Wilhelm Ernst, Adipati Sachsen-Weimar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
William Ernest
1662 Wilhelm Ernst.jpg
Adipati Sachsen-Weimar
Berkuasa1683–1728
PendahuluJohann Ernst II
PenerusErnst August I
Lahir(1662-10-19)19 Oktober 1662
Weimar
Wafat26 Agustus 1728(1728-08-26) (umur 65)
Weimar
WangsaWangsa Wettin
AyahJohann Ernst II, Adipati Sachsen-Weimar
IbuChristine Elisabeth dari Holstein-Sonderburg
PasanganCharlotte Marie dari Saxe-Jena
AgamaLutheran

William Ernest, Adipati Sachsen-Weimar (lahir di Weimar, Jerman, 19 Oktober 1662 – meninggal di Weimar, 26 Agustus 1728 pada umur 65 tahun) adalah Adipati Sachsen-Weimar. Ia adalah putra sulung Johann Ernst II, Adipati Sachsen-Weimar and Christine Elisabeth dari Holstein-Sonderburg. Ketika ayahnya meninggal pada tahun 1683, ia mewarisi takhta sebagai adipati. Tetapi, ia berkuasa di kadipaten bersama adiknya Johann Ernst III.

Karena Johann Ernest III adalah seorang pecandu alkohol, William Ernest mengambil kuasa penuh pemerintahan di kadipaten dan memberi Johann Ernest gelar kehormatan sebagai asisten adipati (Mitherr) hingga kematiannya di 1707. Setelah kematian Johann Ernest III, anaknya, Ernest August I menggantikannya sebagai Mitherr namun tanpa kekuasaan nyata.

Wilhelm Ernest adalah penganut Lutheran yang taat. Ia mengeluarkan peraturan bahwa hanya pria yang dapat membaca dan mengomentari tulisan-tulisan bertopik Teologi Lutheran yang dapat diterima sebagai anggota angkatan bersenjata. Ia pernah memiliki perselisihan dengan komposer Johann Sebastian Bach yang berhak atas jabatan Kapellmeister (kepala musik kadipaten) setelah kematian Johann Samuel Drese pada tahun 1716, tetapi Wilhelm malah menunjuk putra Drese yang kurang kompeten.

Pada 23 Agustus 1690, Ia bercerai dari Charlotte Marie dari Saxe-Jena karena percekcokan dan pernikahan yang selama tujuh tahun belum juga dikaruniai seorang anak pun. 4 bulan kemudian, John William dari Sachsen-Jena meninggal dan Wilhelm mengambil alih posisinya sebagai adipati di Jena. Dari perceraian hingga kematiannya, ia tidak pernah menikah kembali. Kedudukannya sebagai Adipati Sachsen Weimar diambil alih oleh keponakannya, Ernst August I.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Wilhelm Ernst, Adipati Sachsen-Weimar
Lahir: 19 Oktober 1662 Wafat: 26 Agustus 1728
Didahului oleh:
John Ernest II
Adipati Sachsen-Weimar
dengan Johann Ernst III
1683–1728
Diteruskan oleh:
Ernest August I