Kereta Maglev Shanghai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Shanghai Maglev Train
上海磁浮示范运营线
150px
A maglev train coming out, Pudong International Airport, Shanghai.jpg
Maglev train coming out of the Pudong International Airport in Shanghai
Info
JenisPengambangan magnetis
Jumlah jalur1
Jumlah stasiun2
Operasi
Dimulai2004 (komersial)
OperatorShanghai Maglev Transportation Development Co., Ltd.
Teknis
Panjang sistem30,5 km (18,95 mi)

Kereta Maglev Shanghai atau Shanghai Transrapid adalah kereta magnet levitasi, atau jalur maglev yang beroperasi di Shanghai, Tiongkok. Jalur ini adalah yang pertama yang dioperasikan secara komersial dari sebuah garis levitasi magnetik berkecepatan tinggi di dunia.

Pembangunan jalur dimulai pada 1 Maret, 2001[1] dan layanan komersial publik dimulai tanggal 1 Januari 2004. Kecepatan komersial operasional kereta ini adalah 431 km/h (268 mph), sehingga menjadi kereta tercepat di dunia dalam layanan komersial biasa sejak pembukaannya pada bulan April 2004. Selama uji coba non-komersial pada tanggal 12 November 2003, sebuah kereta maglev tercacat kecepatan di Tiongkok sampai 501 km/h (311 mph).[2] Shanghai Maglev memiliki panjang 153m, lebar 3.7m, ketinggian dari 4.2m dan tiga kelas dengan 574 konfigurasi penumpang.[3]

Jalur kereta ini dirancang untuk menghubungkan Bandar Udara Internasional Pudong Shanghai dan pinggiran pusat Pudong dimana penumpang bisa beralih ke Metro Shanghai untuk melanjutkan perjalanan mereka ke pusat kota. Menghabiskan dana $ 1,2 milyar untuk membangun.[4] Rangkaian kereta dibangun oleh perusahaan secara patungan dari Siemens dan ThyssenKrupp di Kassel. Track (guideway) dibangun oleh perusahaan Tiongkok lokal yang sebagai akibat dari kondisi tanah aluvial dari daerah Pudong, harus menyimpang dari desain trek asli dengan menyesuaikan satu kolom setiap 50 meter menjadi satu kolom setiap 25 meter, untuk memastikan bahwa guideway memenuhi kriteria stabilitas dan presisi. Beberapa ribu tiang pancang beton ditanam hingga 70 meter untuk mencapai stabilitas pondasi. Sebuah fasilitas pemantau iklim dibangun di samping kanan garis untuk memandu pembangunan. Fasilitas pengendali iklim dibangun di samping kanan garis untuk mendukung jalannya pemandu pembangunan.

Elektrifikasi kereta dikembangkan oleh VAHLE, Inc.[5] Dua sistem maglev komersial mendahului sistem Shanghai: Birmingham Maglev di Inggris dan Berlin M-Bahn. Keduanya beroperasi di kecepatan rendah dan ditutup sebelum pembukaan Kereta Maglev Shanghai.

Kereta diresmikan pada tahun 2002 oleh Kanselir Jerman, Gerhard Schröder, dan Perdana Menteri China, Zhu Rongji.[6]

Jalur ini bukan merupakan bagian dari jaringan Shanghai Metro, yang beroperasi sebagai layanan sendiri untuk Pudong Airport dari pusat Shanghai dan dari Longyang Road Station.

Latar[sunting | sunting sumber]

Denah rute Shanghai Maglev

Jalur ini membentang dari stasiun jalan Longyang di Pudong ke Bandara Internasional Pudong; Stasiun Bandara Internasional Pudong menyediakan transfer ke Jalur 2, tapi stasiun Longyang Road menyediakan akses ke Jalur 2 dan Jalur 7. Pada kecepatan penuh, perjalanan memakan waktu 7 menit dan 20 detik untuk menyelesaikan jarak 30 km 30 km (18,6 mi),[7] meskipun beberapa kereta di pagi hari dan sore hari memakan waktu tambahan sekitar 50 detik lagi. Sebuah kereta bisa mencapai kecepatan 350 km/h (217 mph) dalam 2 menit, dengan kecepatan maksimum operasi normal dari 431 km/h (268 mph) dapat dicapai setelahnya.

Hans-Dieter Bott, wakil presiden Siemens yang memenangkan kontrak untuk membangun jalur kereta api, menyatakan bahwa "Transrapid memandang garis Shanghai, dimana perjalanan akan berlangsung hanya memakan waktu delapan menit, sebagian besar sebagai alat penjualan. Ini berfungsi sebagai demonstrasi bagi China untuk menunjukkan bahwa ini dapat juga bekerja dan dapat digunakan untuk jarak yang lebih jauh, seperti Shanghai ke Beijing".[8] Namun, keputusan itu akhirnya membuat untuk melaksanakan Beijing-Shanghai Kecepatan Tinggi Kereta Api dengan teknologi berkecepatan tinggi konvensional. Rencana perpanjangan maglev yang pendek dari Longyang Road to Hangzhou, Maglev Jalur Shanghai-Hangzhou, telah ditangguhkan.

