Rubiaceae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Rubiaceae
Luculia gratissima.jpg
Luculia gratissima
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk): Angiosperms
(tidak termasuk): Eudicots
(tidak termasuk): Asterids
Ordo: Gentianales
Famili: Rubiaceae
Juss.
Tipe genus
Rubia
L.
Subkeluarga
Sinonim

lihat teks

Rubiaceae adalah salah satu suku tumbuhan berbunga. Menurut Sistem Klasifikasi APG II suku ini termasuk dalam bangsa Gentianales.

Suku ini terdiri atas pepohonan, perdu, liana, atau herbal yang tumbuh di atas tanah. Termasuk di dalamnya sejumlah tumbuhan penghasil alkaloid penting seperti kafeina (dalam kopi yang dihasilkan dari beberapa jenis Coffea) dan kinina (dari kulit batang Cinchona). Anggota penting lainnya adalah gambir (Uncaria; tanaman aromatik), soka (Ixora; tanaman hias), dan mengkudu (Morinda; tanaman obat).

Sistem APG II memasukkan beberapa suku kecil (seperti Dialypetalanthaceae, Henriqueziaceae, Naucleaceae, dan Theligonaceae) ke dalam Rubiaceae sehingga menjadi suku tumbuhan berbunga keempat terbesar dengan anggota sekitar 650 genera dan lebih dari 13.000 spesies. Rubiaceae memiliki distribusi kosmopolitan, tetapi, keragaman spesies terbesar terkonsentrasi di daerah (sub)tropis.[1]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Rubiaceae secara morfologis mudah dikenali sebagai kelompok yang saling berdekatan dengan kombinasi karakter: seluruh daunnya tumbuh berlawanan dan berbentuk sederhana, daun mahkota bunga simetri radial dan menjadi satu (simpetal) membentuk tabung (tubular), dan ovarium inferior.

Rubiaceae tumbuh dalam berbagai bentuk, yang paling umum adalah perdu, dapat juga berupa pohon, liana, atau herbal.

Penyebaran dan habitat[sunting | sunting sumber]

Rubiaceae memiliki distribusi kosmopolitan dan ditemukan hampir di seluruh wilayah di dunia, kecuali di lingkungan ekstrem, seperti daerah kutub dan padang pasir. Pola penyebaran suku ini sangat mirip dengan penyebaran tumbuhan secara global. Tapi, keragaman terbesar secara jelas terkonsentrasi di daerah tropis dan subtropis yang lembab. Pengecualian untuk tribus Rubieae, menyebar kosmopolitan, tetapi terpusat di wilayah-wilayah bersuhu sedang. Jumlah spesies terbanyak ditemukan di Kolombia, Venezuela, dan Pulau Papua. Apabila disesuaikan dengan luas wilayah, Venezuela adalah yang paling beragam, diikuti oleh Kolombia dan Kuba.[2]

Rubiaeceae hidup di atas tanah dan didominasi oleh tumbuhan kayu. Perdu Rubiaeceae yang bersifat kayu merupakan bagian penting lapisan vegetasi bawah dari hutan hujan pada ketinggian rendah dan sedang. Suku ini toleran terhadap berbagai kondisi lingkungan (jenis tanah, ketinggian, struktur komunitas, dsb.) dan tidak mengkhususkan diri pada satu jenis habitat tertentu (meskipun genera dalam suku ini sering mengkhususkan diri).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stevens, P. F. (April 2015). "Angiosperm Phylogeny Website". 14. St. Louis, Missouri. Diakses tanggal 20-01-2016. 
  2. ^ Davis AP, Govaerts R, Bridson DM, Ruhsam M, Moat J, Brummitt NA (2009). "A global assessment of distribution, diversity, endemism, and taxonomic effort in the Rubiaceae". Annals of the Missouri Botanical Garden 96 (1): 68–78. doi:10.3417/2006205. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]