Musa Çelebi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Musa Çelebi.

Musa Çelebi (? – 5 Juli 1413) adalah seorang pangeran (bahasa Turki: şehzade) Kekaisaran Utsmaniyah dan co-penguasa dari kekaisaran tersebut selama tiga tahun pada masa Ottoman Interregnum. Nama Çelebi adalah sebuah gelar kehormatan yang artinya maskulin; lihat konvensi penamaan Turki sebelum 1934.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Musa adalah salah satu putra dari Beyazıt I, seorang sultan Utsmaniyah.[1] Tidak ada konsensus tentang asal muasal ibunya. Ia adalah putri dari bey Germiyanids Turki atau putri Bizantium. Setelah Pertempuran Ankara dimana Beyazıt I dikalahkan oleh Tamerlane, Musa serta Beyazıt sendiri dijadikan tahanan perang oleh Tamerlane. Namun, setelah Beyazıt meninggal pada 1403, ia dibebaskan. Ia kembali ke Kekaisaran Utsmaniyah, yang pada masa itu sedang menjalani masa Ottoman Interregnum dan berusaha mengambil tahta di Bursa, ibukota Anatolia dari kekaisaran tersebut pada 1403. Namun, tiga saudaranya juga mengklaim tahta Utsmaniyah: di Asia, İsa Çelebi di Balıkesir dan Mehmet Çelebi di Amasya, dan di Eropa, Süleyman Çelebi di Edirne, ibukota Eropa (Kekaisaran Utsmaniyah pada masa itu memiliki dua ibukota, setelah keruntuhan Kekaisaran Bizantium di Konstantinopel membagi dua bagian wilayah Utsmaniyah).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kastritsis, Dimitris (2007), The Sons of Bayezid: Empire Building and Representation in the Ottoman. Civil War of 1402-1413, Brill, ISBN 978-90-04-15836-8