20th Century Limited

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
20th Century Limited
20th Century Limited yang efisien berangkat dari Chicago untuk uji coba pada bulan Juni 1938
Informasi umum
StatusDihentikan
Mulai beroperasi17 Juni 1902
Terakhir beroperasi2 Desember 1967
PenerusLake Shore Limited
Operator sebelumnyaNew York Central Railroad
Lintas pelayanan
Stasiun awalNew York
Stasiun akhirChicago
Frekuensi perjalananHarian
Peta rute
Templat:20th Century Limited

20th Century Limited adalah kereta penumpang ekspres di New York Central Railroad (NYC) dari tahun 1902 hingga 1967. Kereta tersebut melakukan perjalanan antara Grand Central Terminal di New York City dan Stasiun LaSalle Street di Chicago, Illinois, di sepanjang "Rute Ketinggian Air" rel kereta tersebut. ".

NYC meresmikan 20th Century Limited sebagai pesaing Pennsylvania Railroad, yang ditujukan untuk pelancong kelas atas dan bisnis. Itu membuat beberapa stasiun berhenti di sepanjang jalan dan menggunakan track pan untuk mengambil air dengan cepat. Pada tanggal 15 Juni 1938, rangkaian kereta api efisien yang dirancang oleh Henry Dreyfuss ditambahkan ke rute tersebut.

20th Century Limited adalah kereta andalan New York Central dan diiklankan sebagai "Kereta Paling Terkenal di Dunia". Kereta ini dijelaskan di The New York Times sebagai "[...] yang dikenal oleh para penggemar kereta api selama 65 tahun sebagai kereta terhebat di dunia", dan gayanya digambarkan sebagai "sangat diremehkan". Ungkapan "perlakuan karpet merah" berasal dari penumpang yang berjalan menuju kereta di atas karpet merah yang dirancang khusus.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Umum
Spesifik

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait 20th Century Limited di Wikimedia Commons

  • Greatest Highway in the World Gutenberg.org e-book version of The Greatest Highway in the World: Historical, Industrial and Descriptive Information of the Towns, Cities and Country passed through between New York and Chicago via The New York Central Lines (c. 1921)