Kilau (mineralogi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kilau atau kilap (bahasa Inggris: lustre) adalah cara cahaya berinteraksi dengan permukaan kristal, batu, atau mineral. Kata ini berasal dari bahasa Latin lux, yang berarti "cahaya", dan secara umum menyiratkan cahaya yang dipantulkan (radiance), kilau, atau kecemerlangan.

Berbagai istilah digunakan untuk mendeskripsikan kilau, seperti seperti tanah, metalik, berminyak, dan seperti sutra. Demikian pula, istilah vitreous (terj. har. "seperti kaca", berasal dari bahasa Latin untuk kaca, vitrum) mengacu pada kilau seperti kaca. Daftar istilah-istilah ini diberikan di bawah ini.

Kilau bervariasi pada suatu kontinum yang luas, sehingga tidak ada batasan yang kaku di antara berbagai jenis kilau. (Untuk alasan ini, sumber yang berbeda sering kali dapat menggambarkan mineral yang sama secara berbeda. Ambiguitas ini semakin diperumit oleh kemampuan kilau yang sangat bervariasi dalam spesies mineral tertentu). Istilah-istilah tersebut sering digabungkan untuk menggambarkan jenis kilau menengah (misalnya, kilau "berminyak seperti kaca").

Beberapa mineral menunjukkan fenomena optik yang tidak biasa, seperti asterisme (tampilan area bercahaya berbentuk bintang) atau katoyansi (tampilan pita bercahaya, yang tampak bergerak saat spesimen diputar). Daftar fenomena tersebut diberikan di bawah ini.

Istilah umum[sunting | sunting sumber]

Intan potong

Kilau adamantin[sunting | sunting sumber]

Mineral adamantin memiliki kilau superlatif,[butuh klarifikasi] yang terlihat terutama pada intan.[1] Mineral semacam ini transparan atau tembus cahaya, dan memiliki indeks bias tinggi (sebesar 1,9 atau lebih).[2] Mineral dengan kilau adamantin sejati jarang ditemukan, dengan contohnya meliputi kerusit, zirkon, dan zirkonia kubik.[2]

Mineral dengan tingkat kilau yang lebih rendah (tetapi masih relatif tinggi) disebut sebagai subadamantin, dengan beberapa contohnya adalah garnet dan korundum.[1]

Opal

Kilau berminyak[sunting | sunting sumber]

Mineral berminyak menyerupai lemak atau minyak. Kilau berminyak sering terjadi pada mineral yang mengandung banyak inklusi mikroskopis, dengan contohnya meliputi opal, kordierit, dan jadeit.[2] Banyak mineral dengan kilau berminyak juga terasa berminyak saat disentuh.[3]

Kaolinit

Kilau kusam[sunting | sunting sumber]

Mineral kusam (atau seperti tanah) menunjukkan sedikit kilau atau tidak ada sama sekali, karena adanya butiran kasar yang menyebarkan cahaya ke segala arah, mendekati reflektor Lambert. Salah satu contohnya adalah kaolinit.[4] Kadang-kadang terdapat perbedaan antara mineral kusam dan mineral seperti tanah,[5] dengan mineral seperti tanah lebih kasar dan memiliki kilau yang lebih sedikit.

Giok

Kilau lilin[sunting | sunting sumber]

Mineral lilin memiliki kilau yang menyerupai lilin. Beberapa contohnya meliputi giok[6] and kalsedoni.[7]

Pirit

Kilau metalik[sunting | sunting sumber]

Mineral metalik (atau berseri) memiliki kilau seperti logam yang dipoles, dan dengan permukaan ideal akan berfungsi sebagai permukaan reflektif. Beberapa contohnya meliputi galena,[8] pirit,[9] dan magnetit.[10]

Muskovit

Kilau mutiara[sunting | sunting sumber]

Mineral mutiara terdiri dari lembaran-lembaran koplanar transparan yang tipis. Cahaya yang dipantulkan dari lapisan-lapisan ini memberikan kilau yang mengingatkan kita pada mutiara.[11] Mineral semacam ini memiliki belahan, dengan contohnya adalah muskovit dan stilbit.[2]

Ambar

Kilau resin[sunting | sunting sumber]

Mineral resin memiliki penampilan seperti resin, permen kunyah, atau plastik (yang permukaannya halus). Contoh utamanya adalah ambar, yang merupakan bentuk resin fosil.[12]

Kuarsa

Kilau seperti kaca[sunting | sunting sumber]

Mineral seperti kaca (vitreous) memiliki kilau seperti kaca. (Istilah bahasa Inggris berasal dari bahasa Latin untuk kaca, vitrum.) Jenis kilau ini adalah salah satu yang paling sering terlihat,[11] dan terjadi pada mineral transparan atau tembus cahaya dengan indeks bias yang relatif rendah.[2] Contoh yang umum meliputi kalsit, kuarsa, topaz, beril, turmalin, dan fluorit, serta lainnya.

Sfalerit

Kilau submetalik[sunting | sunting sumber]

Mineral submetalik memiliki kilau yang mirip dengan logam, tetapi lebih kusam dan kurang reflektif. Kilauan submetalik sering terjadi pada mineral yang nyaris buram dengan indeks bias yang sangat tinggi,[2] seperti sfalerit, sinabar, antrasit, dan kuprit.

Variasi spar satin dari gipsum

Kilau sutra[sunting | sunting sumber]

Mineral sutra memiliki susunan paralel serat yang sangat halus,[2] memberikan kilau yang menyerupai sutra. Beberapa contohnya meliputi asbestos, uleksit dan berbagai jenis spar satin dari gipsum. Kilau berserat memiliki kemiripan, tetapi memiliki tekstur yang lebih kasar.