Spekulasi bahwa jalur baru akan dibangun dari Shanghai menuju Beijing pada tahun 2002. Ini akan menempuh jarak sejauh 800 mil, dengan perkiraan biaya sebesar £ 15.5bn.[6] Kepala eksekutif dari ThyssenKrupp, Dr Ekkehard Schulz mengatakan dia yakin bahwa tidak hanya Jerman, tapi banyak negara akan mengikuti contoh di Tiongkok. Pemerintah Jerman bersama dengan perusahaan pilihan di Jerman berusaha untuk memenangkan lebih banyak proyek untuk teknologi maglev mereka, dan menekankan bahwa kereta antara Shanghai dan ibukota Tiongkok, Beijing kemungkinan akan dikerjakan. Namun, tidak ada proyek yang terlihat terungkap pada 2014.[9]

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Kabin standard pada tahun 2009

Proyek Shanghai Transrapid mengambil ¥ 10000000000 (US $ 1.33bn) dan dua setengah tahun untuk menyelesaikan. Garis membentang 30,5 km (18,95 mi) jalur dan memiliki track terpisah lebih lanjut yang mengarah ke fasilitas perawatan.

Perpanjangan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Januari 2006, proyek perluasan Maglev jalur Shanghai-Hangzhou Maglev diusulkan oleh Biro Administrasi Perencanaan Kota Shanghai. Perpanjangan akan melanjutkan garis yang ada menuju Bandara Internasional Shanghai Hongqiao, berjalan melalui Stasiun Kereta Api Selatan Shanghai dan situs Expo 2010, dengan kelanjutan mungkin menuju Hangzhou. Ekstensi akan memungkinkan mentransfer antara dua bandara-terletak 55 km (34 mi), terpisah sekitar 15 menit.

Rencana perpanjangan ke Hangzhou pertama kali disetujui oleh pemerintah pusat pada bulan Februari 2006, dengan tanggal yang direncanakan penyelesaian pada tahun 2010. Kerja dihentikan pada tahun 2008, karena protes publik khawatir karena radiasi[10] meskipun penilaian lingkungan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Lingkungan Shanghai mengatakan jalur ini aman dan tidak akan mempengaruhi kualitas udara dan air, dan polusi suara bisa dikendalikan.[11] Menurut China Daily, seperti dilansir dari Harian Rakyat online 27 Februari 2009, pemerintah kota Shanghai sedang mempertimbangkan bangunan bawah tanah jalur maglev untuk menghilangkan ketakutan publik akan polusi elektromagnetik dan keputusan akhir maglev jalur bawah tanah harus disetujui oleh komisi Pembangunan Nasional dan Reformasi.

Persetujuan lain diberikan pada bulan Maret 2010, dengan konstruksi yang akan dimulai pada akhir 2010.[12] Jalur baru menjadi panjang 199,5 km (124 mi), 24 km (15 mi) lebih lama dari rencana semula. Kecepatan maksimal diharapkan menjadi 450 km/h (280 mph) tetapi terbatas pada 200 km/h (124 mph) di daerah yang banyak bangunan.

Namun, pada bulan Oktober 2010 kereta kecepatan tinggu non-maglev antara Shanghai-Hangzhou dibuka, membawa waktu perjalanan antara dua kota menjadi hanya 45 menit. Rencana untuk jalur Maglev akhirnya ditangguhkan kembali.[13]

Insiden[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 11 Agustus 2006, kompartemen kereta Maglev terbakar di jam 14:40, setelah meninggalkan Bandara Internasional Pudong ke arah Pudong Longyang Road Station. Tidak ada korban luka. Laporan awal menunjukkan bahwa masalah listrik mungkin menjadi penyebabnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chronicle of Events, Shanhai Maglev Transportation Development Co., Ltd.
  2. ^ Shanghai Maglev Train
  3. ^ http://magnetbahnforum.de/index.php?en_faf_transrapid_sha
  4. ^ Kevin, Coates (November 2004). "Fast Tracks: Building The Shanghai Maglev". Civil Engineering. U.S. Diakses tanggal 6 February 2014. 
  5. ^ "VAHLE Chronicle" (PDF). Vahle Konkret Special: Chronicle of a Century. Paul Vahle GmbH & Co. May 2012. hlm. 9. Diakses tanggal 31 December 2012. 
  6. ^ a b "China claims train blue riband". Diakses tanggal 27 December 2014. 
  7. ^ "Shanghai Maglev GPS Tracking"
  8. ^ McDonald, Joe (January 23, 2001). "Germans win bid to build China's futuristic rail link". The Independent. London. Diakses tanggal May 23, 2010. 
  9. ^ "Shanghai welcomes high speed train". Cnn business. Diakses tanggal 27 December 2014. 
  10. ^ "Report: China suspends work on magnetic levitation train over radiation fears". International Herald Tribune. 
  11. ^ "Hundreds protest Shanghai maglev rail extension". Reuters. Jan 12, 2008. 
  12. ^ "Report: Maglev extension given green light". Shanghai Daily. 
  13. ^ "Report: Maglev link plan is suspended". Shanghai Daily. January 19, 2011. Diakses tanggal February 16, 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]