Anime dan manga anak-anak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kodomo manga)

Manga anak-anak (子供向け漫画, Kodomo-muke manga) dan anime anak-anak (子供向けアニメ, Kodomo-muke anime), merupakan istilah Jepang yang secara harfiah berarti "manga (atau "anime") yang ditujukan untuk anak-anak". Manga anak-anak yang juga dikenal dengan kata "kodomo", atau "anak".[1] Ceritanya sering kali mengandung pesan moral, mengajarkan anak-anak bagaimana berperilaku yang baik dan memperhatikan orang-orang dan membantu mereka untuk tetap di jalan yang benar dalam hidupnya. Serinya pada umumnya berdiri sendiri, atau tidak berepisode. Doraemon oleh Fujiko F. Fujio adalah salah satu contoh yang paling menonjol untuk demografi manga/anime.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Genre ini dimulai pada akhir abad ke-19 dengan produksi manga pendek, sekitar 15 halaman, yang dicetak di majalah. Manga pendek ini dibuat sebagai bagian dari upaya di Era Meiji untuk mendorong pertumbuhan literasi di kalangan remaja Jepang. Tonggak utama dalam popularitas animasi Jepang adalah penciptaan Astro Boy, oleh Osamu Tezuka, yang sering dianggap sebagai bapak animasi Jepang.[3]

Anime dan manga anak-anak dapat dibagi menjadi empat kategori. Kategori pertama adalah anime dan manga adaptasi dari cerita Barat. Salah satu contohnya adalah World Masterpiece Theater. Sebagian besarnya adalah adalah serial televisi. Meskipun populer, mereka kurang mewakili anime tradisional Jepang. Sebaliknya, mereka mencontoh kartun klasik Amerika atau Soviet.

Kategori kedua adalah unik bagi Jepang. Ini adalah manga adaptasi dan karya asli. Mereka menggunakan bahasa lelucon dan tidak memiliki referensi ke dalam masyarakat Jepang dan mungkin sulit untuk memahami bagi pembaca non-Jepang. Mereka yang dalam beberapa hal mirip dengan animasi Amerika seperti South Park atau The Simpsons. Contoh Chibi Maruko-chan. Dalam alur cerita, karya-karya ini mengandung unsur shonen.

Kategori ketiga adalah anime lucu, populer di kalangan gadis-gadis remaja. Contohnya adalah Hello Kitty. Kategori lain yang lebih dekat ke shōnen adalah Pokémon. Acara ini memiliki koneksi dengan permainan video dan pasar mainan populer, dan yang paling sukses secara komersial.[4]

Majalah CoroCoro Comic, pertama kali diterbitkan oleh Shogakukan, menargetkan anak-anak muda, terutama di sekolah dasar. Comic Bonbon Kodansha juga menerbitkan manga anak-anak. Kedua majalah ini dirilis bulanan di Jepang. Manga anak-anak populer ini juga diciptakan kembali sebagai anime dan disertai dengan sejumlah barang dagangan. Meskipun ditujukan untuk anak-anak, anime dan manga anak-anak juga populer di kalangan pemirsa yang lebih tua. Demikian pula anime shōjo, seperti Tokyo Mew Mew atau Shugo Chara, juga populer di kalangan pra-remaja.[5]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Shogakukan Manga Award dan Kodansha Manga Award Tahunan masing-masing mengkategorikan untuk manga anak-anak.[6][7] Penghargaan Shogakukan Manga pertama termasuk kategori untuk manga anak-anak pada tahun 1981. Penghargaan Kodansha Manga juga memiliki kategori untuk manga anak-anak.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Shōnen: manga yang ditujukan untuk anak laki-laki
  • Shōjo: manga yang ditujukan untuk gadis-gadis muda
  • Seinen: manga yang ditujukan untuk pria dewasa
  • Josei: manga yang ditujukan untuk wanita dewasa
  • Myungrang manhwa: komik Korea yang ditujukan untuk anak-anak

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kodomo". Anime News Network. Diakses tanggal September 2, 2012. 
  2. ^ Thompson, Jason. Manga: The Complete Guide. Del Rey Manga. 
  3. ^ Zagzoug, Marwah. "The History of Anime & Manga". nova online. C.T. Evans. Diakses tanggal March 2, 2015. 
  4. ^ "10.3 — Кодомо-аниме" (dalam bahasa Rusia). Diarsipkan dari versi asli tanggal September 10, 2014. Diakses tanggal February 27, 2013. 
  5. ^ "Kodomo Genere". Jappleng University. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-03-27. Diakses tanggal March 26, 2014. 
  6. ^ "57th Shogakukan Manga Awards". Shogakukan. Diakses tanggal September 2, 2012. 
  7. ^ "36th Kodansha Manga Award". Kodansha. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-01-02. Diakses tanggal September 2, 2012.