Johann Wilhelm dari Sachsen-Weimar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
John William
Jean-Guillaume-de-Saxe-Weimar.jpg
Adipati Sachsen
Berkuasa November 1566 – 1572
Pendahulu John Frederick II
Adipati Sachsen-Weimar
Berkuasa 1572 – 2 Maret 1573
Pengganti Frederick William I
Lahir (1530-03-11)11 Maret 1530
Torgau, Elektorat Sachsen, Kekaisaran Romawi Suci
Wafat 2 Maret 1573(1573-03-02) (umur 42)
Weimar, Sachsen-Weimar, Kekaisaran Romawi Suci
Wangsa Wangsa Wettin
Percabangan Ernestine
Ayah John Frederick I, Elektor Sachsen
Ibu Sybille dari Cleves
Pasangan Dorothea Susanne dari Simmern
Anak
Frederick William I, Adipati Sachsen-Weimar
John II, Adipati Sachsen-Weimar
Maria, Biarawati Quedlinburg
Agama Lutheran

John William (Bahasa Jerman:Johann Wilhelm, lahir di Torgau, Elektorat Sachsen, Kekaisaran Romawi Suci, 11 Maret 1530 – meninggal di Weimar, Sachsen-Weimar, Kekaisaran Romawi Suci, 2 Maret 1573 pada umur 42 tahun), adalah Adipati Sachsen-Weimar yang memerintah pada periode 1572 hingga 1573. Ia juga Adipati Sachsen dan Landgrave Thuringia terakhir.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Ia adalah anak kedua John Frederick I, Elektor Sachsen, dan Sybille dari Cleves. Saat kelahirannya, ayahnya masih menyandang gelar Elektor Sachsen, namun kemudian gelar tersebut dicabut pada tahun 1547 setelah ia ditangkap oleh pasukan Kaisar Charles V karena memberikan kepada Reformasi Protestan yang dianggap terlarang. John Frederick I kemudian dibebaskan lalu menyandang gelar yang lebih rendah dari sebelumnya, yakni Adipati Sachsen dan menguasai wilayah yang lebih kecil. Pada tahun 1554, setelah kematian ayahnya, John William mewarisi Kadipaten Sachsen bersama kakaknya, John Frederick II, dan adiknya, John Frederick III.

Tiga bersaudara ini lalu membagi wilayah kadipaten ini menjadi tiga. John Frederick II sebagai kepala wangsa mendapat Eisenach dan Coburg; John William mendapat wilayah Weimar dan John Frederick III berkuasa di Gotha. Pada tahun 1565, saat John Frederick III meninggal tanpa memiliki pewaris takhta, dua bersaudara yang tersisa membuat perjanjian kembali tentang pembagian wilayah kekuasaan, dimana John Frederick II mengambil alih kekuasaan di Gotha, dan John William tetap berkuasa di Weimar. Perjanjian ini juga memuat bahwa dua bersaudara ini dapat mengubah tatanan wilayah kekuasaan setiap tiga tahun sekali, namun hal ini tidak pernah terjadi.

Setelah kakaknya tertangkap oleh kekaisaran karena telah melakukan pemberontakan kepada Kaisar Maximilian II. Seluruh pemerintahan di wilayah Sachsen diberikan kepada John William.

John William lalu menjadi pihak yang akhirnya membantu kekaisaran (berkebalikan dengan ayah dan kakaknya yang memusuhi). Hal ini ditandai dengan masuknya John William menjadi Jenderal untuk pasukan Raja Charles IX dari Perancis melawan Huguenot (Kekaisaran Habsburg). Hal ini membuatnya semakin jauh dari sosok seorang Protestan. Karena John William adalah anggota Wangsa Wettin, yang memiliki kewajiban melindungi kaum Protestan di Jerman. Namun, ia malah bergabung dengan Kerajaan Katolik Prancis melawan Huguenots yang beraliran Protestan.

Kaisar lalu mengadu domba dua anak John Frederick II dengan John William. Melalui Divisi Erfurt pada tahun 1572, Kadipaten Sachsen lalu dibagi menjadi tiga bagian. John Casimir (anak sulung John Frederick II), menerima wilayah Coburg, dan John Ernest (adik John Casimir), menerima Eisenach. Sedangkan, John William hanya menguasai bagian kecil dari Kadipaten, yakni wilayah-wilayah di sekitar Weimar, namun ia menambahkan Altenburg, Gotha, dan Meiningen ke dalam wilayah kekuasaanya.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Di Heidelberg pada 15 Juni 1560, John William menikah dengan Dorothea Susanne dari Simmern, putra dari Frederick III, Elektor Palatine. Mereka memiliki lima anak:

  1. Frederick William I, Adipati Sachsen-Weimar
  2. Sibylle Marie
  3. seorng putra yang meninggal saat lahir (Weimar, 9 Oktober 1564)
  4. John II, Adipati Sachsen-Weimar
  5. Maria, Biarawati Quedlinburg.

Leluhur[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Johann Wilhelm dari Sachsen-Weimar
Lahir: 11 Maret 1503 Wafat: 2 Maret 1573
Didahului oleh:
John Frederick II
Adipati Sachsen
1566–1572
Diteruskan oleh:
Ia sendiri
sebagai Adipati Sachsen-Weimar
John Casimir
sebagai Adipati Sachsen-Coburg
dan
John Ernest
sebagai Adipati Sachsen-Eisenach
Didahului oleh:
Ia sendiri
sebagai Adipati Sachsen
Adipati Sachsen-Weimar
1572–1573
Diteruskan oleh:
Frederick William I