Jamur chanterelle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jamur chanterelle
Chanterelle Cantharellus cibarius.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Fungi
Filum: Basidiomycota
Kelas: Agaricomycetes
Ordo: Cantharellales
Famili: Cantharellaceae
Genus: Cantharellus
Spesies: C. cibarius
Nama binomial
Cantharellus cibarius
Fr. (1821)
Sinonim
Cantharellus cibarius
View the Mycomorphbox template that generates the following list
Karakteristik mikologi
Himenium berabungan
Tudung mencorong
Himenium melanjut
Tangkai gundul
Jejak spora berwarna kuning hingga krem
Jenis ekologi mikoriza
Edibilitas: pilihan
Jamur chanterelle, mentah
Nilai nutrisi per 100 g (3,5 oz)
Energi160 kJ (38 kcal)
6.86 g
Gula1.16 g
Serat pangan3.8 g
0.53 g
1.49 g
VitaminKuantitas
%DV
Riboflavin (B2)
18%
0.215 mg
Niasin (B3)
27%
4.085 mg
Asam pantotenat (B5)
22%
1.075 mg
Vitamin B6
3%
0.044 mg
Vitamin D
35%
5.3 μg
MineralKuantitas
%DV
Kalsium
2%
15 mg
Zat besi
27%
3.47 mg
Magnesium
4%
13 mg
Mangan
14%
0.286 mg
Fosfor
8%
57 mg
Potasium
11%
506 mg
Sodium
1%
9 mg
Seng
7%
0.71 mg

Persen DV berdasarkan rekomendasi Amerika Serikat untuk orang dewasa.
Sumber: USDA FoodData Central

Chantarelle atau Chanterelle emas (Cantharellus cibarius) adalah fungi dengan genus Cantharellus. Berwarna jingga atau kuning, kenyal dan berbentuk mirip corong. Di bawah "topi", tekstur jamur terlihat bergelombang. Jamur ini berbau seperti buah aprikot dan terasa sedikit pedas, jamur ini sangat baik untuk dimakan. Riset mengatakan jamur ini memiliki sifat insektisida yang tidak mematikan bagi manusia namun dapat melindungi jamur dari serangga dan bakteri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cantharellus cibarius Fr. 1821". MycoBank. International Mycological Association. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Arora2008" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Barros2008" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Boa2004" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Cieniecka20007" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Dunham2003" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Eyssartier" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fischer1992" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Dar2002" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Persson1997" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Redhead1997" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "SpeciesFungorum" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "USDA" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "rochon2011" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]