Liga Kemerdekaan India

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Liga Kemerdekaan India (juga dikenal sebagai IIL) adalah sebuah organisasi politik yang beroperasi dari tahun 1920-an hingga 1940-an untuk mengorganisasi orang-orang yang tinggal di luar India untuk mengusahakan penghapusan pemerintahan kolonial Inggris atas India. Didirikan pada tahun 1928 oleh kaum nasionalis India, organisasi ini terletak di berbagai bagian Asia Tenggara dan termasuk para ekspatriat India, dan kemudian, para nasionalis India di pengasingan di bawah pendudukan Jepang setelah keberhasilan Kampanye Malaya Jepang selama bagian pertama Perang Dunia II. Selama pendudukan Jepang di Malaya, Jepang mendorong orang India di Malaya untuk bergabung dengan Liga Kemerdekaan India.[1]

Didirikan terutama untuk membantu perkembangan Nasionalisme India dan untuk mendapatkan dukungan Jepang bagi Gerakan Kemerdekaan India, Liga berinteraksi dan memimpin Tentara Nasional India (INA) pertama di bawah Mohan Singh sebelum dibubarkan. Kemudian, setelah kedatangan Subhas Chandra Bose di Asia Tenggara dan kebangkitan INA, Liga berada di bawah kepemimpinannya, sebelum memberi jalan kepada Azad Hind.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Dengan pendudukan Asia Tenggara, populasi ekspatriat India yang besar menjadi di bawah pendudukan Jepang. Kerangka asosiasi orang India lokal telah ada bahkan sebelum perang mencapai Malaya. Yang terbesar dari ini termasuk semacam Asosiasi India Tengah sebelum perang, Liga Kemerdekaan India Singapura dan organisasi-organisasi lainnya, dan di antara para anggota mereka terdapat para ekspatriat India terkemuka,, misalnya K. P. K. Menon, Nedyam Raghavan, Pritam Singh, S.C. Goho, dan lainnya. Dengan dorongan penguasa pendudukan, kelompok-kelompok ini mulai bergabung ke dalam liga-liga Kemerdekaan India setempat dan menjadi organisasi penghubung utama antara penduduk India setempat dengan pasukan pendudukan Jepang.

Bergabung dengan Liga Kemerdekaan India membawa keamanan dan fasilitas.[2] Menampilkan kartu IIL memperlancar pembelian tiket kereta api dan memungkinkan pembelian di markas besar IIL barang-barang sulit diperoleh seperti pasta gigi dan sabun dengan harga terjangkau.[2] Kartu IIL juga merupakan sarana di mana melaluinya ransum dikeluarkan.[3] Selain itu, karena IIL diizinkan untuk bekerja dengan Palang Merah Swiss, para anggotanya dapat menerima dan mengirim surat ke tempat yang sulit dijangkau, seperti Ceylon.[2]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sankar, Uthaya. (11 February 2004) New Straits Times. What Tamil writers?
  2. ^ a b c Balachandran, PK. (17 April 2006) Hindustan Times. Netaji's army as seen by a Ceylonese recruit. Colombo diary.
  3. ^ Fay 1993, hlm. 92

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Fay, Peter W. (1993), The Forgotten Army: India's Armed Struggle for Independence, 1942-1945, Ann Arbor, University of Michigan Press., ISBN 978-0-472-08342-8 .
  • Green, L.C. (1948), The Indian National Army Trials. The Modern Law Review, Vol. 11, No. 1. (Jan., 1948), pp. 47-69, London, Blackwell. .