Lapor masuk bandara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gerai lapor masuk Thai Airways International di Bandara Suvarnabhumi, Bangkok

Lapor masuk bandara adalah proses di mana maskapai penerbangan menyetujui penumpang pesawat untuk naik pesawat terbang. Maskapai biasanya menggunakan gerai layanan yang ditemukan di bandara untuk proses ini, dan lapor masuk biasanya ditangani oleh maskapai itu sendiri atau agen penanganan yang bekerja atas nama maskapai. Penumpang biasanya menyerahkan barang bawaan apa pun yang tidak mereka inginkan atau tidak boleh dibawa ke dalam kabin pesawat dan menerima pas naik sebelum mereka dapat naik ke pesawat.

Lapor masuk biasanya merupakan prosedur pertama bagi seorang penumpang saat tiba di bandara, sebagaimana peraturan maskapai penerbangan mengharuskan penumpang untuk lapor masuk pada waktu-waktu tertentu sebelum keberangkatan penerbangan. Durasi ini berkisar dari 15 menit hingga 2 jam tergantung pada tujuan dan maskapai penerbangan (dengan lapor masuk mandiri, ini dapat diperpanjang hingga 30 hari, jika lapor masuk dengan proses daring).[1] Selama proses ini, penumpang seringkali memiliki kemampuan untuk meminta akomodasi khusus seperti preferensi tempat duduk, menanyakan tentang informasi penerbangan atau tujuan, mengumpulkan miles program penumpang setia, atau membayar pemutakhiran. Namun, fungsi utama lapor masuk maskapai adalah untuk menerima barang bawaan yang akan dibawa ke ruang kargo pesawat dan mengeluarkan boarding pass. Waktu yang diperlukan terkadang tertulis di penempahan, terkadang tertulis di suatu tempat di laman web, dan terkadang hanya disebut sebagai "penumpang harus memberikan waktu yang cukup untuk lapor masuk".

Layanan lapor masuk dalam kota adalah layanan yang ditawarkan oleh beberapa kota seperti Abu Dhabi, Seoul, Hong Kong, Delhi, Kuala Lumpur–Internasional, London, Stockholm, Wina dan Taipei, di mana penumpang dapat melakukan lapor masuk barang bawaan di tempat-tempat yang telah ditentukan dalam wilayah tersebut. kota tetapi di luar bandara. Ini mengurangi waktu lapor masuk dan antrian di bandara.

Jenis lapor masuk[sunting | sunting sumber]

Lapor masuk tujuan[sunting | sunting sumber]

Jika penumpang lapor masuk hanya untuk satu sektor penerbangan, maka itu disebut lapor masuk tujuan atau titik.

Lapor masuk pintas[sunting | sunting sumber]

Jika penumpang diperiksa pada semua penerbangan selanjutnya dan memiliki pas naik untuk semua penerbangan lanjutan dan tas juga melalui pemeriksaan yaitu penumpang tidak perlu memeriksa ulang dirinya dan bagasi lagi pada transit, maka lapor masuk diketahui seperti melalui lapor masuk.

Pendaftaran identitas penumpang[sunting | sunting sumber]

Pada saat lapor masuk, salah satu tugas utama agen adalah memeriksa dokumen yang sah. Ini termasuk tiket, paspor, visa, surat persetujuan, dan dalam beberapa kasus, alamat penumpang dan detail kontak untuk memenuhi persyaratan imigrasi.

eberapa maskapai mungkin meminta penumpang untuk menunjukkan kartu kredit asli yang digunakan untuk pembayaran.

Pendaftaran barang bawaan[sunting | sunting sumber]

Pada saat lapor masuk, penumpang menyerahkan barang bawaan yang diperiksa oleh pihak keamanan bandara dan dapat disegel (tunduk pada peraturan keamanan di negara tersebut). Apa pun yang melebihi batas berat atau yang tidak boleh dibawa sendiri oleh penumpang di dalam kabin pesawat biasanya diserahkan kepada agen pada saat lapor masuk. Jatah barang bawaan, jika ada, ditentukan oleh maskapai penerbangan dan kelebihan apa pun akan dikenakan biaya tambahan.

Peletakan tas mandiri[sunting | sunting sumber]

Gerai peletakan tas mandiri Air China di Terminal 3 Bandara Internasional Ibukota Beijing

Beberapa maskapai memiliki proses lapor masuk mandiri yang memungkinkan penumpang dengan tas untuk lapor masuk di mesin Peletakan tas mandiri. Penumpang kemudian menempelkan label bagasi dan meletakkan tas di sabuk bagasi. Penumpang tanpa bagasi terdaftar dapat langsung menuju ruang tunggu bandara (jika berhak mendapatkan akses ruang tunggu bandara) dan lapor masuk di kios di sana menggunakan ePass mereka (perangkat RFID kecil hanya untuk pelanggan premiumnya) [2] atau langsung menuju gerbang keberangkatan. Banyak maskapai penerbangan menggunakan lapor masuk elektronik seperti ePass, mPass, atau aplikasi seluler serupa, dan aplikasi ini berfungsi sebagai pas naik.[3]

Penugasan tempat duduk[sunting | sunting sumber]

Biasanya pada saat lapor masuk, pilihan untuk memilih kursi tertentu ditawarkan, dengan penumpang ditanya apakah mereka lebih suka kursi dekat jendela atau lorong.

