Kulkas cerdas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
LG Smart Refrigerator pada ajang CES 2011

Kulkas cerdas atau juga dikenal sebagai kulkas internet, adalah sebuah kulkas yang diprogram untuk dapat mengidentifikasi jenis barang yang disimpan di dalam kulkas dan melacak ketersediaanya melalui pemindaian kode batang atau RFID. Kulkas jenis ini juga dapat memberi peringatan apabila barang tertentu di dalam kulkas hampir habis.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada akhir dekade 1990-an dan awal dekade 2000-an, ide untuk menghubungkan perabotan rumah tangga ke internet (Internet of Things) telah dipopulerkan dan dianggap sebagai teknologi masa depan. Pada bulan Juni 2000, LG meluncurkan kulkas internet pertama di dunia, yakni Internet Digital DIOS. Kulkas ini tidak terlalu laku karena banyak calon pembeli menganggapnya terlalu mahal (lebih dari $20.000) dan fiturnya kurang penting.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Keamanan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2000, Kaspersky Lab mengingatkan bahwa pada beberapa tahun ke depan, kulkas dan perabotan rumah tangga lain dapat menjadi target virus komputer, yang misalnya membuat kulkas dapat membuka secara tiba-tiba di tengah malam.[1] Pada bulan Januari 2014, Proofpoint, Inc. mengumumkan bahwa mereka telah menemukan “botnet” besar yang menginfeksi sebuah kulkas yang terhubung dengan internet, serta sejumlah perabotan rumah tangga lain, dan kemudian mengirim lebih dari 750.000 surel mencurigakan.[2] Pada bulan Agustus 2015, Pen Test Partners menemukan kerentanan pada kulkas internet Samsung RF28HMELBSR yang dapat digunakan untuk mencuri data pribadi milik pemilik kulkas di Gmail.[3]

Dukungan[sunting | sunting sumber]

Pada akhir tahun 2014, sejumlah pemilik kulkas internet Samsung mengeluh bahwa mereka tidak dapat masuk ke dalam akun Google Calendars miliknya, karena Google telah menghentikan API kalender pada awal tahun, namun Samsung belum menyediakan pembaruan ke kulkas.[4][5]

Contoh[sunting | sunting sumber]

Budaya populer[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Harrison, Linda (21 June 2000). "Fridges to be hit by Net viruses". The Register. Diakses tanggal 23 October 2016. 
  2. ^ "Fridge sends spam emails as attack hits smart gadgets". BBC News. 17 January 2014. Diakses tanggal 23 October 2016. 
  3. ^ Neagle, Colin (26 August 2015). "Smart refrigerator hack exposes Gmail account credentials". Network World. Diakses tanggal 23 October 2016. 
  4. ^ Limer, Eric (9 December 2015). "Hilarious Tech Support Thread Reveals the True Horror of a Smart Home". Popular Mechanics. Diakses tanggal 23 October 2016. 
  5. ^ Franceschi-Bicchierai, Lorenzo (11 December 2015). "Smart Fridge Only Capable of Displaying Buggy Future of the Internet of Things". Motherboard. Diakses tanggal 23 October 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]