Leave the World Behind (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Leave the World Behind
SutradaraSam Esmail
Produser
  • Julia Roberts
  • Marisa Yeres Gill
  • Lisa Gillan
  • Sam Esmail
  • Chad Hamilton
SkenarioSam Esmail
Berdasarkan
Leave the World Behind
oleh Rumaan Alam
Pemeran
Penata musikMac Quayle
SinematograferTod Campbell
PenyuntingLisa Lassek
Perusahaan
produksi
DistributorNetflix
Tanggal rilis
  • 25 Oktober 2023 (2023-10-25) (AFI)
  • 22 November 2023 (2023-11-22)
Durasi141 minutes
NegaraUnited States
BahasaEnglish

Leave the World Behind adalah film thriller psikologis apokaliptik Amerika tahun 2023 yang diproduksi, ditulis dan disutradarai oleh Sam Esmail. Film ini diangkat berdasarkan novel tahun 2020 karya Rumaan Alam. Film ini dibintangi oleh Julia Roberts, Mahershala Ali, Ethan Hawke, Myha'la, dan Kevin Bacon ketika mereka mencoba memahami keanehan bertahap pada telepon, televisi, dan teknologi lain yang menunjukkan potensi bencana alam.

Leave the World Behind tayang perdana di AFI Fest pada 12 Mei 2023. Film ini dirilis terbatas di bioskop tertentu pada 22 November 2023, yang berikutnya dirilis di Netflix pada 8 Desember 2023. Film ini secara umum mendapat ulasan positif dari para kritikus yang merasa bahwa penampilan para pemeran menutupi kekurangan dalam cerita dan temponya.

Plot[sunting | sunting sumber]

Amanda Sandford, seorang misantropia, suatu hari terbangun dan memutuskan untuk membawa keluarganya untuk liburan yang tidak direncanakan ke rumah Airbnb di Long Island. Suaminya, Clay adalah seorang profesor, dan kedua anaknya, Rose dan Archie, terobsesi dengan teknologi. Saat berbelanja di toko kelontong, Amanda melihat seorang pria berjanggut membeli air dan makanan kaleng dalam jumlah besar. Hingga mereka tiba di rumah sewaan, ternyata mereka tidak memiliki akses internet. Rose tidak dapat menonton episode terakhir Friends. Berikutnya, Clay dan Amanda menyaksikan rusa memasuki properti. Saat mereka bersantai di pantai terdekat, sebuah kapal tanker minyak melaju ke darat dan membuat kerusakan di pantai. Karena merasa terganggu, mereka pulang ke rumah dan menemukan bahwa televisi dan Wi-Fi mereka tidak berfungsi.

Malamnya, George H. Scott (GH) dan putrinya, Ruth, muncul di rumah tersebut. Mereka menjelaskan bahwa rumah itu adalah milik mereka dan pemadaman listrik di kota membuat mereka datang ke Long Island. Ibu Ruth berada di Maroko dalam perjalanan bisnis dan dijadwalkan terbang kembali keesokan harinya. Amanda langsung tidak percaya pada mereka, tapi Clay mengizinkan mereka bermalam setelah GH mengembalikan uang tunai $1000 kepada mereka.

Di pagi hari, Amanda menemukan empat berita peringatan di ponselnya, dua berita tentang pemadaman listrik, satu peringatan tentang peretas yang bertanggung jawab atas apa yang terjadi, dan satu lagi tertulis dalam angka dan simbol.

Rose mengamati sekelompok rusa yang jauh lebih besar dari sebelumnya berada di sekitar rumah mereka. Clay memutuskan untuk berkendara ke kota untuk mendapatkan jawaban, namun tidak dapat menemukan jalannya karena GPS- nya tidak berfungsi. Dia melewati seorang wanita tertekan yang berbicara dalam bahasa Spanyol untuk meminta bantuan, tapi dia pergi. Dia juga melihat selebaran drone drop yang ditulis dalam bahasa Arab.

GH memutuskan untuk pergi ke rumah tetangganya tetapi telah hancur. Dia kemudian menemukan lokasi kecelakaan di pantai terdekat yang berisi mayat berserakan dan bagian tubuh yang terpenggal, dan melihat pesawat lain jatuh di tempat yang sama di pantai, yang merendamnya di air laut. Rose menceritakan kekhawatirannya tentang rusa itu kepada Archie, menyatakan bahwa rusa itu mencoba mengatakan sesuatu padanya, tapi dia tidak peduli karena dia terpikat pada Ruth. Rose dan Archie pergi menjelajahi fenomena rusa dan menemukan sebuah gudang dengan tumpukan daun menjorok di sudutnya. Archie mencoba menakut-nakuti Rose dengan membicarakan tentang seseorang yang tidur di gudang dan mengawasi Rose melalui jendela. Saat berjalan kembali ke rumah, Archie digigit kutu.

