Klub Pekerja (karya Rodchenko)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Klub Pekerja adalah sebuah karya seniman, pematung, dan desainer Soviet yaitu Alexander Rodchenko[1], salah satu pendiri konstruktivisme. Dibuat pada tahun 1925 di interior Paviliun Uni Soviet di Paris dalam rangka Pameran Dunia. Komposisi ini dimaksudkan oleh penciptanya sebagai model ruang yang optimal untuk pendidikan mandiri dan rekreasi budaya, termasuk untuk bermain catur.[2]

Klub Pekerja
Rusia: Рабочий клуб
Dua kursi saling berhadapan dan meja di tengah-tengahnya
SenimanAlexander Rodchenko
Tahun1925
Ukuran112 cm × 178 cm (44 in × 70 in)
LokasiGrand Palais, Paris, Prancis

Eksposisi Klub Pekerja di Paris membangkitkan minat yang besar baik dari para seniman maupun masyarakat umum. Setelah pameran berakhir, perabotan yang membentuk Klub Pekerja diserahkan kepada pimpinan Partai Komunis Prancis. Saat ini, nasibnya tidak diketahui dan komposisinya dianggap hilang.

Sejak pertengahan abad ke-20, beberapa rekonstruksi elemen individu Klub dan komposisi secara keseluruhan telah dilakukan di berbagai negara. Salinan yang paling lengkap dan akurat dibuat pada tahun 2021 oleh spesialis dari Akademi Seni Negeri Moskwa berdasarkan proyek asli Alexander Rodchenko dengan penggunaan alat dan teknologi yang ada pada waktu yang relevan.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pada pertengahan 1920-an, Alexander Rodchenko, salah satu pendiri konstruktivisme sudah menjadi sosok yang diakui dan bergengsi di beberapa bidang seni. Selain lukisan, grafik, patung, dan fotografi, ia meraih prestasi dalam penciptaan struktur geometri dan desain interior sehingga menjadi salah satu desainer Soviet pertama.

Ketika bergabung di Institut Vkhutemas pada tahun 1923, Rodchenko terpilih sebagai dekan fakultas pengerjaan logam dan 2 tahun kemudian, ia bergabung sebagai dekan fakultas pengerjaan kayu di Institut Dermetefak.[3] Prestasi Rodchenko, otoritasnya di lingkaran kreatif domestik dan reputasi positif di mata kepemimpinan negara berkontribusi pada fakta bahwa ia diundang untuk ikut serta dalam persiapan eksposisi Soviet di Pameran Internasional Seni Dekoratif dan Industri Modern, yang diadakan di Paris dari akhir April hingga akhir Oktober 1925.[4]

Persiapan partisipasi dalam pameran ini sangat dipentingkan oleh pemerintah karena Uni Soviet akan berpartisipasi untuk pertama kalinya dalam acara internasional yang sedemikian besar semacam ini. Sementara itu, waktu yang dialokasikan untuk organisasi sektor pameran Soviet ternyata sangat singkat, karena hubungan diplomatik dengan Prancis baru terjalin pada Oktober 1924 atau 6 bulan sebelum pembukaan pameran.

Rodchenko yang termasuk dalam komite pameran dan mengambil posisi wakil ketua komite seleksi, memainkan peran penting dalam memilih proyek untuk paviliun pameran Uni Soviet, maka preferensi diberikan pada karya arsitek Konstantin Melnikov. Setelah kompetisi selesai dan pekerjaan konstruksi dimulai, Rodchenko dikirim ke Paris untuk menghias eksposisi Soviet. Ini justru ia yang memilih skema warna gedung paviliun bingkai 2 lantai: kombinasi kontras merah, putih dan abu-abu.

Penciptaan dan karakteristik utama[sunting | sunting sumber]

Paviliun Soviet di Pameran Dunia Paris tahun 1925

Sebagai elemen kunci dari interior paviliun Soviet, Rodchenko menyusun desain ruangan yang dianggapnya ideal untuk pendidikan mandiri kolektif dan hiburan budaya proletariat perkotaan yakni sebuah klub pekerja. Ribuan institusi dengan nama ini, yang oleh Leon Trotski disebut sebagai "penempa budaya massa proletar", diciptakan pada periode itu di kota-kota Uni Soviet bersamaan dengan ruang baca yang dibuka di pedesaan.

