Mappin & Webb

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mappin & Webb di Regent Street, London (2011)

Mappin & Webb adalah sebuah produsen perhiasan yang berkantor pusat di Britania Raya. Mappin & Webb memulai sejarahnya dari sebuah pabrik pengolahan perak yang didirikan pada tahun 1775. Perusahaan ini kini memiliki sejumlah gerai ritel di Britania Raya. Mappin & Webb juga memegang gelar Kontraktor Kerajaan Britania Raya sejak tahun 1897. Kepala perajin Mappin & Webb, Mark Appleby saat ini merupakan Penghias Mahkota Britania Raya.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mappin & Webb, Oxford Street

Mappin & Webb memulai sejarahnya pada tahun 1775, saat Jonathan Mappin membuka sebuah pabrik pengolahan perak di Sheffield, yang kini merupakan salah satu pusat perdagangan perak di Inggris. Bisnis tersebut kemudian didaftarkan sebagai sebuah badan hukum dengan nama Mappin Brothers.[2]

Salah satu cicit Jonathan Mappin, John Mappin, kemudian mendirikan bisnisnya sendiri di London pada tahun 1860 dengan nama Mappin & Company, yang kemudian diubah namanya Mappin, Webb & Co. pada tahun 1862 setelah saudara ipar John Mappin, George Webb bergabung ke dalam perusahaan tersebut. Gerai pertama Mappin & Webb dibuka pada tahun 1860 di Oxford Street no. 77-78, London. Tempat lilin, perabot perak, dan produk mewah buatan perusahaan ini kemudian mulai populer. Setelah itu, Mappin & Webb mulai merancang perhiasan. Mappin, Webb & Co. lalu mengakuisisi Mappin Brothers pada tahun 1903. Namun pada dekade 1930-an, Mappin & Webb mengalami pengambilalihan paksa (melalui saham), sehingga sejak saat itu telah beberapa kali berganti pemilik.

Mappin & Webb lalu mulai berekspansi ke luar Britania Raya pada dekade 1890-an. Gerai pertamanya di luar Britania Raya pun dibuka di Johannesburg, lalu di Buenos Aires, Sao Paulo, Biarritz, Hong Kong, Shanghai, Kairo, dan Mumbai. Namun semua gerai Mappin & Webb di luar Britania Raya akhirnya ditutup pada paruh kedua abad ke-20.[3]

Mappin & Webb telah memproduksi perhiasan untuk sejumlah keluarga kerajaan di dunia. Tokoh kerajaan yang memakai produk perusahaan ini antara lain Ratu Marie Antoinette dari Prancis, Permaisuri Rusia, dan Putri Grace dari Monako. Secara historis, perusahaan ini pun memegang gelar kontraktor dari Kekaisaran Rusia dan Kekaisaran Jepang. Ratu Victoria merupakan penguasa Britania Raya pertama yang memesan produk Mappin & Webb. Mappin & Webb pun memproduksi kalung perayaan ulang tahun ke-50 untuk Ratu Victoria pada tahun 1888, dan disebut oleh Ratu Victoria sebagai pusaka dari mahkotanya. Mappin & Webb telah memegang gelar Kontraktor Kerajaan Britania Raya sejak tahun 1897. Saat ini, Mappin & Webb memegang gelar Kontraktor Kerajaan dari Ratu dan Pangeran Wales. Kepala perajin Mappin & Webb, Martin Swift ditunjuk pada tahun 2012 sebagai Penghias Mahkota, pemelihara Perhiasan Mahkota Britania Raya yang bertanggung jawab menyiapkan mahkota tersebut untuk acara pembukaan masa persidangan parlemen dan acara kenegaraan lain.[4] Mark Appleby, juga dari Mappin & Webb, kemudian menggantikan Martin Swift sebagai penghias mahkota pada tahun 2017.

Mappin & Webb memproduksi trofi asli Ryder Cup, dan memproduksi trofi untuk balap kuda Royal Ascot selama 75 tahun.

Kepemilikan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1963, Mappin & Webb bergabung dengan Elkington dan Walker & Hall untuk membentuk British Silverware Ltd. Pada tahun 1973, Mappin & Webb dibeli oleh Sears Holdings.[5] Mappin & Webb lalu dibeli oleh Baugur, yang kemudian insolven pada tahun 2010. Setelah sebentar menjadi bagian dari Asprey Garrard Group, perusahaan ini kini merupakan bagian dari Watches of Switzerland, yang sebelumnya bernama Aurum Holdings. Watches of Switzerland resmi melantai di Bursa Saham London pada tahun 2019.[6][7] Mappin & Webb tetap memproduksi perabot perak klasik dan koleksi perhiasan mewah, serta menjual jam tangan mewah di butiknya, seperti jam tangan buatan Rolex, Jaeger-LeCoultre, Patek Philippe, dan Omega.

Cabang Bank[sunting | sunting sumber]

Bangunan Mappin & Webb di Bank, tahun 1993.

Sebuah cabang Mappin & Webb[8] pernah menempati sebuah lokasi di London yang terletak di persimpangan Poultry dan Queen Victoria Street, dekat dengan Persimpangan Bank. Dirancang dengan gaya neo-gotik oleh John Belcher pada tahun 1870, bangunan cagar budaya tesebut akhirnya dibongkar pada tahun 1994 untuk memberi jalan pada pembangunan ruang ritel dan kantor pascamodern, No 1 Poultry, walaupun telah ada kampanye besar-besaran untuk menyelamatkan bangunan tersebut.

Referensi budaya[sunting | sunting sumber]

Di film noir klasik karya Jules Dassin, Rififi, sebuah gang melakukan perampokan terhadap sebuah gerai Mappin & Webb di Paris, namun akhirnya berakhir tragis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Crown Jeweller". The Royal Family. Diakses tanggal 24 July 2019. 
  2. ^ "Timeline: Mappin & Webb through the ages". The Telegraph. 7 November 2016. Diakses tanggal 1 March 2017. 
  3. ^ "Mappin & Webb to open stores outside the UK". Professional Jeweller. 2 August 2011. Diakses tanggal 1 March 2017. 
  4. ^ Richard Eden (15 July 2012). "The Queen appoints new Crown Jeweller". The Telegraph. Diakses tanggal 8 December 2015. 
  5. ^ British Museum Messrs Mappin & Webb (Biographical details)
  6. ^ http://www.mappinandwebb.com/our-history Diarsipkan 2020-11-26 di Wayback Machine..
  7. ^ http://ukcareers.thewosgroup.com/jobs/history/.
  8. ^ "Mappin and Webb, Poultry". London Remembers. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Mappin & Webb di Wikimedia Commons