Lencana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lencana kepolisian Indonesia

Lencana adalah suatu perangkat atau aksesori yang umumnya berupa medali terkait lembaga tertentu, yang ditampilkan untuk menunjukkan beberapa prestasi layanan, prestasi khusus, atau simbol otoritas yang diberikan dengan mengambil sumpah (misalnya, polisi dan pemadam kebakaran), juga sebuah tanda pekerjaan yang sah atau status pelajar, atau sebagai alat identifikasi sederhana. Lencana juga digunakan untuk tujuan periklanan, publisitas, dan penjenamaan. Lencana kepolisian berasal dari abad pertengahan ketika para kesatria mengenakan lambang untuk mewakili kepatuhan dan kesetiaan mereka.

Lencana dapat terbuat dari logam, plastik, kulit, kain, karet, dll., dan umumnya melekat pada pakaian, tas, alas kaki, kendaraan, peralatan listrik rumah, dll. Lencana atau emblem tampal dapat berupa anyaman atau bordiran, dan dapat disematkan dengan menempelkan, menyetrika, atau menjahit pada kain baju.

Lencana kemudian menjadi barang koleksi: di Inggris, misalnya, Badge Collectors' Circle telah ada sejak 1980.[1]

Dalam dunia militer, lencana digunakan untuk menunjukkan kesatuan, angkatan, kontingen atau laskar tempat pemakainya berasal, dan juga jenjang yang diterima melalui pelatihan militer, pangkat, dll. Demikian pula, organisasi pemuda seperti kepanduan dan kepramukaan menggunakannya untuk menunjukkan maklumat tentang keanggotaan, penghargaan, dan peringkat kelompok.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The history of the Badge Collectors Circle". www.badgecollectorscircle.co.uk. Diakses tanggal 2019-05-03.