Kalender Mesir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bagian dari kalender hieroglif di kalender Kuil Kom Ombo, menampilkan transisi dari Bulan XII ke Bulan I tanpa menyebutkan lima hari tambahan sebagai kabisatnya.
Dewi langit Nut dan manusia-manusia yang melambangkan bintang dan rasi bintang pada peta bintang yang ada di makam Ramses VI.

Kalender Mesir kuno - kalender sipil - adalah kalender matahari dengan 365 hari setahun. Satu tahun terdiri dari tiga musim yang masing-masing musim terdiri dari 120 hari (total 360 hari), ditambah dengan 5 hari kabisat di luar tahun itu. Setiap musim dibagi menjadi empat bulan, yang terdiri dari 30 hari per bulannya. Dua belas bulan ini awalnya diberi nomor dalam setiap musimnya tetapi kemudian diganti dengan nama-nama festival utama mereka. Setiap bulan dibagi menjadi tiga periode 10-hari yang dikenal sebagai dekan atau dekade. Dikatakan bahwa selama Dinasti ke-19 dan ke-20 Mesir, dua hari terakhir dari setiap dekan/dekade adalah semacam akhir pekan untuk zaman sekarang, di saat itu para pengrajin kerajaan bebas dari pekerjaannya. Orang-orang Mesir tampaknya telah menggunakan kalender lunar murni sebelum terbentuknya kalender sipil matahari ini.[1][2]

Kalender hieroglif di Elefantin.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Parker (1950), hlm. 30-2.
  2. ^ Høyrup, hlm. 13.