Fenomena optik[sunting | sunting sumber]

Safir

Asterisme[sunting | sunting sumber]

Asterisme adalah tampilan area bercahaya berbentuk bintang. Asterisme terlihat pada beberapa safir dan rubi, yang disebabkan oleh pengotor rutil.[7][13] Asterisme juga dapat terjadi pada garnet, diopsida, dan spinel.

Aventurin

Aventuresensi[sunting | sunting sumber]

Aventuresensi (atau aventurisasi) adalah efek pantulan seperti bubuk kerlip. Efek ini muncul dari trombosit mineral yang sangat kecil dan berorientasi khusus di dalam suatu bahan. Trombosit ini sangat banyak sehingga mereka juga mempengaruhi warna tubuh bahan tersebut. Pada kuarsa aventurin, fuksit yang mengandung krom menghasilkan batu berwarna hijau dan berbagai besi oksida menghasilkan batu berwarna merah.[7]

Iridesensi[sunting | sunting sumber]

Iridesensi adalah 'permainan' atau 'tembakan' cahaya berwarna pelangi yang disebabkan oleh struktur atau lapisan yang sangat tipis dan teratur di bawah permukaan batu permata. Mirip dengan lapisan tipis minyak di atas air, lapisan-lapisan ini mengganggu sinar cahaya yang dipantulkan, memperkuat beberapa warna dan meniadakan warna lainnya. Iridesensi terlihat paling baik pada batu opal yang berharga.[14]

Mata harimau

Katoyansi[sunting | sunting sumber]

Mineral katoyan menampilkan pita bercahaya, yang tampak bergerak saat spesimen diputar. Mineral semacam ini tersusun atas serat paralel (atau mengandung rongga atau inklusi berserat), yang memantulkan cahaya ke arah yang tegak lurus terhadap orientasinya, sehingga membentuk pita cahaya yang sempit. Contoh yang paling terkenal adalah mata harimau dan simofan, tetapi efeknya juga dapat terjadi pada mineral lain seperti biduri laut, biduri bulan, dan turmalin.

Aleksandrit

Perubahan warna[sunting | sunting sumber]

Perubahan warna paling sering ditemukan pada aleksandrit, salah satu varietas batu permata krisoberil. Permata lainnya juga memiliki variasi perubahan warna, yang meliputi (tetapi tidak terbatas pada) safir, garnet, dan spinel. Aleksandrit menampilkan perubahan warna yang bergantung pada cahaya, bersama dengan pleokroisme yang kuat. Permata ini dihasilkan dari penggantian skala kecil aluminium oleh kromium oksida, yang bertanggung jawab atas perubahan warna hijau ke merah yang khas dari aleksandrit. Aleksandrit dari Pegunungan Ural di Rusia memiliki warna hijau pada siang hari dan merah pada cahaya pijar. Varietas aleksandrit lainnya mungkin berwarna kekuningan atau merah muda di siang hari dan berwarna merah kolumbin atau rasberi pada cahaya pijar. Perubahan warna yang optimal atau "ideal" adalah hijau zamrud halus menjadi merah keunguan halus, tetapi perubahan ini jarang terjadi.

Labradorit

Schiller[sunting | sunting sumber]

Schiller (bahasa Jerman, terj. har. "kelip") adalah iridesensi logam yang berasal dari bawah permukaan batu yang terjadi ketika cahaya dipantulkan di antara lapisan-lapisan mineral. Schiller dapat terlihat pada biduri bulan dan labradorit serta sangat mirip dengan adularesensi dan aventuresensi.[15]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b GIA Gem Reference Guide. Gemological Institute of America. 1995. ISBN 0-87311-019-6. 
  2. ^ a b c d e f g Duda, Rudolf; Rejl, Lubos (1990). Minerals of the World. Arch Cape Press. ISBN 0-517-68030-0. 
  3. ^ "Emporia State University: GO 340 Gemstones & Gemology: Visual Properties". Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Juni 2011. Diakses tanggal 30 Januari 2024. 
  4. ^ "Webmineral: Kaolinite Mineral Data". Diakses tanggal 30 Januari 2024. 
  5. ^ Hankin, Rosie (1998). Rocks, Crystals & Minerals. Quintet Publishing. ISBN 1-86155-480-X. 
  6. ^ "Emporia State University: GO 340 Gemstones & Gemology: Jade". Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Juni 2011. Diakses tanggal 30 Januari 2024. 
  7. ^ a b c Bonewitz, Ronald Louis (2005). Rock and Gem. Dorling Kindersley. hlm. 152–153. ISBN 0-7513-4400-1. 
  8. ^ "Webmineral: Galena Mineral Data". Diakses tanggal 30 Januari 2024. 
  9. ^ "Webmineral: Pyrite Mineral Data". Diakses tanggal 30 Januari 2024. 
  10. ^ "Webmineral: Magnetite Mineral Data". Diakses tanggal 30 Januari 2024. 
  11. ^ a b "Optical properties of Rocks and Minerals". Diakses tanggal 30 Januari 2024. 
  12. ^ "Webmineral: Amber Mineral Data". Diakses tanggal 30 Januari 2024. 
  13. ^ Emsley, John (2001). Nature's Building Blocks: An A-Z Guide to the Elements. Oxford University Press. hlm. 451–53. ISBN 0-19-850341-5. 
  14. ^ G., Read, Peter (2008). Gemmology (edisi ke-3). London: N.A.G. ISBN 9780719803611. OCLC 226280870. 
  15. ^ Shipley, Robert M. (2007). Dictionary of gems and gemology. Read Books. hlm. 93. ISBN 978-0-87311-007-5.