Klub pekerja memiliki karakter multifungsi, memungkinkan untuk mengadakan acara propaganda dan pendidikan, untuk memutar film dan pertunjukan panggung, untuk memperkenalkan pekerja perusahaan industri dengan kesusasteraan dan permainan intelektual. Pada tahun 1924-1928, Lembaga Proletkult bahkan menerbitkan jurnal ″Klub Pekerja″, yang memberikan dukungan konseptual untuk pekerjaan lembaga-lembaga dengan nama yang sama.[5]

Desain pameran Klub Pekerja dikembangkan oleh Rodchenko pada minggu-minggu menjelang perjalanan ke Paris, dengan bantuan para siswanya dari Vkhutemas. Proyek ini sepenuhnya mewujudkan pandangan penciptanya dengan gaya konstruktivis. Prinsip-prinsip utama yang dipandu oleh Rodchenko ketika membuat karya ini kemudian diuraikan setelah selesainya pameran dalam majalah Arsitektur Modern oleh istri dan rekan kreatifnya yang namanya Varvara Stepanova. Persyaratan utama untuk proyek ini tak begitu estetis yang sebagaimana tertulis:

Pertama: Penghematan dalam penggunaan lantai persegi ruang klub dan menghemat ruang yang ditempati oleh benda pada beban tertinggi, penggunaan maksimumnya.

Kedua: Kemudahan penggunaan suatu hal dan standaritas suatu hal, jika perlu memperluas atau meningkatkan nilai kuantitatif bagian-bagian individualnya.

Varvara Stepanova tentang prinsip-prinsip menciptakan "Klub Pekerja"

Berdiri dari "Klub Pekerja" dengan drum yang berputar. Direnovasi pada tahun 2021.

Atas putusan Rodchenko semua perabotan Klub Pekerja dibuat dari kayu. Pada bulan Maret-April 1925, perabotan itu dibuat sesuai dengan gambar dan sketsa Rodchenko yang dibawa dari Moskwa di sebuah pabrik furnitur di pinggiran kota Paris, Asnières-sur-Seine. Pada saat yang sama, menurut memoar dari Varvara Stepanova, tak semua dari apa yang semula direncanakan dapat diproduksi, tenggat waktu yang ketat dan anggaran yang sederhana sektor.[6]

Seperti yang direncanakan oleh Rodchenko, semua elemen yang membentuk dekorasi Klub Pekerja ternyata tak hanya sangat kompak dan tanpa elemen dekoratif, tetapi juga sefungsional mungkin dan kebanyakan dari mereka memiliki beberapa opsi tata letak yang memungkinkan mereka untuk melakukan beberapa tugas yang diterapkan sekaligus.

Konsepsi ini tercermin paling nyata dalam elemen komposisi yang paling penting, yaitu instalasi lipat multifungsi yang disebut ″koran hidup″. Transformasinya ditentukan oleh sifat acara yang diadakan di klub dengan bantuan beberapa manipulasi yang memakan waktu beberapa detik saja. Alhasil struktur rak berengsel ringan dapat diubah menjadi podium untuk pertunjukan, layar film, dinding untuk poster, peta geografis atau pemandangan teater yang lebarnya dapat diubah sesuai kebutuhan.

Instalasi multifungsi terletak di dekat salah satu dinding ruangan, sedangkan bagian tengah komposisi ditempati oleh dua meja. Yang pertama meja panjang yang dirancang untuk rapat, menulis, dan membaca. Di setiap sisinya dipasang enam kursi tanpa sandaran tangan dengan punggung bingkai tinggi yang memiliki palang atas setengah lingkaran. Meja itu terdiri dari dua bagian dan dapat dibongkar menjadi dua meja pendek yang masing-masing dirancang untuk enam orang. Selain itu, konfigurasi meja lipat memungkinkan untuk secara instan meningkatkan lebarnya dua atau tiga kali.

Yang kedua adalah meja catur; Rodchenko menganggap catur sebagai elemen tak terpisahkan dari rekreasi budaya dan alat penting untuk perkembangan intelektual proletariat. Permukaan meja yang dia buat bisa berbalik untuk memberi pemain kesempatan untuk mengubah warna potongan di awal permainan baru, tanpa bangun dari meja. Dua kursi untuk pemain catur memiliki sandaran tangan, punggung persegi panjang yang terbuat dari empat papan vertikal sejajar dengan palang atas lurus. Alas kaki persegi panjang tempat mereka dipasang tertutup persis di bawah tengah meja catur.

Wajah ujung dudukan dengan pegangan untuk memutar drum. Direnovasi pada tahun 2021.

