Perhiasan Mahkota Britania Raya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Perhiasan Mahkota Britania Raya adalah 141 barang seremonial bersejarah, termasuk regalia dan jubah yang dikenakan oleh raja dan ratu saat koronasi Inggris, serta barang penting dan prosesional, plat dan wadah pembpatisan.[a]

Sebagai simbol 800 tahun monarki,[2] regalia koronasi penguasa merupakan satu-satunya koleksi yang masih dipakai di Eropa – para monarki lainnya pada masa sekarang tidak mengadakan koronasi dalam hal acara pelantikan atau kenaikan tahta – dan erupakan set regalia terbesar di dunia.[3] Barang-barang tersebut digunakan untuk investasi dan mahkota penguasa monarki menandakan perannya sebagai Kepala Negara, Gubernur Tertinggi Gereja Inggris, dan Kepala Komandan Angkatan Bersenjata Inggris. Para kerabat raja dimahkotai sebagai ibu suri, bapak suri, putri suri atau pangeran suri dengan set regalia yang lebih datar. Sejak 1831, mahkota baru dibuat secara khusus untuk setiap anggota suri kerajaan Inggris.

Penggunaan regalia oleh penguasa di Britania bermula pada sejarah awalnya. Kebanyakan koleksi terkininya berasal dari sekitar 350 tahun yang lalu saat Raja Charles II naik tahta. Regalia koronasi Abad Pertengahan dan regalia kenegaraan Tudor telah dijual atau dilelehkan oleh Oliver Cromwell, seorang republikan yang melengserkan monarki pada 1649, saat Perang Saudara Inggris.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Secara teknis, Perhiasan Mahkota adalah regalia dan jubah yang digunakan atau dikenakan oleh para penguasa dan ratu permaisuri saat koronasi. Namun, istilah tersebut umumnya merujuk kepada seisi dari Jewel House.[1] The inventory in Keay (2011) extends to items displayed in the Martin Tower and the Palace of Westminster.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Crown Jewels". Parliamentary Debates (Hansard) 267. United Kingdom: House of Commons. 27 November 1995. col. 447W. 
  2. ^ Mears; Thurley; Murphy, p. 5.
  3. ^ Keay, dust jacket.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]