Lapor masuk daring[sunting | sunting sumber]

Lapor masuk daring adalah proses di mana penumpang mengonfirmasi kehadiran mereka dalam penerbangan melalui Internet dan biasanya mencetak boarding pas naik mereka sendiri. Bergantung pada maskapai dan penerbangan tertentu, penumpang juga dapat memasukkan detail seperti pilihan makanan dan jumlah bagasi serta memilih tempat duduk yang diinginkan

Layanan ini umumnya dipromosikan oleh maskapai kepada penumpang sebagai layanan yang lebih mudah dan lebih cepat karena mengurangi waktu yang biasanya dihabiskan penumpang di gerai lapor masuk bandara. Namun, beberapa maskapai penerbangan masih meminta penumpang untuk melanjutkan ke gerai lapor masuk di bandara, terlepas dari metode lapor masuk yang disukai, untuk verifikasi dokumen (mis., untuk bepergian ke negara yang memerlukan visa, atau untuk memastikan kredit kartu yang digunakan untuk membeli adalah asli dan/atau sesuai dengan identitas orang yang melakukan pembelian). Jika penumpang perlu melanjutkan proses lapor masuk di bandara setelah melakukan lapor masuk daring, jalur khusus biasanya ditawarkan kepada mereka untuk mengurangi waktu tunggu kecuali semua meja ditetapkan sebagai tempat penurunan bagasi. Selain itu, lapor masuk daring untuk penerbangan seringkali tersedia lebih awal daripada lapor masuk tatap muka.[4] Prosesnya kemudian beralih ke pengendalian penumpang atas lapor masuk mereka. Maskapai mungkin menggunakan sistem ini karena layanan mandiri seringkali lebih efisien untuk dioperasikan, dengan kemampuan yang lebih besar untuk mengatasi lonjakan jumlah penumpang. Ini juga mengurangi aktivitas di bandara, menghemat uang maskapai dan mengurangi waktu tunggu penumpang.

Lapor masuk seluler[sunting | sunting sumber]

Pada pertengahan akhir tahun 2000-an, lapor masuk dapat dilakukan menggunakan ponsel atau PDA penumpang. Ponsel cerdas berkemampuan GPRS atau 4G atau PDA berkemampuan internet diperlukan di sebagian besar kasus (Finnair mengizinkan lapor masuk melalui pesan teks), [5] dan fitur lapor masuk dapat diakses dengan memasukkan situs web di peramban web atau dengan mengunduh aplikasi khusus. Prosesnya kemudian serupa dengan yang diharapkan saat check-in menggunakan komputer pribadi.

Di akhir proses lapor masuk seluler, beberapa maskapai mengirimkan pas naik seluler ke perangkat seluler penumpang, yang dapat dipindai di bandara selama pemeriksaan keamanan dan pemapanan. Namun, yang lain mengirimkan konfirmasi elektronik dengan kode batang yang dapat ditunjukkan kepada staf saat lapor masuk atau dipindai di kios untuk melanjutkan proses lapor masuk (yaitu, untuk menerbitkan pas naik).

Salah satu kelemahan dari lapor masuk awal adalah membatasi agen seseorang yang mengubah penerbangannya. Karena kupon tiket harus disetel ulang kembali ke BUKA lagi sebelum perubahan apa pun dilakukan, ini mungkin memerlukan waktu untuk mengaturnya.

Lapor masuk premium dan akses ruang tunggu[sunting | sunting sumber]

Jika penumpang membawa tiket kelas satu atau kelas bisnis atau menunjukkan kartu keanggotaan program penumpang setia tertentu (biasanya tingkat yang lebih tinggi), atau kesepakatan lain dengan maskapai, akses ke area lapor masuk premium dan/atau ruang tunggu dapat dilakukan ditawari.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Online Check-in". www.easyjet.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-12. 
  2. ^ "Air New Zealand ePass". Air New Zealand. 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-19. Diakses tanggal 2009-08-24. 
  3. ^ "Air New Zealand mPass". Air New Zealand. 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-04-11. Diakses tanggal 2009-08-24. 
  4. ^ Virgin launches online check-in, Sydney Morning Herald, 3 October 2005
  5. ^ "Finnair to introduce the world's easiest checkin -- with a text message". Finnair Group. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-05-29. Diakses tanggal Sep 28, 2004.