Karpet merah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Presiden Joko Widodo menyambut Raja Salman dari Arab Saudi saat tiba di Bandara Halim Perdanakusuma

Karpet merah (Inggris: red carpet) adalah tradisi yang digunakan untuk menandai rute laluan kepala negara pada acara-acara seremonial dan formal. Beberapa dekade terakhir, karpet merah juga diperuntukan bagi para naratama serta selebritas di acara-acara formal.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lucy Liu di pemutaran perdana Kung Fu Panda 2.

Sejarah awal yang diketahui tentang berjalan melintasi karpet merah adalah dalam pertunjukan Agamemnon karya Aeschylus, yang ditulis pada tahun 458 SM.[1]

Karpet oriental dalam lukisan Renaisans sering kali menampilkan permadani atau karpet berpola dan biasanya berwarna merah sebagai warna latar utama. Permadani tersebut biasa diletakkan di tangga singgasana atau di mimbar tempat penguasa atau tokoh suci.

Sebuah karpet merah dibentangkan ke sungai untuk menyambut kedatangan presiden Amerika Serikat James Monroe pada tahun 1821.[2] Pada tahun 1902, Kereta Api Pusat New York mulai menggunakan karpet merah tua yang mewah untuk lintasan penumpangnya menuju kereta 20th Century Limited. Hal tersebut diyakini sebagai asal mula istilah "perlakuan karpet merah".[3]

Pada akhir 1920-an, karpet merah identik dengan Hollywood dan pemutaran perdana film. Penggunaan karpet merah pada pemutaran perdana film Hollywood dilakukan pertama kali pada pemutaran perdana Robin Hood tahun 1922 yang dibintangi oleh Douglas Fairbanks. Selama beberapa dekade kemudian, karpet merah menjadi salah satu dari sedikit tempat publik dimana masyarakat dapat sekilas melihat selebritas terkenal seperti Clark Gable, Jimmy Stewart, dan Grace Kelly.[4]

Karpet merah Acedemy Awards 2009

Pada tahun 1961, karpet merah diperkenalkan pada pagelaran Academy Awards di Auditorium Santa Monica Civic. Pada tahun 1964, pihak penyiar merekam dari luar tempat tersebut, menunjukkan kedatangan para tamu saat mereka keluar dari limusin dan berjalan menuju gedung. Sejak saat itu, karpet merah menjadi titik fokus yang diakui secara global bagi para aktor dan aktris untuk tampil megah dan memamerkan diri di Oscar.[4]

Acara publisitas[sunting | sunting sumber]

Karpet merah juga digunakan dalam acara gala selebritas seperti Academy Awards, Golden Globe Awards, Grammy Awards, Met Gala, dan BAFTA. Sementara penghargaan berlangsung di dalam gedung, sebagian besar publisitas dan kegembiraan terjadi di luar dengan jurnalis mendiskusikan pakaian karpet merah bintang tamu, karya desainer yang dikenakan, dengan fotografer mengambil gambar mereka. Karpet merah saat ini juga menjadi tempat penempatan produk internasional yang sangat penting bagi industri mode. Karpet merah sering kali digabungkan dengan latar belakang publisitas yang berisi lambang merek untuk keperluan fotografi.[5]

Eleni Foureira di karpet biru Eurovision 2018.

Karpet dengan warna lain juga dapat menggantikan warna merah dalam beberapa kasus untuk alasan tertentu atau untuk acara yang disponsori. Seperti halnya "karpet hijau" untuk mempromosikan kesadaran lingkungan atau karpet oranye untuk Nickelodeon Kids' Choice Awards dimana disesuaikan dengan identitas warna Nickelodeon.[6] MTV menggunakan karpet berwarna biru untuk Video Music Awards.[7][8] Pada tahun 2019, pemutaran perdana film Detective Pikachu menggunakan karpet kuning yang senada dengan warna Pikachu.[9] Begitu pula dengan pemutaran perdana Sonic the Hedgehog menggunakan karpet berwarna biru.[10] Di Penghargaan Akademi ke-95, penyelenggara memilih warna sampanye sebagai bagian dari upaya mencerminkan "acara siang ke malam". Hal ini merupakan pertama kalinya Akademi menggunakan warna lain selain merah sejak karpet merah diperkenalkan.[11] American Music Awards 2022 menggunakan karpet hitam.

Di sejumlah negara seperti Afrika Selatan dan Filipina, karpet merah digelar untuk anggota parlemen dan tamu lain yang memasuki sesi bersama, memungkinkan pertunjukan mode bagi para politisi.

Frase[sunting | sunting sumber]

Secara umum, "perlakuan karpet merah" dan "menggelar karpet merah" biasanya merujuk pada upaya khusus yang dilakukan untuk kepentingan keramahtamahan.

Ruang tunggu maskapai[sunting | sunting sumber]

Maskapai penerbangan United Airlines menyediakan ruang tunggu bandara di bandara-bandara besar yang sebelumnya dikenal sebagai "Red Carpet Clubs".[12]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Aeschylus (26 Juli 1973). The Oresteian Trilogy. Diterjemahkan oleh Vellacott, Philip. Penguin UK. ISBN 978-0-14-190629-4. OCLC 1004977950. 
  2. ^ "A brief history of Georgetown County". 
  3. ^ Henderson, Amy. "What is the Origin of Hollywood's Red Carpet?". smithsonianmag.com. 
  4. ^ a b Baker, Lindsay (22 Februari 2016). "Where does the red carpet come from?". BBC News. 
  5. ^ Jeff Schear (11 Oktober 2010). "Red Carpet Misconceptions". Chicago Now. Diakses tanggal 2 April 2015. 
  6. ^ Carly Ledbetter (28 Maret 2015). "Kids' Choice Awards 2015 Orange Carpet Style Was Brighter Than Ever". Huffington Post. Diakses tanggal 2 April 2015. 
  7. ^ "Astra on the 2016 MTV Video Music Awards "White Carpet"". newyork.cbslocal.com. Diakses tanggal 12 Juni 2017. 
  8. ^ "9 Cutest Couples on the MTV VMAs' 'White' Carpet". Entertainment Tonight. Diakses tanggal 12 Juni 2017. 
  9. ^ Silliman, Brian (3 Mei 2019). "Talking favorite Pokémon, sequel hopes on Detective Pikachu's yellow carpet". SYFY WIRE. 
  10. ^ D'Alessandro, Anthony (17 Februari 2020). "'Sonic The Hedgehog' Breaks Video Game Pic Opening Record With $70M & Reps 4th-Best Presidents' Weekend Debut – Monday Update". Deadline. premiere on the Paramount lot featuring games and activities for kids on a blue carpet. 
  11. ^ Gardner, Chris (10 Maret 2023). "Oscars 2023: Why the Red Carpet Isn't Actually Red". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 12 Maret 2023. 
  12. ^ "United Club".