost). Patra ini dikenakan di dada kiri.

Insignia orde ini dapat dianugerahkan "dengan berlian" sebagai penghargaan istimewa. Katedral Santo Andreas di Sankt-Peterburg menjadi gereja dari orde kekesatriaan ini.

Federasi Rusia[sunting | sunting sumber]

Patra, Selempang, dan Kalung Orde Santo Andreas modern.

Orde dengan nama yang sama tetapi dengan insignia dan statuta yang berbeda didirikan kembali pertama kalinya secara tak resmi oleh Gereja Ortodoks Rusia pada 27 Desember 1988. Orde ini kemudian didirikan kembali secara resmi sebagai tanda kehormatan sipil dan militer Rusia melalui Dekret Kepresidenan No. 757 pada 1 Juni 1998.[1][2] Kriteria penghargaan orde ini kemudian diubah melalui Dekret Kepresidenan No. 1099 7 September 2010.[3][4]

Statuta[sunting | sunting sumber]

Orde Santo Andreas Sang Rasul yang Pertama Dipanggil dapat dianugerahkan sebagai penghargaan kepada negarawan dan figur publik penting; pemimpin militer; representasi luar biasa dari bidang sains, budaya, kesenian, dan berbagai sektor ekonomi lainnya atas jasa luar biasa mereka dalam memajukan kemakmuran, keagungan, dan kemuliaan Rusia serta memastikan keamanan dan kedaulatan nasionalnya.[5]

Orde ini juga dapat dianugerahkan kepada kepala negara asing atas jasa luar biasa mereka kepada Federasi Rusia.[5]

Insignia[sunting | sunting sumber]

Desain insignia Orde Santo Andreas modern memiliki perubahan yang sangat kecil dari desain imperialnya. Insignia tersebut terdiri atas:

  • lencana (elang berkepala dua), tergantung pada sebuah kalung yang dikenakan mengitari leher (dengan lencana tergantung berada di depan dada) pada kesempatan-kesempatan istimewa, atau yang lebih umum pada sebuah selempang biru selebar 100 mm di pundak kanan
  • patra dikenakan di dada kiri

Warna selempang tersebut berbeda dari warna zaman imperial, yang kini menyerupai corak selempang Order of the Garter Britania. Anggota divisi militer orde ini akan mendapatkan lencana dengan dua pedang bersilang di bawah mahkota di atas kepala elang berkepala dua. Di bagian belakang lencana tersebut tertulis motto orde ini dalam huruf berwarna emas pada pita putih di leher elang. Motto tersebut adalah «За веру и верность» ("Untuk Iman dan Kesetiaan").[5]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dekrit Presiden Federasi Rusia pada 1 Juni 1998, No. 442" (dalam bahasa Rusia). Komisi di bawah Presiden Federasi Rusia untuk penghargaan negara. 1999-12-15. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Maret 2012. Diakses tanggal 2012-02-11. 
  2. ^ "О восстановлении ордена Святого апостола Андрея Первозванного". pravo.gov.ru. 
  3. ^ "Decree of the President of the Russian Federation of September 7, 2010, No 1099" (dalam bahasa Rusia). Russian Gazette. 2010-09-07. Diakses tanggal 2012-02-11. 
  4. ^ "О мерах по совершенствованию государственной наградной системы Российской Федерации". pravo.gov.ru. 
  5. ^ a b c "Орден Святого апостола Андрея Первозванного". award.gov.ru. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Mei 2022. Diakses tanggal 2022-06-11. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]