Selain itu, komposisinya termasuk dua rak buku dengan lima baris permukaan miring tanpa kaca dan laci di tingkat bawah, yang dapat diubah menjadi meja atau lemari kecil. Elemen interior lainnya adalah stand eksposisi dengan desain khusus: tiga drum berputar secara heksagonal-horizontal yang dipasang di dalamnya dan memungkinkan untuk mendemonstrasikan berbagai materi visual secara bergantian.

Interiornya dilengkapi dengan poster yang digantung di dinding oleh Rodchenko sendiri dan potret foto Vladimir Lenin[7] dengan fragmen yang diperbesar dari foto yang diambil pada 16 Oktober 1918 saat berjalan-jalan di sekitar Kremlin bersama Vladimir Bruyevich, dimana pemimpin Soviet pertama digambarkan setengah berubah dalam pertumbuhan dua pertiga.

Ruangan itu dibagi menjadi zona-zona fungsional, yang ditandai oleh Rodchenko dengan warna dinding yang beda serta tulisan diatasnya: “Klub pekerja", "Iklan”, “Perpustakaan”, dan “Lenin”. Karena prasasti terakhir di beberapa sumber Barat, ciptaan Rodchenko ini tercatat sebagai ″Klub Pekerja Lenin″.

Untuk desain warna klub, cat enamel merek Ripolin digunakan, yang sangat populer di kalangan desainer Eropa pada periode itu. Komposisi warna adaah merah-putih-abu-abu kontras yang umum untuk paviliun pameran Soviet. Rodchenko membuat satu-satunya pengecualian ketika ia ciptakan meja catur: ia menggunakan warna hitam untuk mewarnai bagian gelap, bidang gelap papan dan salah satu kursi. Bagian kedua dari bidak, bidang dan kursi kedua di papan catur berwarna merah.

Persepsi dan nasib lebih lanjut dari pekerjaan[sunting | sunting sumber]

Desain Klub Pekerja selesai hanya pada bulan kedua Pameran Dunia Paris tepatnya pada 01 Juni 1925.[8] Selama beberapa hari berikutnya sebelum pembukaan paviliun Soviet, Klub digemari oleh sejumlah warga Soviet yang berada di Paris selama periode ini, yang dimaksudkan untuk tujuan pertemuan dan membaca. Ini sepenuhnya sesuai dengan konsep penciptanya, yang sejak awalnya menekankan keinginan untuk membuat bukan hanya suatu barang pameran, tetapi juga ruang fungsional yang diinginkan orang.

Salah satu bagian meja dengan bagian atas lipat dan satu set kursi. Direnovasi pada tahun 2021.

Nah, klub sudah siap, saya mengirim sejumlah fotonya. Benar, kelihatannya sangat sederhana dan bersih dan cerah sehingga orang tidak bisa tidak mengotori di dalamnya. Semuanya ripolin mengkilap, kebanyakan warnanya putih, merah, abu-abu. Setiap hari orang Rusia naik ke sana dan membaca majalah dan buku, terlepas dari kenyataan bahwa pintu masuknya ditutup dengan tali.

Sepucuk surat dari Alexander Rodchenko kepada istrinya pada tanggal 01 Juni 1925.

Paviliun Soviet yang secara resmi dibuka pada 10 Juni, segera menarik perhatian yang meningkat dari elit kreatif dan masyarakat umum. Penampilan luar dan interior bangunan dalam ukuran yang sama, bagaimanapun kontras dengan gaya megah dari kebanyakan paviliun lain yang kemudian disebut art deco dan membuat kesan yang luar biasa dengan orisinalitasnya dan kebaruan dari solusi teknis dan artistik yang sesuai.

Nilai tinggi diberikan kepadanya, khususnya oleh master seni Eropa yang diakui seperti Fernand Léger dan Le Corbusier. Yang terakhir, sebagai pencipta kompleks "Semangat Baru" — salah satu paviliun yang terbesar di pameran itu — mengatakan bahwa paviliun Soviet adalah satu-satunya yang patut dilihat.

Diketahui bahwa Fernand Léger, Pablo Picasso dan Theo van Doesburg menyatakan keinginan mereka untuk berkenalan dengan perancang paviliun Soviet, tetapi Alexander Rodchenko menahan diri untuk tak bertemu dengan rekan-rekan asing terkemuka: menurut anggota delegasi Soviet, alasannya sifatnya yang cenderung isolasi dan rasa malu, serta ketidaktahuannya bahasa asing.

Ulasan kritikus Barat tentang Klub Pekerja menekankan mobilitas dan fungsionalitas objeknya, kemampuan mereka untuk berubah, bentuk minimalis yang inovatif, dan performa warna yang tak biasa. Selanjutnya kritikus seni mencatat bahwa karya Rodchenko ini menjadi salah satu kartu panggil konstruktivisme dalam desain dan memiliki pengaruh yang sangat besar pada pengikut arah ini.

