Fluorit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Fluorite berasal dari fluo noun Latin, yang berarti sungai atau aliran air. Dalam kata kerja bentuk ini fluor atau fluere, yang berarti mengalir. Mineral ini digunakan sebagai fluks dalam peleburan besi untuk mengurangi viskositas terak. Titik leleh kalsium fluorida adalah 1676 K. fluks Istilah berasal dari kata benda fluxus Latin, mencuci atau arus air. The fluorit mineral yang pada awalnya disebut fluorospar dan pertama kali dibahas di media cetak di 1530 pekerjaan Bermannus, sive de re metallica dialogus (Bermannus; atau dialog tentang sifat logam), berdasarkan Georgius Agricola, sebagai mineral terkenal karena kegunaannya sebagai fluks. Agricola, seorang ilmuwan Jerman dengan keahlian dalam filologi, pertambangan, dan metalurgi, bernama fluorspar sebagai Neo latinisasi dari Flussespar Jerman dari Flusse (stream, sungai) dan "Spar" (berarti mineral bukan logam mirip dengan gipsum, spærstān, batu tombak, mengacu pada proyeksi kristalnya). 

Pada tahun 1852 fluorit memberi nama menjadi fenomena fluoresensi, yang menonjol dalam fluorites dari lokasi tertentu, karena kotoran tertentu dalam kristal. Fluorite juga memberikan nama untuk fluor unsur konstitutif. Saat ini, kata "fluorspar" ini paling sering digunakan untuk fluorit sebagai komoditas industri dan kimia, sementara "fluorit" digunakan mineralogically dan dalam kebanyakan indra lainnya.

Cadangan dunia dari fluorit diperkirakan mencapai 230 juta ton (Mt) dengan deposit terbesar berada di Afrika Selatan (sekitar 41 Mt), Meksiko (32 Mt) dan China (24 juta ton). China memimpin produksi dunia dengan sekitar 3 juta ton per tahun (tahun 2010), diikuti oleh Meksiko (1,0 juta ton), Mongolia (0.45 Mt), Rusia (0.22 Mt), Afrika Selatan (0.13 Mt), Spanyol (0.12 Mt) dan Namibia (0.11 Mt).

Fluorit [CaF] ( juga disebut fluor- tiang kapal) adalah suatu mineral yang terdiri atas kalsium fluoride, CaF2. Mineral Fluorit adalah suatu mineral yang sifat kristalnya isometrik dengan bentuk kubus, meskipun octahedral dan format isometrik lebih rumit tidaklah luar biasa. Kelahiran kembar Kristal adalah umum dan menambahkan kompleksitas kepada mengamati kebiasaan kristal. Fluorit mempunyai warna bening atau putih, warna ungu, biru, biru kehijau – hijauan, hijau, kuning, kuning kecoklat-coklatan, merah muda, atau merah. Fluorit juga mempunyai kekerasan 4, berat jenis 3,18, dengan kilau seperti kaca dan belahannya yang sempurna (111), mempunyai daya larut sedikit di dalam air. Fluorit [CaF] boleh terjadi sebagai persediaan di dalam pembuluh, terutama dengan mineral metalik, di mana sering merupakan bagian dari gangue ( yang tidak berharga ” host-rock” di mana mineral menjadi berharga) dan mungkin berhubungan dengan galena, sphalerite, barit, kwarsa, dan kalsit. Fluorit merupakan suatu mineral umum di dalam persediaan hydrothermal asal dan telah menjadi catatan sebagai mineral utama di dalam granit dan batuan beku lain dan sebagai unsur pelengkap dolostone umum dan batu gamping. Mineral fluorit terdapat di daerah Negara Jerman, Austria, Inggris, Norwegia, Meksiko, Switzerland, Ontario di Canada dan ddi wilayah Amerika Serikat.

Klasifikasi

Fluorite sangat mudah untuk mengidentifikasi jika Anda mempertimbangkan belahan dada, kekerasan dan berat jenis. Ini adalah satu-satunya mineral umum yang memiliki empat arah belahan dada yang sempurna, sering melanggar menjadi potongan-potongan dengan bentuk sebuah segi delapan. Itu juga merupakan mineral yang digunakan untuk kekerasan empat di Kekerasan Skala Mohs. Akhirnya, ia memiliki berat jenis 3,2 yang detectably lebih tinggi daripada kebanyakan mineral lainnya.

Meskipun warna ini tidak properti dapat diandalkan untuk identifikasi mineral, karakteristik ungu, hijau dan kuning tembus penampilan transparan fluorit adalah petunjuk visual langsung untuk mineral.

Fisik Properties dari Fluorite :

-Klasifikasi Kimia halida

-Warna biasanya ungu, hijau dan kuning. Juga tidak berwarna, biru, merah dan hitam.

