Lompat ke isi

Kahitutan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kahitutan
Lasianthus Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
KerajaanPlantae
DivisiTracheophyta
OrdoGentianales
FamiliRubiaceae
GenusLasianthus Edit nilai pada Wikidata
Jack, 1823
Tata nama
Sinonim taksonTemplat:Genus list[1]
Species
About 260 species. See text.

Lasianthus atau kahitutan dalah genus tumbuhan berbunga dalam keluarga Rubiaceae . Mereka adalah subsemak tropis, semak, atau jarang, pohon kecil. Mereka mendiami tumbuhan bawah hutan primer .

Lasianthus memiliki sekitar 180 spesies . Jenis spesies untuk genus ini adalah Lasianthus cyanocarpus[2] Pada tahun 2012, revisi Lasianthus di Malesia mendeskripsikan 131 spesies. [3] Sekitar 30 spesies lainnya tumbuh di tempat lain di Asia tropis . [4] Sebagian besar dijelaskan dalam Flora of China [5] atau dalam A Revised Handbook to the Flora of Ceylon . [6] 14 atau 15 spesies berasal dari Ghats Barat di barat daya India, termasuk Lasianthus agasthyamalayanus yang endemik. [7] Lima belas spesies [8] atau mungkin sebanyak 20 spesies [9] diketahui berasal dari Afrika tropis . Dua spesies ( Lasianthus panamensis dan Lasianthus lanceolatus ), [10] atau mungkin tiga, berasal dari daerah neotropis . [8] Lasianthus strigosus, dari Queensland, adalah satu-satunya spesies yang diketahui dari Australia . Ixora baileyana Australia pernah ditempatkan di Lasianthus sebagai Lasianthus graciliflorus . [11]

Spesimen Lasianthus kering sering kali menggugurkan bunga dan buahnya. Oleh karena itu, kesalahan identifikasi sering terjadi, bahkan pada herbaria .

Nama Lasianthus telah salah diterapkan pada Lisianthius (juga dieja sebagai " Lisianthus " atau " Lisyanthus " [12] ), sebuah genus di Gentianaceae . Lasianthus alatus Aublet adalah salah ejaan dari Lisyanthus alatus Aublet, spesies yang kini ditempatkan di Chelonanthus .

 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lasianthus Jack". Plants of the World Online. Royal Botanic Gardens, Kew. Diakses tanggal 2023-03-15. 
  2. ^ Lasianthus In: Index Nominum Genericorum.
  3. ^ Hua Zhu, Marco C. Roos, and Colin E. Ridsdale.
  4. ^ Debendra B. Deb and Mohan G. Gagnopadhyay.
  5. ^ Hua Zhu and Charlotte M. Taylor.
  6. ^ Colin E. Ridsdale.
  7. ^ Jagadeesan Raveendran, Sam Paul Mathew, Gangaprasad Appukuttannair, and Ettickal Sukumaran Santhosh Kumar Lasianthus agasthyamalayanus (Rubiaceae), a New Species from the Southern Western Ghats, Kerala, India," Annales Botanici Fennici 55(1–3), 87-91, (1 May 2018).
  8. ^ a b David J. Mabberley.
  9. ^ Bernard Verdcourt.
  10. ^ Elmar Robbrecht.
  11. ^ Laurie G. Adams, Diane M. Bridson, and Elmar Robbrecht.
  12. ^ Lena Struwe.