Livemocha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Livemocha
Jenis situs
Layanan jaringan sosial
PemilikLivemocha, inc.
PenciptaShirish Nadkarni, Co-Founder; Michael Schutzler, CEO
Pendapatanundisclosed
SloganThe social way to learn a language.
Situs webwww.Livemocha.com
Peringkat AlexaKenaikan 4,284[1]
KomersialYes
Daftar akunRequired for all services
Diluncurkan24 Sep 2007
Statusofficial/paying

Livemocha[2] (acess www.livemocha.co) adalah suatu komunitas online pembelajaran bahasa yang memiliki lebih dari enam juta pengguna dari 195 negara. Livemocha menawarkan kursus bahasa dasar gratis dalam 38 bahasa dan program untuk level yang lebih tinggi—disebut “Active Courses”—dalam lima bahasa, termasuk bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Jerman, dan Italia. “Active Courses” adalah program yang berbayar seharga $19,95/bulan atau $149,95 untuk pendaftaran selama setahun. Perusahaan menyatakan bahwa bagi orang-orang yang mengikuti dan menyelesaikan program “Active Courses” dapat berbicara suatu bahasa dengan fasih. Livemocha menawarkan berbagai penjelasan tata bahasa, latihan reading comprehension, interactive role playing, dan interaksi live dan asynchronous dengan penutur asli lainnya dalam komunitas Livemocha. Ketika para anggota (pembelajar) memasukkan hasil coursework untuk peer review, para penutur asli dalam bahasa tersebut dapat memberikan umpan balik mengenai kemajuan atau progress pembelajar. Para pengguna Livemocha yang lain pun dapat membantu pengguna lainnya dalam belajar bahasa yang mereka kuasai ketika mereka sedang belajar bahasa lain untuk diri mereka sendiri. Pada awal Desember 2017, seorang pengembang baru (wiraswasta) memutuskan untuk menciptakan kembali livemocha untuk melanjutkan konsep utama jaringan yang membantu globalisasi dengan mengajarkan bahasa baru dengan mudah, sekarang livemocha telah diciptakan kembali sebagai livemocha.co, jaringan sosial untuk bahasa belajar benar-benar gratis Kini dengan aplikasi android Livemocha

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Sebagai suatu situs pembelajaran bahasa online gratis dan terbesar di dunia, Livemocha menawarkan banyak fitur menarik. Livemocha memberikan banyak informasi mengenai perbandingan apa yang bisa didapat dengan membuat akun gratis dengan berlangganan dan berbayar. Livemocha memberikan akses kepada para penggunanya untuk berinteraksi langsung dengan para penutur asli suatu bahasa sehingga para anggota bisa mendapatkan infleksi dan tata cara pengucapan yang benar. Untuk suatu layanan pembelajaran bahasa online, Livemocha memberikan banyak keunggulan. Dengan kemampuan untuk meningkatkan teknik pembelajaran melalui upgrade, situs ini menyediakan semua yang diperlukan bagi individu untuk belajar dan berbicara fasih suatu bahasa tertentu dalam suatu komunitas bahasa yang menyenangkan. Selain itu, karena adanya layanan untuk belajar dengan instruktur dan interaksi dengan siswa atau pelajar yang lain, pelajaran menjadi lebih mudah untuk dipelajari dan seseorang dapat lebih lancar berbicara daripada jika belajar sendiri.

Spesifikasi[sunting | sunting sumber]

Livemocha merupakan suatu situs e-learning berbasis Web 2.0 yang didirikan oleh sekelompok wirausahawan sukses dan berpengalaman di wilayah Seattle, Amerika Serikat. Livemocha menghasilkan pendapatan sebesar $20 miliar dari pasar pembelajaran bahasa di seluruh dunia yang didorong oleh globalisasi yang sangat cepat, imograsi, dan pariwisata. Livemocha merupakan bentuk situs pembelajaran bahasa online pertama di antara situs-situs sejenisnya yang berbasis solusi pembelajaran bahasa yang terintegrasi dengan muatan instruksional dengan suatu komunitas global pembelajar bahasa. Livemocha merupakan suatu perusahaan dengan pendanaan ventura yang didanai oleh Maveron, sebuah perusahaan ventura terkemuka di Seattle dengan konsumen-konsumen yang luar biasa dan para ahli e-learning.

