Losari, Sumowono, Semarang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Losari
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenSemarang
KecamatanSumowono
Kodepos
50611
Kode Kemendagri33.22.09.2013 Edit the value on Wikidata
Luas293,71
Jumlah penduduk2.025
Kepadatan-

Losari adalah merupakan sebuah nama salah satu desa yang terletak di kecamatan Sumowono, kabupaten Semarang, Jawa Tengah |kode pos =50611
Desa losari terbagi menjadi 4 dusun : Dusun losari, Dusun kalidukuh, Dusun kaliliseng, dan Dusun bantir yang terdiri dari 11 rt dan 5 rw.

jarak dari ibu kota kabupaten +_ 23 Km

Sejarah Desa Losari

Pada zaman dahulu yaitu zaman penjajahan Belanda menurut cerita para sesepuh Desa Losari, Belanda membuat Gedung di Asrama Bantir yang sekitarnya masih berupa hutan- hutan yang sangat strategis untuk tempat tinggal bangsa belanda dalam penjajahan di wilayah indonesia, lain dari pada itu bahwa wilayah tersebut sangat lindung dan dilereng pegunungan Gunung Gendol khuhusnya dan Gunung Ungaran Umumnya. diwilayah tersebut hanya dialami beberapa penduduk yang hidupnya sederhana, rumah terbuat dari serat daun nanas, makanan pokok penduduk itu hanya jagung dan ketela serta komunikasi antar warga melalui kentongan, lampu penerangan rumah dari sentir ( teplok ). akan tetapi tanah tanah yang subur ( orang jawa mengatakan tanahnya LOH ) dan banyak pula pohon LO Serta keadaan lingkungan yang sari, Maka wilayah itu sangat nyaman dan sangat cocok untuk bercocok tanam,sabagai kebutuhan pangan. Maka penghuni tersebut memberi nama LOSARI yang berasal dari kata LO - SARI.

Batas Wilayah Desa

Utara : Desa Kemawi

Timur : Desa Bumen

Selatan : Desa Mendongan

Barat : Desa Piyanggang

Iklim

Curah Hujan 25,00mm

Jumlah Bulan Hujan 8,00bl

Suhu Rata - Rata : 23 Derajat Celcius

Tinggi Tempat : 900 M dpl


Masalah yang mendasar yang sering dihadapi dalam pembangunan Desa, terkait dengan krisis Ekonomi adalah besarnya tingkat pengangguran yang berdampak pada kesejahteraan sosial masyaraka. melalui sumber daya Desa yang dimiliki diharapkan dapat mengatasi permasalahan mendasar tersebut.

strategi yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. mengoptimalkan BUMDES diantaranya penanganan sampah secara proposional, Huller Desa dan Wisata Bantir Hill, Pasar Kuliner, Wisata Alam Api Abadi, Embung Desa, Sirkuit Mini, Diharapkan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa.
  2. Meningkatkan UMKM yang ada di Desa Losari
  3. Meng efektifkan Kegiatan PKK tingkat dusun hingga desa sebagai sarana menciptakan kesejahteraan sosial terutama ibu ibu di Desa Losari.

Komoditas Utama :

  1. Aneka Pangan : Padi, Jagung, Ubi Rambat
  2. Aneka Buah buahan : Pisang , Alpukat, Jeruk.
  3. Aneka Sayuran : Kool, Sawi, Cabe, Wortel, Bawang daun, Bayam, Terong, Tomat, Mentimun, Cabai Merah dan Cabai Rawit
  4. Aneka Bunga : Krisan, Leathear leaf, Soung of India, Ruskus, Pikok, Panca Warna, dan Gerbera.