-Streak putih

-Luster vitreous

-Diaphaneity transparan untuk tembus

-Pembelahan empat arah belahan dada yang sempurna

-Mohs Hardness 4

-Berat Jenis 3.2

-Diagnostik Properti pembelahan, kekerasan, berat jenis, warna

-Komposisi kimia CaF2 .

Deskripsi

Fluorit, CaF2

Sistem Cristal : Isometrik.

Warna            : Sangat bervariasi, dapat tak-berwarna, kuning anggur, hijau, biru kehijauan, biru lembayung, putih, abu-abu, biru-langit, hitam keniruan, atau coklat.

Goresan         : Putih.

Belahan dan pecahan : {111} sempurna

Kekerasan     : 4

Berat jenis      : 3,18 

Genesis : Terbentuk melalui proses hidrotermal, dan dijumpai dalam urat-urat, baik sebagi mineral utama maupun sebagai mineral geng bersama mineral-mineral bijih metalik, khususnya timbal dan perak. Umumnya dalam dolomit dan batugamping ; dan dapat pula terbentuk pada lingkungan batuan beku dan pegmatit. Berasosiasi dengan beberapa mineral, antara lain kalsit, dolomit, gipsum, selestit, barit, kuarsa, galena, sfalerit, kasiterit, topas, turmalin, dan apatit.

Fungsi dan Kegunaan

Fluorite memiliki berbagai macam kegunaan. Penggunaan utama adalah dalam metalurgi, keramik dan industri kimia; Namun, optik, lapidary dan kegunaan lain juga penting. Fluorspar, nama yang digunakan untuk fluorit ketika dijual sebagai bahan massal atau dalam bentuk olahan, dijual dalam tiga kelas yang berbeda (asam, keramik dan metalurgi).

Asam Kelas Fluorspar

Asam kelas fluorspar adalah bahan kemurnian tinggi yang digunakan oleh industri kimia. Ini berisi lebih dari 97% CaF2. Sebagian besar fluorspar yang dikonsumsi di Amerika Serikat adalah kelas asam bahkan jika digunakan dalam aplikasi kelas yang lebih rendah. Hal ini digunakan terutama dalam industri kimia untuk memproduksi asam fluorida (HF). HF tersebut kemudian digunakan untuk memproduksi berbagai produk yang meliputi: bahan kimia fluorocarbon, agen busa bertiup, pendingin dan berbagai bahan kimia fluoride.

Keramik Kelas Fluorspar

Keramik kelas fluorspar mengandung antara 85% dan 96% CaF2. Banyak dari materi ini digunakan dalam pembuatan kaca khusus, keramik dan enamel. Fluorspar digunakan untuk membuat glasir dan perawatan permukaan yang menghasilkan permukaan mengkilap keras, permukaan terbuat dr batu baiduri dan sejumlah penampilan lain yang membuat benda-benda kaca konsumen lebih menarik atau lebih tahan lama. Permukaan memasak non-stick yang dikenal sebagai Teflon dibuat menggunakan fluorine berasal dari fluorit.

Metallurgical Kelas Fluorspar

Metalurgi kelas fluorspar mengandung antara 60 dan 85% CaF2. Banyak dari materi ini digunakan dalam produksi besi, baja dan logam lainnya. Fluorspar dapat berfungsi sebagai fluks yang menghilangkan kotoran seperti belerang dan fosfor dari logam cair dan meningkatkan fluiditas terak. Antara 20 dan 60 pon fluorspar digunakan untuk setiap ton logam yang diproduksi. Di Amerika Serikat produsen banyak logam menggunakan fluorspar yang melebihi kelas metalurgi.

Optical Kelas Fluorite

Spesimen fluorit dengan kejelasan optik yang luar biasa telah digunakan sebagai lensa. Fluorite memiliki indeks bias yang sangat rendah dan dispersi yang sangat rendah. Kedua karakteristik memungkinkan lensa untuk menghasilkan gambar yang sangat tajam. Hari ini, daripada menggunakan kristal fluorit alami untuk memproduksi lensa ini, kemurnian tinggi fluorit dilebur dan dikombinasikan dengan bahan lain untuk menghasilkan sintetik "fluorit" lensa berkualitas lebih tinggi. Lensa ini digunakan dalam peralatan optik seperti mikroskop, teleskop dan kamera.

Lapidary Kelas Fluorite

Spesimen fluorit dengan warna yang luar biasa dan kejelasan yang sering digunakan oleh lapidaries untuk memotong batu permata dan membuat objek hias. Spesimen berkualitas tinggi dari fluorit membuat batu faceted indah; Namun, mineral itu begitu lembut dan memotong begitu mudah bahwa batu tersebut bisa dijual sebagai spesimen kolektor atau digunakan dalam perhiasan yang tidak akan dikenakan dampak atau abrasi. Fluorite juga dipotong dan diukir menjadi objek hias seperti patung-patung kecil dan vas. Ini sering diperlakukan dengan lapisan atau impregnasi untuk meningkatkan stabilitas mereka dan melindungi mereka dari goresan.