Rak buku dari Klub. Direnovasi pada tahun 2021.

Laporan terperinci tentang karya Rodchenko diterbitkan oleh koresponden majalah Soviet ″Klub Pekerja″ yang disebutkan diatas, yang diakreditasi di pameran. Artikelnya tak hanya menekankan kenyamanan dan keekonomisan komposisi, tetapi juga menekankan perbedaan reaksi perwakilan berbagai kalangan masyarakat Prancis terhadap proyek ini:

Menurut para ahli, serta pers Prancis, yang dipaksa untuk menghargai pencapaian kami, peralatan klub kerja teladan ini sangat ekonomis, ringan, terbuka, dan mobile serta yang paling penting dibangun dengan biaya yang minimal. Kelihatannya secara keseluruhan adalah contoh kenyamanan dan kemanfaatan.

Tempat klub pekerja dikunjungi oleh banyak orang; banyak yang memandang peralatannya sebagai rasa ingin tahu, yang lain mendengus, para arsitek dan seniman mempertimbangkan setiap detail; tetapi para pekerja Prancis yang mengunjungi klub dalam kelompok besar melihatnya dengan cara yang sama sekali berbeda. ″Bagaimanapun, klub ini juga adalah klub kami″ — segini salah satu pekerja merumuskan ide umum dan dengan penuh kasih membelai instalasi untuk koran dinding.

Klub Pekerjajuga mendapat pengakuan resmi: pada akhiran pameran, Karya Rodchenko itu dianugerahi medali perak. Pada saat yang sama, penghargaan terpisah dengat tingkat yang sama diberikan kepada empat poster oleh Rodchenko yang ditampilkan dalam ruangan Klub.

Setelah pameran selesai, paviliun Uni Soviet, seperti kebanyakan bangunan lain yang didirikan untuk acara ini dapat dibongkar. Pimpinan delegasi Soviet memutuskan untuk tak mengangkut Klub itu ke tanah air mereka, tetapi untuk disumbangkan ke Partai Komunis Prancis. Diketahui bahwa untuk beberapa waktu suite Rodchenko terletak di markas besar FKP dan digunakan untuk tujuan yang dimaksudkan. Namun dimasa depan jejaknya hilang dan seiring waktu pekerjaan itu diakui hilang.

Rekonstruksi karya[sunting | sunting sumber]

Meja catur dengan bidak yang dirancang oleh Alexander Nikolayevich. Direnovasi pada tahun 2021.

Sejak pertengahan abad ke-20, ketika hilangnya Klub Buruh menjadi nyata, di berbagai negara seperti Britania Raya, Spanyol, Belanda, Finlandia, Prancis, Uni Soviet, dan Amerika Serikat ada upaya yang berulang kali untukme rekonstruksikan karya Rodchenko itu — sepenuhnya atau paling sedikit sebagiannya. Pertama kali set sepenuhnya diciptakan kembali pada tahun 1979 oleh spesialis Pusat Georges Pompidou untuk pameran Paris-Moskwa.

Selanjutnya, rekonstruksi ini dipamerkan di Grand Palais dan di museum berbagai kota di Prancis. Belakangan ini setidaknya tiga rekonstruksi Klub yang lebih lengkap diketahui secara luas. Namun dengan kesamaan yang tak diragukan dari set yang baru dibuat atau fragmen individualnya dengan aslinya, dalam semua kasus inkonsistensi tertentu ditemukan dalam hal proporsi, bahan, warna, dan tekstur hasil akhir.

Pada tahun 2008, pembuat furnitur Jerman melakukan rekonstruksi Klub untuk pameran From Plane to Space yang diadakan di museum Staatliche Kunsthalle Baden-Baden. Diakhir pameran ini, set tersebut disumbangkan ke Galeri New Tretyakov di Rusia dan menjadi bagian dari pameran permanennya. Dibandingkan dengan semua rekonstruksi sebelumnya, ciptaan itu diakui sebagai salinan Klub yang paling lengkap dan akurat.

Namun penelitian selanjutnya oleh spesialis Rusia mengungkapkan sejumlah perbedaan antara karya desainer Jerman dan karya asli Rodchenko. Yang paling penting adalah nuansa cat dan nuansa kontur furnitur: pada item set dibuat di Jerman pada 2008, sudut dan tepinya terlihat bulat, sedangkan di set Rodchenko mereka berupa setajam mungkin bahkan pada bagian internal objek.

