Lapor masuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gerai lapor masuk sebuah hotel di Hong Kong

Lapor masuk adalah proses pengumuman kedatangan orang di kantor, hotel, bandara, rumah sakit, pelabuhan atau suatu acara.

Lapor masuk kantor[sunting | sunting sumber]

Banyak kantor memiliki resepsionis atau area kantor depan di dekat pintu masuk untuk menyambut atau membantu pengunjung yang datang untuk menghadiri rapat. Resepsionis dapat bertanya kepada pengunjung siapa yang akan mereka temui dan dapat meminta mereka untuk menandatangani daftar. Resepsionis dapat memberikan instruksi kepada pengunjung ke mana harus pergi atau memberi tahu tuan rumah bahwa tamunya telah tiba. Pengunjung dapat diberikan izin pengunjung yang terlihat, sering dikenakan di leher.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa waktu tunggu yang lama di area resepsionis dapat menyebabkan hilangnya pelanggan.[1]

COVID-19 telah mengarahkan organisasi dengan menerapkan teknologi yang lebih luas dan lebih cepat untuk merampingkan proses lapor masuk pengunjung,[2] Sistem pengelolaan pengunjung mengotomatiskan proses lapor masuk pengunjung dan mengurangi waktu lapor masuk kantor dengan pra-pendaftaran pengunjung melalui surel, komunikasi yang efektif, kode batang kilas, mengotomatiskan pemberitahuan tuan rumah, dan alur kerja pengelolaan pengunjung yang efisien

Lapor masuk bandara[sunting | sunting sumber]

Lapor masuk di Bandara Internasional Mumbai (terminal domestik)

Proses lapor masuk di bandara memungkinkan penumpang melakukan pelaporan masuk bagasi ke pesawat dan mendapatkan pas naik. Saat melakukan pemeriksaan di gerai lapor masuk, penumpang akan memberikan bukti hak bepergian, seperti tiket, visa, atau sarana elektronik. Setiap maskapai menyediakan fasilitas bagi penumpang untuk melakukan lapor masuk bagasi, kecuali untuk tas jinjing (disebut juga kabin). Ini mungkin melalui staf maskapai penerbangan di gerai lapor masuk di bandara atau melalui pengaturan agen atau melalui kios swalayan. Bagasi ditimbang dan diberi label, lalu ditempatkan di konveyor yang biasanya memasukkan bagasi ke dalam sistem penanganan bagasi utama. Bagasi masuk ke ruang kargo pesawat. Petugas lapor masuk kemudian mengeluarkan pas naik untuk setiap penumpang.

Ada kecenderungan yang meningkat ke arah proses lapor masuk yang lebih efisien, di mana penumpang dapat menghindari atau mengurangi waktu dalam antrean di gerai lapor masuk yang dikelola petugas. Ini mungkin melibatkan penumpang yang lapor masuk secara daring sebelum tiba di bandara atau menggunakan kios lapor masuk swalayan maskapai penerbangan di bandara. Beberapa bandara memiliki lapor masuk tepi jalan, di mana penumpang dapat mendaftarkan tas mereka ke perwakilan maskapai penerbangan sebelum memasuki terminal dan kemudian langsung menuju ke keamanan.

Banyak maskapai penerbangan memiliki tenggat waktu bagi penumpang untuk lapor masuk sebelum setiap penerbangan. Ini untuk memungkinkan maskapai menawarkan kursi yang tidak diklaim kepada penumpang yang siaga, untuk memuat bagasi ke pesawat dan menyelesaikan dokumentasi untuk lepas landas. Penumpang juga harus memperhitungkan waktu yang mungkin diperlukan bagi mereka untuk melewati antrean lapor masuk, melewati keamanan, dan kemudian berjalan (terkadang juga untuk naik) dari area lapor masuk ke area pemberangkatan. Ini mungkin memakan waktu beberapa jam di beberapa bandara atau di beberapa waktu dalam setahun. Pada penerbangan internasional, waktu tambahan akan diperlukan untuk imigrasi dan bea cukai.

Lapor masuk mandiri biasanya disediakan oleh pihak maskapai pada laman web atau melalui aplikasi seluler pada saat melakukan penempahan/penjadwalan penerbangan atau dapat ditambahkan pada penempahan/penjadwalan yang sudah ada beberapa jam sebelum jadwal keberangkatan penerbangan (ini adalah, waktu yang dikomunikasikan pada saat penempahan/penjadwalan atau setelahnya, oleh maskapai karena perubahan jadwal; penundaan tidak dapat dianggap sebagai perubahan jadwal). lapor masuk otomatis selesai, pas naik akan diberikan sebelum keberangkatan.

Penginapan[sunting | sunting sumber]

Lapor masuk di Kempinski Hotel Vier Jahreszeiten

Penginapan dan tempat serupa biasanya meminta tamu untuk lapor masuk (disebut juga mendaftar atau daftar masuk), yang melibatkan tamu memberikan atau mengonfirmasi informasi pribadi, termasuk informasi kontak, bersama dengan tanda tangan. Undang-undang di beberapa negara mewajibkan tamu untuk memberikan informasi ini dan menandatangani daftar, sering disebut daftar hotel atau buku tamu, yang mungkin dalam bentuk kartu pendaftaran,[3][4][5] dan beberapa juga memerlukan penyediaan dokumen identifikasi, seperti paspor. , kartu identitas nasional atau SIM yang mungkin ingin disalin dan disimpan oleh hotel dalam catatannya. Biasanya, hanya satu tamu yang harus mendaftar per kamar. Terkadang, daftar tersebut mungkin perlu diberikan kepada lembaga pemerintah, seperti polisi setempat, dan terkadang dengan surat perintah pengadilan atau otoritas serupa.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Time Trade. "Retail Industry Executive Survey" (PDF). timetrade.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-05-03. 
  2. ^ McKinsey. "How COVID-19 has pushed companies over the technology tipping point—and transformed business forever". www.mckinsey.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-05-10. 
  3. ^ "Registration and data protection". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-18. Diakses tanggal 2017-07-21. 
  4. ^ California Code, Chapter 5.26, HOTEL RATES AND REGISTRATION REQUIREMENTS Diarsipkan 2018-11-10 di Wayback Machine.
  5. ^ Ontario, Canada: Hotel Registration of Guests Act, R.S.O. 1990, c. H.17 Diarsipkan 2019-05-08 di Wayback Machine.
  6. ^ Justices limit police searches of hotel registries