MotoGP: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
11 bita ditambahkan ,  9 bulan yang lalu
k
tidak ada ringkasan suntingan
(→‎Sejarah: Perbaikan tata bahasa)
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan aplikasi seluler Suntingan aplikasi Android
k
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler VisualEditor
'''Kejuaraan Dunia MotoGP''' atau kerap disebut sebagai '''MotoGP''' saja atau nama resminya '''FIM MotoGP World Championship''' adalah kelas utama dari seri balapan [[Grand Prix Sepeda Motor]]. Dulunya kelas ini dikenal dengan nama kelas 500cc atau biasa disebut '''GP500''' yang pertama kali digelar sejak musim 1949.
 
Adapun untuk kelas MotoGP yang kita kenal saat ini awal mulanya berakar dari perubahan regulasi untuk kelas 500cc di musim 2002 yang sering disebut juga sebagai tahun transisi. Musim 2002 menjadi periode terakhir mesin dua langkah diperlombakan dalam kompetisi kelas premier. Sepanjang tahun 2002 sampai 2006 untuk pertama kalinya pabrikan diizinkan untuk memperbesar kapasitas total mesin khusus untuk mesin 4 tak menjadi maksimum 990 cc, dan berubah menjadi 800 cc di musim 2007. Pabrikan juga diberi kebebasan untuk memilih jumlah silinder yang digunakan antara tiga sampai enam dengan batas berat tertentu. Dengan dibolehkannya motor 4 tak ber-ccberkubikasi mesin besar tersebut, kelas GP500 diubah namanya menjadi MotoGP. Seluruh tim pabrikan seperti [[Yamaha]], [[Honda]], dan [[Suzuki]] masing-masing memilih untuk berkompetisi menggunakan mesin empat langkah terbarunya. Praktis hanya tim satelit saja yang masih berkompetisi menggunakan mesin 500 cc dua langkah dan itupun dengan penampilan yang sangat kedodoran.
 
Sejak musim 2012, kapasitas mesin sepeda motor kembali dinaikan menjadi maksimal 1000cc.<ref>{{cite web|title=MotoGP Basics|url=http://www.motogp.com/en/MotoGP+Basics/engines}}</ref>

Menu navigasi