Perbedaan terakhir tampaknya sangat signifikan bagi sejarawan seni, karena sudut dan tepi yang tajam dianggap sebagai elemen penting estetika konstruktivis. Menurut para ahli dari Moskwa, perbedaan ini setidaknya sebagian disebabkan oleh fakta bahwa set Jerman itu dibuat menggunakan bahan dan alat modern — yaitu dari papan serat pada mesin CNC yang dilengkapi dengan pemotong bundar.

Alexander Lavrentyev, cucu Alexander Rodchenko.
Andrey Filatov, Presiden Federasi Catur Rusia

Pada tahun 2021 rekonstruksi Klub Pekerja yang lengkap dan paling akurat dilaksanakan untuk pertama kalinya di Moskwa. Pekerjaan ini dilakukan oleh spesialis dan mahasiswa dari fakultas Departemen Desain Perabotan di Akademi Seni Stroganov, penerus Institut Vkhutemas dan Institut Dermetefak yang pernah dipimpin oleh Rodchenko dengan dukungan keuangan dan organisasi dari Presiden Federasi Catur Rusia, pendiri Yayasan Seni Russe yaitu Andrey Filatov.

Rekonstruksi didahului oleh proses penelitian yang panjang, dimana gambar dan sketsa cat air yang dibikin oleh Rodchenko pada tahun 1925 dipelajari secara keseluruhan, beberapa diantaranya disimpan di departemen dan beberapa di arsip oleh keluarga cucu Rodchenko yaitu Alexander Lavrentyev. Untuk memastikan perkiraan maksimum dengan aslinya, departemen Stroganov hanya menggunakan bahan-bahan seperti kayu solid dan kayu lapis, serta alat dan teknologi yang dimiliki oleh produsen Klub Pekerja pada pertengahan 1920-an.

Meja catur di set yang dibuat ulang dilengkapi dengan satu set bidak catur kayu dalam gaya konstruktivisme, yang dirancang oleh Lavrentiev pada tahun 1976. Tim yang melaksanakan rekonstruksi dipandu oleh ide tak hanya menciptakan Klub Rodchenko dengan akurasi maksimum, tetapi juga memastikan nasibnya di masa depan sesuai dengan tujuan praktis aslinya — bukanlah sebagai pameran museum, tetapi penggunaan aktif sebagai tempat untuk pendidikan mandiri dan rekreasi budaya.

Sebagai hasil dari pekerjaan yang diselesaikan pada November 2021, Klub Pekerja diciptakan kembali dalam dua salinan. Salah satunya tetap di departemen Stroganov yang menjalani rekonstruksi, supaya bisa digunakan oleh guru dan siswa untuk kelas dan rekreasi. Salinan lain diangkut ke Prancis dan ditempatkan di gedung rumah anggur Château La Grace-de-Prière di Saint-Émilion, yang dibangun oleh arsitek Prancis yaitu Jean Nouvel. Disana juga digunakan untuk tujuan yang dimaksudkan untuk rekreasi budaya para pekerja di kilang anggur.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wolfe, Ross (2014-05-29). "Aleksandr Rodchenko, Lenin workers' club in Paris (1925)". The Charnel-House (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-09. 
  2. ^ "Пролетарский эксклюзив". expert.ru. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  3. ^ "МЕТАЛЛООБРАБАТЫВАЮЩИЙ, ДЕРЕВООБДЕЛОЧНЫЙ, ДЕРМЕТФАК > ВХУТЕМАС". ВХУТЕМАС (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2022-09-09. 
  4. ^ "«Рабочий клуб» Александра Родченко реконструирован со всеми острыми углами". The Art Newspaper Russia (dalam bahasa Rusia). 2021-12-01. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  5. ^ "В Третьяковке открылись выставки Владимира Татлина и Александра Родченко". The Village (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2022-09-09. 
  6. ^ "РАБОЧИЙ КЛУБ А.М. РОДЧЕНКО ДЛЯ МЕЖДУНАРОДНОЙ ВЫСТАВКИ 1925 ГОДА В ПАРИЖЕ | ОБЪЕКТЫ". vma.muar.ru. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  7. ^ "Фотография. В.И. Ленин с В.Д. Бонч-Бруевичем во дворе Кремля на прогулке по выздоровлению после ранения." Музей В. И. Ленина (dalam bahasa Rusia). 2020-11-05. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  8. ^ "Рабочий клуб: ежемесячный журнал. - Москва : Всероссийский пролеткульт, 1924―1928". e-catalog.nlb.by (dalam bahasa Russian). 1924. Diakses tanggal 2022-09-09.