Jadwal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Jadwal atau tabel waktu (bahasa Inggris: Schedule, Timetable) sebagai alat dasar manajemen waktu, terdiri dari daftar waktu yang mana tugas, kejadian atau tindakan dimaksudkan untuk berlangsung atau dari rentetan peristiwa dalam urutan kronologi ketika hal-hal tersebut dimaksudkan untuk dilakukan. Proses dari menciptakan sebuah jadwal — memutuskan bagaimana urutan tugas tersebut dan bagaimana berkomunikasi di antara berbagai kiranya tugas — disebut penjadwalan[1] dan seorang yang bertanggung jawab kepada membuat jadwal tertentu dapat disebut seorang penjadwal. Menetapkan dan mengikuti jadwal ialah kegiatan manusia sejak dahulu kala.

Jadwal diperlukan atau paling tidak berguna dalam situasi ketika seorang perlu mengetahui pukul berapa mereka harus berada di lokasi spesifik untuk menerima layanan tertentu dan di mana seorang perlu untuk menyelesaikan sekumpulan tujuan dalam periode waktu yang ditentukan.

Jadwal dapat berguna menjangkau kedua jangka waktu singkat, seperti jadwal harian atau mingguan dan perencanaan jangka panjang sehubungan dengan jangka waktu beberapa bulan atau tahun. Kerap diadakan menggunakan kalender yang mana seorang yang mengadakan jadwal dapat menandai tanggal dan waktu tempat berbagai acara direncanakan terjadi. Jadwal yang tidak menentukan waktu tertentu atas peristiwa yang dapat terjadi sebagai ganti daftar secara algoritme urutan yang diharapkan tempat peristiwa harus atau dapat terjadi.

Dalam sejumlah situasi, jadwal dapat menjadi tidak pasti, seperti di mana perilaku hidup sehari-hari bergantung pada faktor lingkungan yang di luar kendali manusia. Orang yang sedang berlibur atau ingin mengurangi stres dan mencapai relaksasi dapat dengan sengaja menghindari memiliki jadwal terhadap periode waktu tertentu.

Jenis jadwal[sunting | sunting sumber]

Jadwal tersedia umum[sunting | sunting sumber]

Jenis jadwal tertentu mencerminkan informasi yang secara umum tersedia untuk umum, sehingga anggota masyarakat dapat merencanakan kegiatan tertentu. Hal-hal dapat mencakup seperti:

  • Jam operasi bisnis, tempat wisata dan kantor pemerintah yang memperkenankan anggota dari layanan kepada mengetahui kapan mereka dapat memperoleh layanan.
  • Jadwal transportasi seperti jadwal penerbangan, jadwal perjalanan kereta, skedul bus dan berbagai jadwal pengangkutan umum diterbitkan untuk mengizinkan penumpang merencanakan perjalanan mereka.
  • Konser dan pertandingan olahraga ialah secara umum terdapat jadwal sehingga penggemar dapat merencanakan membeli tiket dan menghadiri acara.

Jadwal internal[sunting | sunting sumber]

Jadwal internal ialah jadwal yang perlu hanya kepada orang yang secara langsung harus mematuhi itu. Bahwa "kelompok acap memulai dengan jadwal yang didatangkan dari luar, tetapi kelompok yang efektif pula mengembangkan jadwal internal yang menetapkan tujuan atas penyelesaian tugas-tugas mikro".[2] Berbeda dengan jadwal umum, tidak terdapat keperluan menerbitkan jadwal internal. Secara kontras, suatu jadwal internal dapat dirahasiakan sebagai persoalan keamanan dan kepemilikan.

Contoh dari jadwal internal ialah jadwal tempat kerja yang mencantumkan daftar jam di mana karyawan diharapkan berada di tempat kerja. Jadwal kerja atas bisnis yang terbuka umum harus sesuai kepada jam operasi bisnis, sehingga karyawan tersedia di waktu saat pelanggan dapat menggunakan layanan bisnis.

Penjadwalan manajemen proyek[sunting | sunting sumber]

Suatu jadwal pula dapat melibatkan penyelesaian proyek yang mana publik tidak memiliki interaksi sebelum penyelesaian. Dalam manajemen proyek, suatu jadwal formal akan acap diadakan sebagai langkah awal dalam melaksanakan proyek tertentu seperti pada kontruksi bangunan, pengembangan produk atau peluncuran suatu program.

Dalam macam kasus, suatu jadwal "diperoleh dengan memperkirakan rentang waktu tiap tugas dan mencatat keberadaan ketergantungan antara tugas-tugas tersebut".[3]

Dalam komputasi[sunting | sunting sumber]

Penjadwalan ialah perlu sebagai proses internal dalam ilmu komputer yang mana suatu jadwal ialah daftar tindakan dari rangkaian transaksi dalam pangkalan data dan penjadwalan ialah berbagai pengolahan yang ditugaskan dalam tugas ganda dan desain sistem operasi multiproses.

Dalam riset operasi[sunting | sunting sumber]

Penjadwalan akan sumber daya secara umum mengalami kendala, ialah subjek dari beberapa persoalan yang terdapat dalam bidang penelitian diketahui sebagai riset operasi, dalam hal menemukan solusi atau metode penyelesaian yang optimal.

Dalam pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pada institusi yang berhubungan dengan pendidikan, suatu jadwal senantiasa didirikan yang mengarahkan siswa dan guru ke ruang kelas setiap jam.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Adeli, Hojjat; Karim, Asim (2003). Construction Scheduling, Cost Optimization and Management. CRC Press. hlm. 54. 
  2. ^ Gorman, Michael E. (1998). Transforming Nature: Ethics, Invention and Discovery. Springer Science & Business Media. hlm. 308. 
  3. ^ Zwikael, Ofer; Smyrk, John (2011). Project Management for the Creation of Organisational Value. Springer Science & Business Media. hlm. 196.