Turmalin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Turmalin

Turmalin adalah kristal silikat dengan unsur-unsur mineral seperti aluminium, besi, magnesium, natrium, litium, atau kalium. Turmalin diklasifikasikan sebagai semi-batu berharga.

Turmalin berasal dari bahasa Sinhalaturamali” atau “toramalli” yang berarti batu permata Sri lanka.

Kristal ini memiliki dua sifat, yaitu : pyroelectricity (piro-elektrik) dan piezoelectricity (pizo-elektrik). Piro-elektrik adalah kondisi dimana Turmalin membawa muatan positif dan negatif dibawah suhu yang berbeda. Pizo-elektrik adalah arah vertikal turmalin yang bertemu pada 2 ujung dan menghasilkan muatan negatif. Muatan negatif tersebut akan diserap oleh molekul di udara dan berubah menjadi ion negatif.

Geologi[sunting | sunting sumber]

Batu turmalin memiliki gabungan chemical dari boron, silicate dan alumunium. Warna indah dari batu turmalin ini kebanyakan berasal dari chrome, besi, vanadium dan manganese, bisapun tembaga. Komposisi batu turmalin ini termasuk rumit, kompleks dan tidak mudah dimengerti. Batu turmalin mempunyai nilai keras 7.5 berdasarkan daftar keras Mohs membuat batu turmalin termasuk ke dalam batu mulia, mereka menempati di urutan ke lima setelah batu intan, corundum, chrysoberyl dan topaz.

Orang Cina sering memadukan batu turmalin dengan batu giok (jade) untuk sebuah perhiasan. Salah satu ciri khas dari batu turmalin adalah jika digosok dengan tangan maka batu itu akan dapat menarik benda-benda kecil seperti potongan kertas atau gabus.

Batu turmalin banyak ditemukan di Brazil, California, Pakistan, Afghanistan, Afrika Timur, Madagascar, Srilanka dan Rusia.

Warna[sunting | sunting sumber]

Batu turmalin sering disebut sebagai batu bunglon karena batu turmalin beraneka ragam warnanya termasuk hitam dan putih namun yang paling dikenal biasanya yang berwarna merah muda. Ada pula yang terdapat beberapa macam warna sekaligus seperti warna pelangi. Batu turmalin bukan hanya indah warnanya tapi juga dipercayai dapat menstimulasi imajinasi. Jika dipanaskan warna batu ini akan berubah-ubah dan akhirnya akan menjadi suram dan kilauannya yang bening seperti kaca akan hilang.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Nama-nama batu turmalin dikategorikan sesuai dengan warnanya:

  • Warna merah dan pink = rubellite
  • Warna biru = indicolite / indigolite
  • Warna hijau = verdelite
  • Warna kuning = dravit
  • Warna hitam = schorl
  • Tak berwarna = achroit

Referensi[sunting | sunting sumber]