Lompat ke isi

Kunyitan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kunyitan
Arytera Edit nilai pada Wikidata

Arytera divaricata colourful red new growth
Taksonomi
KerajaanPlantae
DivisiTracheophyta
OrdoSapindales
FamiliSapindaceae
GenusArytera Edit nilai pada Wikidata
Blume, 1849
Species
See text
Arytera divaricata berwarna oranye pertumbuhan baru

Kunyitan (Arytera) adalah genus dari sekitar dua puluh delapan spesies pohon dan semak yang diketahui sains dan merupakan bagian dari keluarga tumbuhan Sapindaceae . Mereka tumbuh secara alami di New Guinea, Indonesia, Kaledonia Baru, Australia, Kepulauan Solomon, Vanuatu, Fiji, Samoa, Tonga ; dan spesies serta tipe spesies yang paling tersebar luas A. littoralis tumbuh di seluruh Malesia dan Asia Tenggara, dari NE. India, Tiongkok bagian selatan, Kalimantan, Malaysia, Singapura, Indonesia, dan Filipina hingga ke timur hingga New Guinea dan Kepulauan Solomon.

Penamaan dan klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Ilmu pengetahuan Eropa secara resmi menamai dan mendeskripsikan genus dan tipe spesies ini pada tahun 1847, ditulis oleh ahli botani Carl Ludwig Blume .

Pada tahun 1879, ahli botani Ludwig AT Radlkofer menerbitkan deskripsi ilmiah formal tentang berbagai spesies baru dalam ilmu pengetahuan Eropa.

Pada tahun 1993, ahli botani Hubert Turner secara resmi mendeskripsikan 8 spesies baru dalam ilmu pengetahuan yang ditemukan tumbuh secara alami di New Guinea, Kepulauan Solomon, dan Australia timur laut. Pada tahun 1994 pengobatannya terhadap genus di Flora Malesiana diterbitkan.

Karya yang dikutip[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Blume-1847
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama APNI