Jez O'Hare

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Jez O’Hare
Donaldjeremyohare.jpg
Lahir Donald Jeremy O’Hare
17 November 1966 (umur 50)
Bendera Britania Raya Harborough, Leicestershire, Inggris
Kebangsaan  Indonesia
Almamater British International School, Jakarta
Lord Wandsworth College
Salisbury College
Middlesex Polytechnic
Pekerjaan Fotografer
Pilot
Aktivis Lingkungan
Petualang
Agama Kristen
Pasangan Nao Nishimiya
Situs web www.jezohare.com
www.indonesiaphotography.com

Donald Jeremy O'Hare (lahir di Harborough, Inggris, 17 November 1966; umur 50 tahun) atau lebih dikenal dengan Jez O'Hare, adalah seorang fotografer profesional Indonesia, khususnya dalam spesialisasi foto udara, foto lokasi dan stok foto Indonesia.

Pendidikan formal dasarnya ia awali di British International School, Jakarta, Indonesia, Lord Wandsworth College, Inggris, Salisbury College of Art, Inggris dan ia kuliah di Middlesex Polytechnic, London, Inggris dalam bidang Desain Grafis dan Ilustrasi Sains.

Sudah sejak usia 7 tahun ia menetap di Indonesia bersama keluarganya. Hingga kini Jez telah menjelajahi sebagian besar pelosok daerah di Indonesia, begitu pula Timor Leste, Mikronesia dan beberapa negara lainnya di Asia dalam profesinya sebagai fotografer selama lebih dari 20 tahun.

Foto udara atau aerial photography merupakan salah satu bidang fotografi yang garapannya masih relatif langka di Indonesia pada kurun waktu sekitar tahun 1990-2010. Selain menggunakan kamera medium format dan kamera digital yang terhubung ke GPS, pemotretan dari udara ditunjang pula dengan gyro stablizer untuk hasil foto yang terbaik. Karena profesinya sebagai fotografer aerial, mulai tahun 1995 ia belajar terbang sendiri menggunakan microlight paramotor dan trike dalam Federasi Aero Sport Indonesia. Kegiatan terbang ini pun tidak hanya ia lakukan sebagai hobi, jam terbangnya sebagai fotografer semakin bertambah seiring dengan bertambahnya jam terbang sebagai pilot.

Pada tahun 2013 Jez mulai mengembangkan foto udaranya dengan dilengkapi pesawat tanpa awak yang dikendalikan menggunakan pengendali jarak jauh yaitu drone yang ia rakit sendiri, begitu pula pada tahun 2015 Jez menggunakan layang-layang sebagai sarana alternatif untuk menerbangkan kamera sehingga dapat mengambil foto dari udara.

Tidak hanya foto udara, Jez pun berpengalaman dalam pemotretan lokasi dan bawah laut, antara lain untuk keperluan dalam bidang infrastruktur, seperti transportasi darat, laut dan udara, industri minyak dan gas, pertambangan dan teknologi energi, kehutanan, kelautan, properti, perbankan, lingkungan hidup dan bidang infrastruktur lainnya.

Sejak tahun 1987, ratusan ribu foto dalam berbagai kategori berhasil ia kumpulkan sebagai bagian dari koleksi perpustakaan foto. Sejak awal tahun 2006 secara bertahap Jez mulai memperbaharui kembali situs web, dimana hingga kini sudah terdapat beberapa ribu foto dan ratusan video Indonesia, Timor Leste, Micronesia dan beberapa negara-negara Asia. Selain sebagai situs stok foto dan video, karena isinya syarat akan ilmu pengetahuan alam, situs tersebut juga dibangun dengan tujuan mencerdaskan bangsa. Misi pendidikan tersebut diharapkan dapat membantu menambah wawasan setiap orang khususnya anak-anak Indonesia untuk lebih mengenal geografi negaranya sendiri.

Jez dikenal juga sebagai fotografer yang peduli terhadap lingkungan hidup karena jiwanya yang begitu kental mencintai alam. Karena kecintaannya pada alam Indonesia terutama Papua, Papua Barat, Maluku atau secara umum Kawasan Timur Indonesia tidak tergantikan dengan yang lain ia memilih menjadi warga negara Indonesia dan hingga kini menetap di kota Bandung.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Harian Umum Kompas, 5 September 2005, Sepotong Indonesia dari Udara, Arbain Rambey, Jakarta: Kompas-Gramedia.
  • Kabar Indonesia , 24 October 2009, The Flying Photographer: Jez O’Hare, Avi Hazuria, Jakarta: Kabar Indonesia.
  • The Jakarta Globe, 30 December 2009, A Bird’s Eye View of a Changing Indonesia, Jonathan Stray, Jakarta: The Jakarta Globe.