Midway (film 2019)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Midway
Theatrical release poster
SutradaraRoland Emmerich
Produser
Ditulis olehWes Tooke
Pemeran
Penata musik
SinematograferRobby Baumgartner
Penyunting
  • Adam Wolfe
Perusahaan
produksi
DistributorLionsgate
Tanggal rilis
  • 8 November 2019 (2019-11-08) (Amerika Serikat dan Indonesia)
Durasi138 menit
Negara Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$100 juta[1]
Pendapatan
kotor
$77,7 juta[2]

Midway adalah film perang Amerika Serikat tahun 2019 yang didasari dari Serangan Pearl Harbor dan Pertempuran Midway selama World War II. Film ini disutradarai Roland Emmerich, yang memproduksi film ini bersama Harald Kloser, dan ditulis Wes Tooke, dengan Ed Skrein, Patrick Wilson, Luke Evans, Aaron Eckhart, Nick Jonas, Mandy Moore, Dennis Quaid, Tadanobu Asano, dan Woody Harrelson membintangi film ini.

Film ini merupakan proyek gairah Emmerich, dan dia kesulitan mendapatkan dukungan finansial untuk film tersebut sebelum akhirnya mengumpulkan dana yang cukup dan secara resmi mengumumkan proyek tersebut pada tahun 2017. Sebagian besar pemeran bergabung di tahun 2018, dan pembuatan film dimulai di Hawaii. Beberapa syuting juga berlangsung di Montreal. Dengan anggaran produksi sebesar $100 juta, hingga saat ini film tersebut merupakan salah satu film independen termahal sepanjang masa.

Midway dirilis secara teatrikal oleh Lionsgate dan Summit Entertainment di Amerika Serikat di tanggal 8 November 2019 dan umumnya menerima ulasan negatif dari para kritikus, yang memuji visualnya tetapi mengkritik skenarionya. Film ini sukses besar di box office, hanya meraup $126 juta di seluruh dunia dibandingkan anggaran $100 juta.

Plot[sunting | sunting sumber]

Di bulan Desember 1937, Letnan Komandan Edwin T. Layton, seorang perwira intelijen atase angkatan laut Amerika, diperingatkan selama acara kenegaraan di Tokyo antara Angkatan Laut Amerika Serikat, Angkatan Laut Kerajaan Inggris, dan Angkatan Laut Kekaisaran Jepang oleh Laksamana Isoroku Yamamoto bahwa, karena 80% dari Minyak Jepang diimpor, jika AS mengancam pasokan minyaknya maka Jepang tidak punya pilihan selain berperang.

Di tanggal 7 Desember 1941, selama Perang Dunia II, menyusul keputusan AS untuk memutus pasokan minyak Jepang, Jepang melancarkan serangan mendadak ke Pearl Harbor, memaksa AS untuk ikut berperang. Laksamana Yamamoto, dengan dukungan Laksamana Muda Tamon Yamaguchi, mengusulkan rencana berani untuk menyerang Pulau Midway menggunakan 4 kapal induk "Kido Butai" Jepang yang tersedia, tetapi Angkatan Darat Jepang menolaknya. Di bulan Februari, penerbang angkatan laut Letnan Richard "Dick" Best dan Grup Udara dari kapal induk USS Enterprise melancarkan serangan terhadap Kepulauan Marshall. Di bulan April, setelah serangan Letnan Kolonel Jimmy Doolittle di Tokyo, Yamamoto, Yamaguchi, dan Wakil Laksamana Chuichi Nagumo diizinkan untuk melaksanakan rencana mereka menyerang Midway.

Di bulan Mei, setelah Pertempuran Laut Koral, Layton, bersama Joseph Rochefort dan tim kriptografinya, menggunakan sinyal intelijen untuk mencegat pesan Jepang tentang operasi terhadap tujuan yang diidentifikasi hanya sebagai "AF". Layton dan timnya yakin bahwa "AF" adalah Atol Midway, sementara Washington yakin itu adalah target di Pasifik Selatan. Panglima Armada Pasifik AS yang baru diangkat, Laksamana Chester W. Nimitz, tetap skeptis. Untuk membuktikan teori mereka, Layton menginstruksikan Midway untuk mengirimkan pesan tidak terenkripsi yang menyatakan mereka menderita kekurangan air. Jepang menerima sinyal ini dan mengirim pesan yang dicegat tentang kekurangan air di "AF", yang mengonfirmasi bahwa "AF" adalah Midway. Berharap untuk melakukan serangan mendadak, Nimitz memerintahkan kapal induk USS Hornet dan Enterprise ditarik dari Laut Koral dan menuntut agar USS Yorktown yang rusak diperbaiki dalam 72 jam untuk operasi tempur. Halsey ditempatkan pada cuti darat karena sirap dan untuk sementara digantikan oleh Laksamana Raymond A. Spruance.