Livemocha dimulai untuk berjalan pada suatu kecenderungan ekonomi makro terbesar masa kini, yaitu globalisasi. Menurut Goldman Sachs, pada tahun 2025, perekonomian BRIC (Brasilia, Rusia, India, Cina) akan membukukan lebih dari setengah PDB perekonomian G6 dan pada tahun 2050 mereka akan lebih besar daripada G6. Seiring dengan globalisasi, ledakan imigrasi dan pariwisata antarnegara sudah terlihat. Pada tahun 2000, lebih dari 95 juta orang berimigrasi ke negara lain. Kedatangan internasional diproyeksikan tumbuh dari 694 juta hingga 1,6 miliar pada tahun 2010 dengan Asia Timur dan Pasifik diharapkan mencatat tingkat pertumbuhan tertinggi.

Globalisasi yang berkembang dengan sangat cepat telah menciptakan suatu kebutuhan bagi seluruh orang di dunia untuk memahami dan berinteraksi lebih baik dengan berbagai budaya yang berbeda baik dalam pekerjaan maupun dalam perjalanan mereka ke berbagai negara. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa asing muncul sebagai suatu kebutuhan yang mendesak dan penting dalam era perdagangan global saat ini. Ketertarikan dalam belajar bahasa Inggris telah meroket khususnya di negara-negara BRIC dengan program pemerintah yang mengharuskan warganya untuk bisa berbahasa Inggris. Namun, para pebisnis dalam mengembangkan perekonomian sadar bahwa mereka tidak bisa hanya mengandalkan bahasa Inggris saja untuk memenangkan berbagai aspek perekonomian. Akibatnya, berbagai bahasa seperti, bahasa Spanyol, Mandarin, Portugis, Prancis, dan sebagainya menjadi penting.

Bahasa[sunting | sunting sumber]

Bahasa yang disediakan di Livemocha ada tiga puluh bahasa yaitu, bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, Hindi, Jerman, Italia, Jepang, Portugis (Brasilia), Rusia, Mandarin, Islandia, Korea, Arab, Turki, Polandia, Ukraina, Portugis (Eropa), Yunani, Belanda, Estonia, Rumania, Persia, Bulgaria, Finlandia, Hungaria, Kroasia, Ceko, Urdu, Catalan, Swedia, Ibrani, dan bahasa Esperanto yang merupakan penambahan paling baru di Livemocha. Beberapa surat kabar di Amerika Serikat (termasuk The New York Times)[3] telah menyertakan banyak artikel mengenai alat-alat bahasa yang disediakan oleh Livemocha sejak tahap awal perkembangannya.[4][5][6]

Berdasarkan John Cook's Venture Blog, Livemocha merupakan suatu perusahan asal Seattle yang berdiri dengan mudah di musim gugur 2007.[7] Menurut CEO Shirish Nadkarni, Livemocha memiliki lebih dari dua juta pengguna yang berasal lebih dari 200 negara di bulan Maret 2008.[8]

Fitur[sunting | sunting sumber]

Livemocha tersedia dengan didukung oleh enam bahasa populer, yaitu bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, Hindi, Jerman, dan Mandarin. Elemen-elemen kunci dari pendekatan pembelajaran Livemocha meliputi:

  • Dynamic lesson content: Rencana pelajaran yang mencakup lebih dari 160 jam untuk pemula dan konten pengajaran bahasa percakapan sehari-hari lengkap dengan praktik membaca, mendengar, menulis, dan latihan berbicara dengan tingkat menengah. Livemocha juga memanfaatkan keahlian bahasa asli dari para anggotanya dengan member mereka akses untuk meningkatkan konten Livemocha dengan tip-tip tata bahasa mereka, frasa-frasa alternatif, dan bahasa sehari-hari.
  • Global community: Anggota-anggota Livemocha dari seluruh dunia dapat memanfaatkan kemahiran bahasa asli mereka untuk mengajar dan belajar dari anggota-anggota lain dari komunitas tersebut. Para pengguna memiliki pilihan untuk berlatih percakapan terstruktur dengan para penutur asli atau menyampaikan tulisan atau contoh audio kepada para penutur asli untuk kemudian diperiksa atau diedit. Alat-alat interaktif berbasis komunitas di Livemocha ini membantu membangun suatu komunitas bahasa yang kuat dan saling terlibat.
  • Motivational system: Bagi kebanyakan orang yang memiliki sedikit waktu luang, belajar bahasa dapat sedikit mengganggu kehidupan mereka yang sibuk. Melalui kompetisi, sistem teman belajar dan dorongan komunitas, Livemocha menyediakan alat-alat untuk menjaga para pembelajar tetap termotivasi dan membuat kemajuan yang baik.