GH kembali ke rumah dan berbohong kepada Ruth dan Amanda tentang mengapa dia basah, menyatakan bahwa dia jatuh ke kolam keluarga Huxley. Kemudian GH memberi tahu Amanda bahwa dia tidak dapat menggunakan telepon satelit, berteori bahwa satelit pasti rusak, dan dia bercerita tentang kecelakaan pesawat. Kemudian terdengar suara melengking yang tiba-tiba.

GH memberi tahu Amanda bahwa pria berjanggut yang sebelumnya membeli air dan makanan kaleng dalam jumlah besar adalah seorang penyintas dan kontraktor perumahan bernama Danny. Clay kembali dan menunjukkan selebaran yang dijatuhkan oleh drone, yang diterjemahkan oleh Archie sebagai 'Kematian bagi Amerika'. Keluarga Sanford pun memutuskan untuk pergi ke tempat saudara perempuan Amanda di New Jersey, tetapi menemukan jalan raya macet karena mobil-mobil tanpa pengemudi yang saling bertabrakan, mereka pun memutuskan kembali ke rumah GH.

Malamnya, GH menceritakan kepada Amanda bahwa mungkin ada konspirasi pemerintah. Mereka akhirnya menjadi dekat, tetapi menolak untuk selingkuh dari pasangannya. Sementara itu, Ruth meminta Clay menghisap vape dengannya dan menanyakan pertanyaan provokatif. Mereka menyaksikan sekawanan flamingo mendarat di kolam. Ruth kemudian mengaku kepada ayahnya bahwa Clay ingin berhubungan seks dengannya, dan mempertanyakan mengapa dia membiarkan mereka masuk lagi. Mereka juga berbicara tentang ibu Ruth, yang sekarang mereka anggap sudah meninggal. Keesokan harinya, Rose menghilang dan gigi Archie mulai tanggal.

GH membawa Clay dan Archie ke Danny, sang penyintas, untuk berobat. Danny berpendapat bahwa gigi Archie yang tanggal dan suara menyakitkan yang dialami semua orang adalah akibat dari senjata gelombang mikro. Saat mencari Rose, Amanda menyelamatkan Ruth dari serangan kawanan rusa. Setelah kebuntuan yang berkepanjangan, Danny memutuskan untuk membantu Archie dengan imbalan uang dan mengarahkan mereka ke bunker bawah tanah terdekat yang disiapkan untuk hari kiamat. GH mengaku kepada Clay bahwa dia tahu apa yang sedang terjadi – dia mengatakan bahwa kudeta politik sedang terjadi, itulah sebabnya orang-orang yang berkuasa membiarkan perang saudara mengakar dengan mengganggu teknologi dan menciptakan kekacauan. Amanda dan Ruth melihat Kota New York dibom, sementara Rose masuk ke rumah tetangga dan menemukan bunker, di mana pencegat Sistem Peringatan Darurat mengungkapkan bahwa AS sedang berperang dengan angkatan bersenjata jahat dengan dugaan keterlibatan senjata radiologi. Dia menemukan DVD musim terakhir Friends, dan menonton acara terakhirnya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Netflix mendapatkan hak atas novel karya Rumaan Alam pada Juli 2020, dengan Sam Esmail sebagai penulis dan sutradara. Julia Roberts dan Denzel Washington ditetapkan untuk membintangi dan memproduseri film ini.[2] Pada September 2021, Mahershala Ali mendapatkan peran sebagai pengganti Washington yang memutuskan keluar dari produksi film ini.[3] Ethan Hawke dan Myha'la Herrold kemudian bergabung pada Januari 2022.[4][5] Adapun Barack dan Michelle Obama menjadi produser eksekutif melalui spanduk Higher Ground Productions mereka.[6]

Syuting dimulai pada April 2022 di Long Island,[7] di sebuah rumah yang dirancang oleh The Up Studio[8] dan terdapat syuting tambahan di Katonah, New York pada 19 Mei 2022.[9]

Trek suara[sunting | sunting sumber]

Mac Quayle menggubah musik orisinal untuk film ini yang terdiri dari 9 nada dan terinspirasi dari komposer Perancis Olivier Messiaen dan mode Messiaen miliknya yaitu Mode 3. Quayle berkata, "Saya mulai bermain-main dengan mereka dan saya menemukan bahwa Mode 3, yang pada dasarnya adalah sebuah skala, menghasilkan perasaan harmonis yang sangat menarik," lalu berkata, "Dan saya mendapat ide bahwa saya mungkin akan membuat keseluruhan film dalam hal ini. satu mode… Saya tidak tahu apakah itu akan membawa saya sepanjang film, tapi ternyata berhasil.".[10]

