United Biscuits

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
United Biscuits
Swasta
IndustriMakanan
Didirikan1948
PendiriMcVitie & Price
MacFarlane Lang
Kantor
pusat
Hayes, London,
Britania Raua
Tokoh
kunci
Jeff van der Eems[1] (CEO)
ProdukMakanan ringan manis dan asin
Pendapatan£1,096.1 juta (2013)
£141.7 juta (2007)
£24.0 juta (2007)
Indukpladis Global - Yıldız Holding
Situs webwww.unitedbiscuits.com

United Biscuits ("UB") adalah sebuah pabrik makanan multi-nasional Inggris, pembuat biskuit McVitie's, kraker krim Jacob's, dan Twiglets. Perusahaan tersebut masuk Bursa Saham London dan menjadi salah satu konstituen FTSE 100 Index namun pada November 2014 diakuisisi oleh Yıldız Holding.

United Biscuits di Asia[sunting | sunting sumber]

Dalam Sejarah, United Biscuits sempat memiliki beberapa agen di Asia terutama Indonesia, Korea, dan Jepang.

Di Indonesia, sebuah anak usaha patungan di Indonesia dengan nama PT Ubindo Aneka Biskuit bersama Indofood. Perusahaan ini beroperasi sejak April 1994 dan memproduksi biskuit dengan nama dagangnya Keebler serta merek utamanya Jurassic, Digestive, dan Canasta (nama lokal dari Munch'ems). Bisnis ini kandas dan me jadi milik Indofood sepenuhnua akibat krisis finansial Asia 1997 serta produk global utamanya Keebler sudah dijual oleh UB ke perusahaan lain sehingga perusahaan berganti nama dan mengganti beberapa nama produknya, perusahaan tersebut sekarang sudah disatukan dengan anak udaha Indofood lainnya. Namun, sejak 2014 muncul lagi produk Mcvitie's impor di Indonesia bersama perusahaan cokelat di Indonesia Ceres.

Di Jepang, penjualan sempat diberikan kepada Meiji Seika dengan nama dagang Mcvitie's hingga 2019, selepas 2019 lisensi dipegang oleh perusahaan permen Jepang Yamaboshiya.

Di Korea, penjualan sempat diberikan kepada Orion dengan nama dagang Mcvitie's hingga 2002 dan 2010an diproduksi oleh Dr. You dengan nama Daize singkatan dari Digestive.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jeffrey Peter Van Der Eems works at UNITED BISCUITS (UK) LIMITED since 02 September 2005 - http://www.cbetta.com/director/jeffrey-peter-van-der-eems-3

Pranala luar[sunting | sunting sumber]