Keunggulan absolut (hubungan internasional)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Keunggulan absolut dalam teori hubungan internasional liberal adalah sesuatu yang dicari para pelaku internasional dalam menentukan kepentingan pribadinya dan menimbang dampak total sebuah keputusan terhadap negara atau organisasi dan menanggapinya dengan baik. Kepentingan pelaku internasional tidak hanya terkait kekuasaan, tetapi juga dampak ekonomi dan budaya dari aksi-aksi mereka. Teori ini juga terkait dengan permainan hasil (non-zero-sum-game) yang menyatakan bahwa melalui keunggulan komparatif, semua negara yang memiliki hubungan damai dan perdagangan dapat memperbanyak kekayaannya.

Ini berbeda dengan teori yang menerapkan keunggulan relatif. Teori tersebut menjelaskan tindakan negara yang berkaitan dengan keseimbangan kekuasaan tanpa mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti ekonomi. Keunggulan relatif terkait dengan permainan tanpa hasil (zero-sum game) yang menyatakan bahwa kekayaan tidak bisa diperbanyak, dan satu-satunya cara agar negara bisa memperkaya diri adalah dengan mengambil kekayaan negara lain.

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Powell, Robert (December 1879). "Absolute and Relative Gains in International Relations Theory". The American Political Science Review. American Political Science Association. 85 (4): 1303-1320. JSTOR 3738224.