Di tanggal 4 Juni, Jepang melancarkan serangan udara di Midway. Upaya awal pesawat AS yang berbasis di darat untuk menyerang kapal induk Jepang gagal, meskipun Nagumo terguncang ketika sebuah pesawat pembom Amerika yang jatuh nyaris mengenai jembatan kapal induk Jepang Akagi dalam upaya menabraknya. Kapal selam USS Nautilus mencoba menyerang armada tersebut dan dikejar oleh kapal perusak Jepang Arashi. Skuadron Amerika menyerang armada Jepang tanpa hasil, dan awak kapal yang masih hidup George H. Gay Jr. berada didalam air, meskipun serangan yang terus-menerus mengganggu armada untuk melancarkan serangan balik. Setelah melihat Arashi dari udara, Wade McClusky dengan tepat menyimpulkan bahwa kapal perusak tersebut bergegas kembali ke armada dan memimpin pesawatnya mengikuti jalurnya. Tiba untuk menemukan Patroli Udara Tempur Jepang berada pada level rendah akibat serangan sebelumnya, para pengebom tukik menurunkan kapal induk Jepang Kaga, Sōryū dan Akagi hingga menjadi bangkai kapal yang terbakar. Nagumo dibujuk untuk memindahkan benderanya sementara Yamaguchi, yang menaiki satu-satunya kapal induk yang tersisa, Hiryu, melancarkan serangan yang berjaya melumpuhkan Yorktown, namun Enterprise dan Hornet berhasil melumpuhkan Hiryu sebagai tanggapannya.

Laksamana Yamaguchi memilih untuk turun dengan komandonya bersama Kapten, saat Hiryu ditenggelamkan. Yamamoto memerintahkan penarikan umum. Di Pearl Harbor, Rochefort mencegat perintah Jepang untuk mundur dan meneruskannya ke Layton, yang memberi tahu Nimitz. Best diberhentikan dari Angkatan Laut karena masalah paru-parunya, yang terjadi karena penggunaan alat bantu pernapasan yang rusak selama pertempuran, dan kembali ke rumah bersama istri dan putrinya.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Perkembangan

Di tanggal 23 Mei 2017, dikabarkan bahwa Roland Emmerich akan menyutradarai film Perang Dunia II Midway. Karena potensi anggarannya yang besar ( dengan perkiraan biaya yang dibutuhkan sebesar $125 juta ), Emmerich kesulitan mendapatkan lampu hijau untuk film tersebut. Ketika tidak ada studio raksasa yang membiayai proyek tersebut, dia mengurangi potensi rangkaian pertempuran dan beralih ke individu untuk mendapatkan dana, sehingga menghasilkan $76 juta; ia kemudian mendapat tambahan ekuitas sebesar $24 juta, sebagian besar dari investor Tiongkok, sehingga menghasilkan anggaran film sebesar $100 juta. Ini adalah salah satu film independen termahal yang pernah dibuat. Emmerich sebelumnya mencoba memasang film tersebut di Sony Pictures di tahun 1990-an, dan William Goldman menjadi tertarik dengan proyek tersebut. Namun, seperti versi finalnya, para eksekutif menolak keras usulan anggaran sebesar $100 juta ( $152 juta pada inflasi tahun 2019 ), dan Emmerich melanjutkan untuk mengarahkan The Patriot.

Harald Kloser juga memproduseri film tersebut. Komando Sejarah dan Warisan Angkatan Laut AS terlibat dalam penulisan dan produksi film tersebut.

