Lompat ke isi

Kalender suryacandra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kalender lunisolar)

Kalender bulan-matahari, kalender suryacandra, kalender kamariah-syamsiah, atau kalender lunisolar adalah sebuah kalender yang menggunakan fase bulan sebagai acuan utama namun juga menambahkan pergantian musim di dalam perhitungan tiap tahunnya. Kalender ini biasanya ditandai dengan adanya bulan-bulan kabisat beberapa tahun sekali ataupun berturut-turut. Dengan demikian, jumlah bulan dalam satu tahun dapat mencapai 12 sampai 13 bulan.

Perbandingan dengan kalender lunar dan solar[sunting | sunting sumber]

Perayaan yang dapat dipindahkan dalam kalender Gregorian[sunting | sunting sumber]

Kalender Gregorian (yang paling umum digunakan di dunia) adalah kalender matahari tetapi gereja-gereja Kristen Barat menggunakan algoritme berbasis bulan untuk menentukan tanggal Paskah dan konsenkuesi perayaan-perayaan yang dapat dipindahkan.[1] Secara singkat, tanggal ditentukan sehubungan dengan bulan purnama gerejawi yang mengikuti equinoks gerejawi di bulan Maret. (Peristiwa ini hampir, tapi tidak sama persis, dengan pengamatan astronomi yang sebenarnya.) Gereja-gereja Kristen Timur memiliki algoritme serupa yang didasarkan pada kalender Julian.

Kalender Islam[sunting | sunting sumber]

Kalender Islam adalah kalender lunar yang tepat 12 bulan, tetapi bukan kalender lunisolar karena penanggalannya tidak berhubungan dengan Matahari; mitra suryanya adalah kalender Solar Hijriah, yang dimulai pada equinoks Maret sebagaimana ditentukan oleh perhitungan astronomi dan digunakan di Iran dan Afghanistan.

Daftar kalender lunisolar[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar kalender lunisolar yang diurutkan berdasarkan keluarga.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Richards 2013, p. 583, 592, §15.4.