Weetabix Limited

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Weetabix Ltd
Perusahaan swasta
IndustriSereal sarapan
Didirikan1932
Kantor
pusat
Burton Latimer, Northamptonshire, Britania Raya
Wilayah operasi
Eropa, Amerika Utara
Tokoh
kunci
CEO: Sally Abbott
Chairman: Giles Turrel
ProdukWeetabix, Alpen, Ready Brek, Puffins
PemilikPost Holdings
Karyawan
sekitar 2.000
Situs webwww.weetabix.com

Weetabix Ltd., berbisnis dengan nama Weetabix Food Company dan biasanya disebut Weetabix, adalah sebuah perusahaan pengolahan makanan yang memproduksi sejumlah merek sereal sarapan, seperti Weetabix, Alpen, dan Ready Brek. Perusahaan ini juga memproduksi sereal Puffins dan makanan ringan Snackimals melalui divisi Barbara's Bakery miliknya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lihat Sejarah Weet-Bix

Weetabix diciptakan di Australia pada dekade 1920-an oleh Bennison Osborne. Osborne dan temannya, Malcolm MacFarlane pun meluncurkan Weet-Bix di Australia dan New Zealand di bawah sponsor dari pemilik Grain Products Ltd., yang kemudian menjual hak penjualan Weet-Bix di Australasia ke Australasian Conference Association Limited Sanitarium Health and Wellbeing Company. Osborne dan MacFarlane lalu memutuskan untuk berekspansi ke Afrika Selatan, dan saat masih berada di sana, mereka juga mendirikan British & African Cereal Company, Ltd., untuk dapat berbisnis di Inggris. Keduanya pun bersama-sama menjadi direktur utama perusahaan tersebut hingga MacFarlane keluar pada tahun 1932/1933, sehingga Osborne menjadi direktur utama tunggal hingga tahun 1936. Direksi pertama perusahaan tersebut adalah Bennison Osborne, Malcolm MacFarlane, Alfred Richard Upton, dan Arthur Stanley Scrutton. Frank George, yang sebelumnya menawarkan sebuah pabrik tepung yang tidak dipakai lagi di Burton Latimer, Northamptonshire, akhirnya disetujui oleh perusahaan ini, dan diberi sejumlah saham serta menjadi salah satu direksi perusahaan ini.

Perusahaan ini memegang gelar Kontraktor Kerajaan dari Ratu Elizabeth II.

Untuk membedakan dengan negara-negara yang lain, diputuskan bahwa Weet-Bix akan dijual di Britania Raya dengan nama "Weetabix". Pada tanggal 13 Agustus 1936, setelah disetujui oleh Dewan Perdagangan, nama perusahaan ini pun diubah menjadi Weetabix Limited .

Alpen diciptakan pada tahun 1971, saat salah satu pimpinan perusahaan ini berlibur ke Swiss dan mencicipi makanan khas setempat.[1]

Pada bulan November 2003, perusahaan ini dibeli dari Weetabix Limited oleh HM Capital asal Dallas.[butuh rujukan] Mulai tanggal 29 Januari 2004, perusahaan ini dimiliki oleh Lion Capital LLP[butuh rujukan].

Pada tahun 2012, perusahaan ini dibeli oleh Pemerintah Tiongkok melalui Bright Food bersama Baring Private Equity Asia, dengan Bright Food menjadi pemegang saham pengendali.[2][3]

Pada bulan Juli 2017, Post Holdings asal Amerika membeli perusahaan ini dengan harga £1,4 milyar.[4]

Perusahaan ini tidak memiliki hak untuk menjual produknya di Australia, Selandia Baru, dan Afrika Selatan. Di tiga negara tersebut, produk Weetabix masih memakai merek Weet-Bix dan masih diproduksi oleh Sanitarium Health Food Company.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Perusahaan ini telah memenangkan tiga Queen's Awards for Export, terakhir pada tahun 2004.

Struktur perusahaan[sunting | sunting sumber]

Perusahaan ini berkantor pusat di Burton Latimer, Kettering, Northamptonshire, Inggris, dengan menempati lahan seluas 75-ekar (30 ha) di dekat persimpangan antara A14 dengan A6. Perusahaan ini juga memiliki pabrik di Corby dan Ashton-under-Lyne. Perusahaan ini memproduksi 3 milyar biskuit sarapan Weetabix tiap tahun melalui pabriknya di Kettering.

Weetabix juga merupakan salah satu produsen sereal generik besar untuk supermarket besar.

Weetabix memiliki pabrik di Eropa, Afrika Timur, dan Amerika Utara. Perusahaan ini merupakan produsen sereal sarapan terbesar di Britania Raya. Perusahaan ini mengekspor produknya ke delapan puluh negara. Hingga tahun 2012, perusahaan ini mempekerjakan sekitar 2.000 orang.[5]

Merek[sunting | sunting sumber]

Alpen[sunting | sunting sumber]

Barbara's Bakery[sunting | sunting sumber]

Barbara's Bakery adalah sebuah produsen makanan asal California yang dibeli oleh Weetabix pada tahun 1986, dan kemudian pindah ke Marlborough, Massachusetts. Perusahaan ini terkenal berkat produk Puffins Cereal, yang kemasannya menampilkan sebuah puffin melawan gravitasi dengan berdiri di atas sendok sereal.[6][7]

Pada tahun 2019-2020, kemasan sereal Barbara's Bakery dirombak total [8] [9] [10] , dan pada kemasan baru tersebut, "The Weetabix Company, Inc." diganti dengan "Three Sisters Cereal".

