Mehmed I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mehmed I
Tuğra Sultan Mehmed I.

Mehmed I Çelebi (Turki Utsmaniyah: چلبی محمد; Bursa, 1390 - Edirne, 26 Mei 1421) adalah Sultan Turki Utsmani (Rûm) antara tahun 1413-1421. Ia adalah salah satu puteranda Bayezid I dan Devlet Hatun.[1]

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Dalam masa Interegnum Utsmaniyah, Mehmed muncul sebagai pemenang pada tahun 1413. Setelah itu, ia mengangkat diri sebagai sultan di Edirne. Ia memulihkan negara, memindahkan ibukota dari Bursa ke Edirne, dan menaklukkan sebagian Albania, Keamiran Candaroğlu, dan Armenia Kilikia dari Bani Mamluk. Mempertimbangkan sejumlah pencapaiannya, Mehmed banyak dijuluki sebagai "pendiri kedua" Kesultanan Utsmaniyah.

Mehmed I bersama orang-orang kepercayaannya. Lukisan miniatur Utsmaniyah, tersimpan di Universitas Istanbul.

Mangkat[sunting | sunting sumber]

Mausoleum Mehmed I di Bursa.

Pemerintahan Mehmed I sebagai sultan di negeri yang dipersatukan kembali hanya berlangsung selama 8 tahun. Namun, ia menjadi pangeran independen selama masa 11 tahun sebelumnya yang berlalu antara ditawannya ayahandanya di Angora (kini Ankara) dan kemenangan terakhirnya atas saudaranya Musa Çelebi di Chamurli.

Ia dimakamkan di sebuah mausoleum di Bursa yang didirikannya sendiri dekat masjid terkenal yang dibangunnya di sana, yang karena dekorasi porselen hijaunya, dikenal sebagai Masjid Hijau. Mehmed I juga menyelesaikan pembangunan masjid lain di Bursa, yang telah dibangun sejak masa kakendanya Murad I namun diabaikan selama pemerintahan Bayezid. Di lingkungan masjid dan mausoleumnya sendiri, Mehmed juga mendirikan 2 lembaga lain: 1 sekolah dan 1 tempat perjamuan bagi orang miskin. Kedua lembaga itu dibiayai oleh negara.

Permaisuri[sunting | sunting sumber]

  1. Şehzade Kumru Hatun: puterinda seorang pasha dari Amasya
  2. Valide Sultan Emine Hatun, puterinda Süleyman Bey, penguasa Dulkadiroğlu. Ia adalah pendamping ketiga yang berperan sebagai persekutuan antara Utsmaniyah dan negara penyangga itu. Dari Emine Hatun, Mehmed I memiliki seorang putera bernama Murad, yang kelak menggantikannya sebagai sultan.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jangan dikelirukan dengan Despina Khātûn, puterinda Lazar Hrebeljanović, yang menikah dengan Bayezid I tepat setelah Pertempuran Kosovo pada tahun 1389.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • Menggabungkan teks dari History of Ottoman Turks (1878)

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Bayezid I
Sultan Utsmaniyah
1413-1421
Diteruskan oleh:
Murad II