Pengecoran

Di bulan April 2018, Woody Harrelson dan Mandy Moore bergabung dengan pemeran ansambel untuk film tersebut. Di bulan Juli 2018, Luke Evans berperan dalam film tersebut untuk memerankan Letnan Komandan Wade McClusky, yang dianugerahi Navy Cross atas perannya dalam Pertempuran Midway. Robby Baumgartner dipekerjakan sebagai sinematografer. Agustus menyaksikan penambahan Patrick Wilson, Ed Skrein, Aaron Eckhart, Nick Jonas, Tadanobu Asano, Dennis Quaid, dan lainnya ke dalam pemeran. Darren Criss, Alexander Ludwig, dan Brandon Sklenar berperan di bulan September.

Syuting

Syuting dimulai di tanggal 5 September 2018, di Honolulu, Hawaii. Itu juga diambil di Montreal, Quebec.

Di bulan November 2018, diumumkan bahwa perusahaan VFX Scanline VFX akan menjadi vendor VFX utama, dan Pixomondo telah menandatangani kontrak untuk memberikan efek visual tambahan.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis di tanggal 8 November 2019, akhir pekan Hari Veteran.

Pemasaran

Poster teaser untuk film tersebut dirilis di tanggal 4 Juni 2019, yang juga merupakan peringatan 77 tahun Pertempuran Midway. Satu set 13 foto yang menggambarkan adegan dari film tersebut dirilis di 26 Juni 2019, dan trailer pertama film tersebut dirilis keesokan harinya ( 27 Juni ). Trailer kedua dan terakhir film ini dirilis di tanggal 12 September 2019, dengan poster teatrikal film tersebut di tanggal 25 September. Secara keseluruhan, Lionsgate menghabiskan sekitar $40 juta untuk mempromosikan film tersebut.

Media rumah

Midway dirilis dalam format Digital HD di tanggal 4 Februari 2020, dan dalam format DVD dan Blu-ray serta Ultra HD Blu-ray di tanggal 18 Februari 2020.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Pencapaian[sunting | sunting sumber]

Hingga November 21, 2019, Midway telah mendapatkan keuntungan kotor sebesar $37,7 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dan $40 juta di negara lain, dengan jumlah seluruh dunia sebesar $77,7 juta.[2][3]

Di Amerika dan Kanada, Midway ditayangkan bersamaan dengan Doctor Sleep, Playing with Fire danLast christmas, dan diproyeksikan menghasilkan pendapatan kotor sekitar $15 juta dari 3.242 bioskop di minggu pembukaan.[4][5] Film ini menghasilkan $6,3 juta di hari pertama ( termasuk $925.000 dari pratinjau Kamis malam ). Film tersebut kemudian debut dengan pendapatan $17,9 juta, mengalahkan ekspektasi box office dan mengecewakan pemenang yang diproyeksikan, Doctor Sleep, dengan menempati posisi pertama di box office. Pada akhir pekan keduanya, film ini menghasilkan $8,5 juta, menempati posisi kedua di belakang pendatang baru Ford v Ferrari, sebelum menghasilkan $4,7 juta dan menempati posisi kelima di akhir pekan ketiga.

Tanggapan Kritis

Di situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, film ini mendapat rating persetujuan sebesar 42% berdasarkan 169 ulasan dan rating rata-rata 5,2/10. Para kritikus situs tersebut membaca konsensus : "Midway meninjau kembali cerita terkenal dengan efek khusus modern dan sudut pandang yang lebih seimbang, namun skenarionya belum cukup siap untuk berperang." Di Metacritic, film ini memiliki rata-rata tertimbang skor 47 dari 100 berdasarkan 28 kritik, menunjukkan "ulasan yang beragam atau rata-rata". Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberikan film tersebut nilai rata-rata "A" pada skala A+ hingga F, sementara penonton di PostTrak memberikannya rata-rata 4 dari 5 bintang, dengan 58% mengatakan mereka pasti akan merekomendasikannya.