Crunchy Bran[sunting | sunting sumber]

GrainShop[sunting | sunting sumber]

Terutama dijual di Amerika Utara, merek GrainShop memiliki dua sereal, yakni High Fibre Crisp dan Honey Almond Crunch. High Fibre Crisp merupakan kombinasi empat biji-bijian, gandum dan jagung, bran, dan oat, sementata Honey Almond Crunch merupakan kombinasi oat renyah, serpih, badam, dan madu.[11]

Oatibix[sunting | sunting sumber]

Produk bermerek Oatibix terbuat dari oat, tidak seperti produk lain dari perusahaan ini yang biasanya berbasis gandum. Secara fisik, sereal Oatibix awalnya tampak sangat mirip dengan Weetabix, hanya saja terbuat dari oat gandum utuh. Oatibix Bitesize merupakan salah satu varian Oatibix yang biskuitnya berukuran lebih kecil dan tersedia dalam dua pilihan, yakni Sultana & Apple dan Chocolate & Raisin, selain yang rasa asli.[12]

Oatibix Flakes[sunting | sunting sumber]

Ready Brek[sunting | sunting sumber]

Ready Brek adalah sebuah sereal sarapan berbasis oat yang ditujukan untuk dihidangkan dalam keadaan hangat, dan memiliki tiga varian, yakni 'Original', 'Chocolate', dan 'Seriously Oaty'. Varian butterscotch juga dipasarkan selama dekade 1970-an.

Weetabix[sunting | sunting sumber]

Weetabix adalah sebuah sereal sarapan gandum utuh yang berbentuk biskuit seukuran kepalan tangan. Merek ini merupakan merek unggulan Weetabix Food Company. Merek ini diluncurkan pada tahun 1932 dan merupakan sereal sarapan paling laku di Britania Raya, dengan menyumbang 8% dari total penjualan sereal di Britania Raya. Sereal ini diproduksi di Kettering, Inggris dan Kanada, serta diekspor ke 80 negara dan nilai penjualan tahunannya mencapai lebih dari £95 juta.[13]

Weetabix Bitesize merupakan versi yang lebih kecil "seukuran gigitan" dari Weetabix yang dapat dengan mudah dituang ke dalam mangkok, mirip seperti sereal sarapan tradisional. Weetabix Minis merupakan varian yang lebih manis dari Weetabix Bitesize, dengan berbagai tambahan tergantung variannya, yakni Chocolate Crisp, Banana Crisp, Fruit & Nut Crisp, dan Honey & Nut Crisp. Di luar Britania Raya, Weetabix Minis telah diluncurkan ulang dan diubah namanya setidaknya dua kali dalam waktu yang tidak terlalu lama pasca diluncurkan. Sebelumnya, produk ini dikenal dengan nama Fruitibix, Bananabix, dan Chocobix (tergantung tambahannya), dan kemudian diubah menjadi Minibix.

Weetaflakes[sunting | sunting sumber]

Weetos[sunting | sunting sumber]

[sunting | sunting sumber]

Weetabix merupakan sponsor nama Women's British Open mulai tahun 1987 hingga 2006. Perusahaan ini juga mensponsori Northamptonshire Police.[14] Perusahaan ini juga menjadi salah satu sponsor Piala Dunia di Argentina pada tahun 1978.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Our Story". Alpen. Diakses tanggal 5 June 2017. 
  2. ^ "Bright Food Targets Listing Cereal-Maker Weetabix by 2016". Bloomberg News. 
  3. ^ Waldmeir, Patti (3 May 2012). "China's Bright Food swallows Weetabix". Financial Times. 
  4. ^ "Weetabix to be sold to US company Post Holdings". BBC News. 18 April 2017. Diakses tanggal 18 April 2017. 
  5. ^ Financial Times 22 April, 2012 5:23 pm Lion Capital explores Weetabix sale
  6. ^ "Barbara's to leave Petaluma". 20 January 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-03-15. Diakses tanggal 2021-02-05. 
  7. ^ "Barbara's Celebrates 45 Years – Natural & Organic – Gourmet Retailer Magazine – Gourmet Retailers – Specialty Retail – Specialty Food News and Research". 
  8. ^ "Three Sisters Debuts New Look for Barbara's Cereal Portfolio, New Mom's Best Granola Line". 5 March 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 February 2020. 
  9. ^ "Barbara's Unveils Redesigned Packaging". 27 January 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 February 2020. 
  10. ^ "Barbara's overhauls packaging to bring 'fun' & 'vibrancy' to the natural cereal aisle". 27 January 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 February 2020. 
  11. ^ "Weetabix Products". Weetabix Ltd. Diakses tanggal 27 June 2009. 
  12. ^ "The Weetabix Food Company – Oatibix". Weetabix Ltd. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-08-10. Diakses tanggal 27 June 2009. 
  13. ^ "Weetabix Food Company – About Us". Weetabix Ltd. Diakses tanggal 27 June 2009. 
  14. ^ "Police given new mobile station". BBC. 9 February 2004. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Berita[sunting | sunting sumber]