Keseneng, Sumowono, Semarang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Keseneng
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenSemarang
KecamatanSumowono
Kodepos
50662
Kode Kemendagri33.22.09.2016 Edit the value on Wikidata
Luas228.252 ha
Jumlah penduduk1654 jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Keseneng adalah sebuah desa di kecamatan Sumowono, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Secara administratif Desa Keseneng dibagi menjadi 3 dusun yaitu Dusun Keseneng, Dusun Keseseh dan Dusun Tlawah.

Desa Keseneng Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang secara geografis terletak pada 7°11'53.7"S sampai dengan 110°17'21.2"E. Secara administratif letak geografis Desa Keseneng Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang merupakan Desa Perbatasan antara Kabupaten Semarang dengan Kabupaten Kendal. Di sisi barat, Wilayah Desa Keseneng berbatasan dengan wilayah administrasi Desa Peron Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal, di sisi selatan berbatasan dengan Desa Pledokan, di sisi timur berbatasan dengan Desa Piyanggang dan sebelah utara berbatasan dengan Desa Gondang Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal.

  1. Topografis

Desa Keseneng merupakan desa daerah pegunungan dengan tinggi dari permukaan air laut mencapai 700 meter. Sebagai wilayah pegunungan,  kondisi topografi desa pun berbukit-bukit dengan banyak lembah dan sungai. Kondisi iklim sebagaimana desa pegunungan di Jawa, memiliki curah hujan yang cukup tinggi mencapai 2.300 mm/tahun dengan suhu rata-rata cukup sejuk yakni 27-30 derajat celcius.

Ketinggian wilayah              : 700 meter

Curah hujan                        : 2.300 mm/tahun

Rata-rata suhu udara           : 27-30 derajat celcius


2. Daerah Rawan Bencana

Di Desa Keseneng Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang terdapat daerah rawan bencana yaitu daerah yang sering atau berpotensi tinggi mengalami bencana alam. Daerah rawan bencana alam berupa kawasan rawan longsor.

Daerah rawan bencana gerakan tanah atau longsor merupakan wilayah dengan kondisi permukaan tanah mudah longsor/bergerak karena pada daerah tersebut terdapat zona tanah bergerak atau wilayah yang kondisi permukaan tanahnya mudah longsor/ bergerak akibat adanya patahan atau pergeseran batuan induk pembentuk tanah. Di wilayah Desa Keseneng Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang penyebaran kawasan ini berada di Dusun Tlawah.


3. Penggunaan Lahan dan Iklim

Wilayah Desa Keseneng yang mencapai 228,252 hektare tersebut terdiri atas Tanah sawah, Tanah kering, Tanah Perkebunan, Tanah Hutan, dan Fasilitas umum. Luas lahan sebagai berikut;

• Tanah Sawah                    :           27,70        hektar

• Tanah Kering                    :         150,502      hektar

• Tanah Pekarangan           :           22,25        hektar

• Tanah Bengkok                :           11,60        hektar

• Tanah Fasilitas Umum     :             6,50        hektar

• Tanah GG                        :             9,70        hektar


Untuk menunjang roda pemerintahan, desa memiliki lahan GG/bengkok untuk membiayai pemerintahan desa. Lahan bengkok pamong desa tersebut terdiri atas sawah, lahan kering, bengkok kepala desa, bengkok sekretaris desa, dan bemgkok perangkat lain. Kemudian, ada tanah kas desa yang beberupa lahan kering. Luasan lahan tersebut sebagai berikut;

Lahan sawah                                : 7 ha

Lahan kering                                : 0,797 ha

Bengkok kepala desa                   : 2,950 ha

Bengkok sekretaris desa              : 0,8 ha

Bengkok perangkat lain               : 2,228 ha