Barry Hertz dari The Globe and Mail memberi film tersebut skor 2/4 bintang, menggambarkannya sebagai "epik Perang Dunia Kedua yang berdurasi relatif singkat 138 menit namun terasa 5 kali lebih lama", menyimpulkan bahwa film tersebut adalah "sebuah bore berombak, sumber intrik utamanya berpusat pada aksen New Jersey apapun yang dicoba oleh aktor Inggris Ed Skrein sebagai pengebom tukik Richard Best." Michael O'Sullivan dari The Washington Post memberi film tersebut skor 2,5/4 bintang , mengatakan bahwa film tersebut "menceritakan sebuah kisah yang disajikan dengan jelas dan mendalam, dengan semua nilai hiburan dari film perang kuno yang besar", namun menambahkan: "ciuman-ciuman tidak pernah benar-benar memiliki dampak yang sama seperti ledakan- bang."

Wendy Ide dari The Observer memberi film tersebut skor 2/5 bintang, dengan menulis: "Setiap klise film perang yang melelahkan digali dalam sebuah film yang tidak menghadirkan sesuatu yang baru tetapi tidak diragukan lagi akan menyenangkan para penggemar pria berseragam yang berteriak pada ledakan."

Paul Byrnes dari The Sydney Morning Herald memberi film tersebut skor 3/5 bintang, menggambarkannya sebagai "salah satu film terbaik [ Roland Emmerich ]", tetapi menambahkan : "Ada sejumlah versi sebelumnya yang dapat dipilih, termasuk film John Ford Film dokumenter asli pemenang Oscar berdurasi 18 menit. Kami tidak memerlukan sesuatu yang baru, kecuali dia memiliki sesuatu yang baru untuk dikatakan atau cara baru untuk mengatakannya. Untuk kedua pertanyaan tersebut, jawabannya adalah tidak." Owen Gleiberman dari Variety menulis : "Drama film ini adalah dasar dari film -B. Namun benturan perang metal-on-metal yang merusak itulah yang membuat film Midway layak untuk dilihat." Kenneth Turan dari Los Angeles Times menggambarkan film tersebut sebagai film yang layak untuk ditonton. "sangat persegi, sangat kuno dan kuno, hampir terasa avant-garde", menambahkan : "Ini bertujuan untuk merayakan kepahlawanan, pengorbanan, tekad dan ketabahan, dan jika Anda tidak menyukainya, itu benar-benar tidak' tidak masalah."

Akurasi Sejarah[sunting | sunting sumber]

Meskipun film tersebut memerlukan lisensi artistik, Emmerich dan Tooke sama-sama bersikeras untuk akurat secara historis, dan Midway menerima pujian dari beberapa veteran perang dan sejarawan karena peristiwa yang lebih akurat daripada Midway ( 1976 ) dan Pearl Harbor ( 2001 ). Direktur Komando Sejarah dan Warisan Angkatan Laut dan pensiunan Laksamana Muda Angkatan Laut Sam Cox mengatakan : "Meskipun ada beberapa aspek 'Hollywood', ini masih merupakan film paling realistis tentang pertempuran laut yang pernah dibuat."

Beberapa peristiwa yang tampaknya "di-Hollywood"kan yang digambarkan dalam film tersebut, seperti Bruno Gaido yang berlari ke dalam pesawat yang diparkir untuk menembak jatuh sebuah pesawat lumpuh yang mencoba menabrak Enterprise, kemudian langsung dipromosikan, terjadi seperti yang ditunjukkan, meskipun menurut USA Today, "Gaido bersembunyi setelah menembak jatuh pesawat, takut dia akan mendapat masalah karena meninggalkan stasiun pertempurannya. "Mereka harus memburunya dan membawanya ke Halsey", kata pensiunan Laksamana Muda Angkatan Laut AS Samuel J. Cox, direktur Komando Sejarah dan Warisan Angkatan Laut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McClintock, Pamela (8 November 2019). "Box Office: 'Midway' Downs 'Doctor Sleep' in Surprise Upset". The Hollywood Reporter. 
  2. ^ a b "Midway (2019)". The Numbers. Diakses tanggal November 21, 2019. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama BOM
  4. ^ D'Alessandro, Anthony (November 6, 2019). "'Doctor Sleep' Eyes $25M-$30M Box Office Start, Will Turn Out Lights On 'Terminator: Dark Fate'". Deadline Hollywood. Diakses tanggal November 6, 2019. 
  5. ^ McNary, Denis (November 8, 2019). "Box Office: 'Midway' Could Defeat 'Doctor Sleep' With $21 Million". Variety. Diakses tanggal November 8, 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]