Program Dasar[sunting | sunting sumber]

Livemocha menawarkan pelajaran bahasa dasar gratis yang berisi 30 – 50 jam kursus.

Active Courses[sunting | sunting sumber]

Active Courses adalah suatu program pelajaran premium yang ditawarkan seharga $19,95/bulan atau $149,95 untuk satu tahun pendaftaran. Program Active Courses yang ditawarkan bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, Italia, Jerman

Alat Belajar[sunting | sunting sumber]

Dengan mendaftarkan diri ke akun gratis, seorang pengguna dapat menerima pelajaran berbasis video dan bantuan audio iPod atau iPhone yang dapat megurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk belajar suatu bahasa. Dengan mengubah status akun (dari gratis ke berbayar), seorang pengguna akan mendapatkan audio CD sehingga seseorang tetap bisa belajar ketika sedang bepergian tanpa terhubung internet. Tes dan kuis online juga disediakan untuk memudahkan seorang pengguna untuk menjelajahi atau mencari tahu lebih banyak mengenai daerah-daerah di dunia dan juga dapat mempercepat waktu belajar.

Bantuan dan Dukungan[sunting | sunting sumber]

Livemocha menawarkan serangkaian cara untuk memberikan bantuan dan dukungan melalui situs mereka, termasuk forum pengguna, kelas multi siswa, dan interaksi antarsiswa. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan atau membina hubungan persahabatan antarsiswa atau antarpengguna ketika mempelajari suatu bahasa tertentu. Selain itu, ada pula dukungan email jika seorang pengguna memiliki pertanyaan atau masalah yang perlu ditangani. Meskipun tidak ada nomor telepon atau data FAQ (Frequently Asked Questions) yang tersedia di situs ini, bantuan dan dukungan dari dan antaranggota sangat membantu satu sama lain.

Finansial[sunting | sunting sumber]

Di bulan Januari 2008, Livemocha mengumumkan bahwa mereka mendapatkan pinjaman dana sebesar $6 juta dari perusahaan modal ventura, Maveron Capital.[9] Pada bulan Desember 2009, Livemocha menerima tambahan $8 juta dalam pendanaan Seri B dari modal ventura perusahaan August Capital dan Maveron Capital.[10]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Site Information from Alexa Alexa Internet. Accessed September 20, 2010.
  2. ^ ZAN 0806346060
  3. ^ "Learning From a Native Speaker, Without Leaving Home", ANNE EISENBERG, The New York Times, http://www.nytimes.com/2008/02/17/business/17novel.html?_r=1&em&ex=1203483600&en=cde38341fd5cbf9f&ei=5087%0A&oref=slogin
  4. ^ "Not lost in translation: Livemocha blends language instruction with social networking, picks up $6M Series A", The Deal.com, Mary Kathleen Flynn, January 24, 2008.
  5. ^ "The social network where you can't understand anyone: Livemocha", Webware (Cnet), Rafe Needleman, September 24, 2007.
  6. ^ Learning Languages in Context: Startup Livemocha Leverages Social Networking to Teach Foreign Languages, Technology Review, Erica Naone.
  7. ^ "Top Seattle startups: Intelius, Zillow, iLike, etc." http://blog.seattlepi.nwsource.com/venture/archives/124855.asp, John Cook's Venture Blog.
  8. ^ "Livemocha eyes one million users this year", Pratima Harigunani, CIOL Network, http://www.ciol.com/News/News-Reports/Livemocha-eyes-one-million-users-this-year/1408104872/0/
  9. ^ "Livemocha Secures $6 Million in Venture Capital Series A Funding Led by Maveron: Funding to Accelerate Popular Language Learning Site’s Functionality and Growth", http://www.livemocha.com/pages/pr/01152008, January 15, 2008
  10. ^ "Livemocha Bags Another $8 Million From August Capital, Maveron", http://techcrunch.com/2009/12/22/livemocha-series-b-funding/