Jendela Janggal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Wide Window
PengarangLemony Snicket (Pseudonim Daniel Handler)
IlustratorBrett Helquist
Perancang sampulBrett Helquist
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
SeriA Series of Unfortunate Events
GenreNovel fantasi
PenerbitHarperCollins
Tanggal terbit
Februari 2000
Jenis mediaPrint (hardback & paperback)
Halaman214 pp
ISBNISBN 0-06-440768-3
Didahului olehThe Reptile Room 
Diikuti olehThe Miserable Mill 

The Wide Window adalah novel anak dan termasuk novel ketiga di seri buku A Series of Unfortunate Events oleh Lemony Snicket. Novel ini menceritakan tentang anak yatim Baudelaire yang disuruh tinggal bersama wali ketiga mereka, seorang keluarga jauh, Mrs Anwhistle, lain dikenal sebagai Aunt Josephine, yang tinggal di rumah yang menghadap danau.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pak Poe menempatkan Baudelaire bersaudara yang merupakan yatim piatu, yakni Klaus Baudelaire, Sunny Baudelaire, dan Violet Baudelaire di bawah asuhan Bibi Josephine, yang tinggal di sebuah rumah di atas bukit yang menghadap ke Danau Lachrymose, sebuah danau yang begitu besar sehingga terjadi badai di daerah itu. Bibi Josephine takut pada hampir semua hal mulai dari memasak makanan karena dia takut kompornya akan meledak ke keset welcome-nya. Perpustakaannya dipenuhi dengan buku-buku tentang tata bahasa Inggris karena dia menyukai tata bahasa.

Saat membantu Bibi Josephine di toko kelontong, Violet bertemu dengan seorang pelaut bernama "Kapten Sham", yang dia simpulkan adalah Count Olaf yang menyamar. Bibi Josephine menolak untuk mempercayai ini karena kepribadian Kapten Sham yang menawan. Malam itu, anak-anak mendengar suara tabrakan dan mengetahui bahwa wali baru mereka telah melompat keluar dari Jendela Lebar yang menghadap ke Danau Lachrymose, dan sebelum melakukannya, ia meninggalkan catatan untuk mereka yang memberi tahu mereka bahwa Kapten Sham akan menjadi wali baru mereka.

Pak Poe menolak untuk percaya klaim anak-anak bahwa catatan itu adalah kebohongan Count Olaf dan membawa mereka makan malam bersamanya di restoran murah dan kotor dengan pelayan yang terlalu antusias, The Anxious Clown. Hal ini membutuhkan pengalih perhatian untuk menyusun strategi, Violet memasukkan peppermint ke dalam makanannya sendiri dan makanan Klaus dan Sunny. Kemudian mereka mengalami gatal-gatal karena alergi, yang membuat Count Olaf dengan terpaksa mengizinkan mereka kembali ke rumah bibi mereka. Klaus menunjukkan kepada mereka catatan itu dalam tulisan tangan Bibi Josephine tetapi mengkodekan pesan tersembunyi menggunakan kesalahan tata bahasa, yang semuanya membentuk dua kata 'Gua Curdled'. Begitu mereka menyelesaikan catatan itu, Badai Herman menghantam dan merobohkan rumah itu ke dalam danau.

Dengan informasi ini, anak-anak Baudelaire pergi untuk mencuri perahu dari toko perahu Kapten Sham di dekat Danau Lachrymose untuk sampai ke Gua Curdled sementara badai terus berlanjut. Di sana, mereka bertemu salah satu antek Count Olaf, orang besar dengan jenis kelamin yang belum ditentukan. Mereka bertahan badai dan mencapai Gua Curdled, di mana Bibi Josephine mengungkapkan bahwa Count Olaf memaksanya untuk menulis catatan, dan memecahkan Jendela Lebar menyebabkan mereka percaya bahwa dia telah melakukan bunuh diri.

Saat perjalanan pulang, ada sejenis lintah Lachrymose yang menghisap darah mereka karena mencium bau makanan di perut Bibi Josephine yang telah memakan pisang di bawah batas satu jam. Mereka dapat memberi sinyal untuk meminta bantuan, tetapi hanya Count Olaf yang tiba dengan kapal. Setelah meninggalkan Bibi Josephine untuk dimakan oleh lintah, dia membawa anak-anak kembali ke rumah, di mana Sunny dapat membuktikan bahwa dia adalah Count Olaf kepada Tuan Poe dengan menggigit pasak kayu palsu milik Count Olaf menjadi dua untuk memperlihatkan tato matanya di bawahnya. Count Olaf dan anteknya mengunci Baudelaire bersaudara dan Pak Poe di gerbang persewaan perahu Kapten Sham dan melarikan diri, meninggalkan Pak Poe untuk sekali lagi menemukan rumah bagi Baudelaire bersaudara.

Edisi istimewa[sunting | sunting sumber]

Disappearance![sunting | sunting sumber]

Rentetan Unfortunate Events No.3: Jendela Lebar atau, Disappearance![1] adalah buku poket merilis kembali Jendela Lebar, mendesain untuk meniru Victoria sen dreadfuls. Dilepaskan pada 4 September, 2007.[2] Buku termasuk tujuh ilustrasi baru, dan bagian ketiga suplemen serial menghakkan Cornucopian Cavalcade, yang tampil 13-sebagian pelawak oleh Michael Kupperman menghakkan Spoily Brats, kolom nasihat yang ditulis oleh Lemony Snicket, dan, sebagai di Permulaan Jelek atau, Anak Yatim! Dan Kamar Binatang Melata atau, Pembunuhan!, (final) sebagian cerita oleh Stephen Leacock menghakkan Q: Pstory punya kekuatan batin Psupernatural.[3] Kapten Sham adalah orang palsu dan palsu alat Pura-pura atau penipuan.

Referensi[sunting | sunting sumber]