Esmail mencoba memilih lagu-lagu yang belum pernah digunakan di TV atau film sebelumnya karena dia khawatir penonton akan mengasosiasikan lagu tersebut dengan lagu-lagu tersebut yang akan "mengganggu atau memperumit isi adegan tersebut atau apa yang dirasakan penonton saat mereka menonton adegan tersebut." Oleh karena itu dia memilih " Too Close " oleh grup R&B Amerika Next karena dapat ditarikan bersama oleh karakternya dan tidak digunakan secara berlebihan.[11]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Leave the World Behind tayang perdana di dunia sebagai film pembuka AFI Fest pada 25 Oktober 2023, namun para pemerannya berhalangan hadir karena peristiwa mogok kerja SAG-AFTRA 2023.[12] Film ini dirilis di bioskop secara terbatas pada 22 November, sebelum streaming Netflix pada 8 Desember 2023.[13]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di situs web agregator ulasan Rotten Tomatoes, 75% pada 114 ulasan para kritikus adalah positif, dengan nilai rata-rata 6.8/10. Konsensus situs web berbunyi: "Sebuah film thriller apokaliptik yang diperankan dengan sangat baik, Leave the World Behind terus menarik perhatian penonton meskipun alurnya santai dan pesannya agak sederhana." Di situs Metacritic, yang menggunakan sistem penilaian rata-rata tertimbang, film ini mendapatkan skor 67 dari 100, berdasarkan 34 kritikus, yang menunjukkan ulasan yang "secara umum baik.".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Grobar, Matt (April 14, 2022). "The Obamas' Higher Ground Boards Sam Esmail's Netflix Pic Leave the World Behind". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 5, 2023. Diakses tanggal 14 April 2022. 
  2. ^ Fleming, Mike Jr. (July 20, 2020). "Netflix Wins Julia Roberts-Denzel Washington-Sam Esmail Package Leave The World Behind Based On Rumaan Alam's Upcoming Novel". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 7, 2023. Diakses tanggal August 9, 2021. 
  3. ^ Kroll, Justin (14 September 2021). "Mahershala Ali To Co-Star With Julia Roberts In Sam Esmail and Netflix's Leave The World Behind". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 2, 2023. Diakses tanggal 14 September 2021. 
  4. ^ Kroll, Justin (January 18, 2022). "Ethan Hawke, Industry's Myha'la Herrold & Others Join Julia Roberts In Netflix's Leave The World Behind". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 2, 2023. Diakses tanggal 18 January 2022. 
  5. ^ Gonzalez, Umberto (April 18, 2022). "Kevin Bacon Joins Julia Roberts' Leave the World Behind at Netflix (Exclusive)". TheWrap. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 19, 2023. Diakses tanggal 18 April 2022. 
  6. ^ Debruge, Peter (26 October 2023). "Leave the World Behind Review: Julia Roberts Plays a Doomsday Karen in Shyamalan-Like Thriller". Variety. 
  7. ^ Lovece, Frank (April 5, 2022). "Julia Roberts' Netflix movie Leave the World Behind filming on Long Island". Newsday. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 19, 2023. Diakses tanggal 6 April 2022. 
  8. ^ Ramirez, Jeffrey (August 10, 2023). "The House from Leave the World Behind". Diarsipkan dari versi asli tanggal August 11, 2023. Diakses tanggal August 10, 2023. 
  9. ^ Croke, Karen (24 May 2022). "Julia Roberts, Jesse Eisenberg projects filming in Katonah, Nyack". lohud. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 9, 2023. Diakses tanggal 25 May 2022. 
  10. ^ Cremona, Patrick (11 December 2023). "Leave the World Behind soundtrack: All the songs in the Netflix thriller". Radio Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 12, 2023. Diakses tanggal 11 December 2023. 
  11. ^ Cremona, Patrick (11 December 2023). "Leave the World Behind soundtrack: All the songs in the Netflix thriller". Radio Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 12, 2023. Diakses tanggal 11 December 2023. 
  12. ^ Rankin, Seija (October 25, 2023). "What the 'Leave the World Behind' Adaptation (and a Julia Roberts-Starring Role) Means to Rumaan Alam". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 12, 2023. Diakses tanggal November 6, 2023. 
  13. ^ Evans, Greg (2023-10-02). "Leave The World Behind Trailer: Julia Roberts, Mahershala Ali & Ethan Hawke Face Apocalypse In Netflix Film". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 7, 2023. Diakses tanggal 2023-10-02. 

Tautan luar[sunting | sunting sumber]