Pasopalapa: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 4: Baris 4:
Kota Padang merupakan salah satu dari tiga pengembangan kawasan metropolitan di Sumatra, selain [[Kota Medan]] dan [[Kota Palembang]].
Kota Padang merupakan salah satu dari tiga pengembangan kawasan metropolitan di Sumatra, selain [[Kota Medan]] dan [[Kota Palembang]].


Wilayah Palapa ditunjang oleh keberadaan infrastruktur udara [[Bandar Udara Internasional Minangkabau]] dan infrastruktur laut [[Pelabuhan Teluk Bayur|Pelabuhan Laut Internasional Teluk Bayur]], keduanya terintegrasi dengan jaringan komuter [[Stasiun Padang|Padang]]-[[Stasiun Pariaman|Pariaman]] (menggunakan [[kereta api Sibinuang]]) dan [[Jalan Padang By Pass]] sepanjang 27 kilometer. Selain itu, terdapat pula beberapa pelabuhan pembantu seperti [[Pelabuhan Muara]], Pelabuhan Bungus, dan Pelabuhan Tiram.
Wilayah Palapa ditunjang oleh keberadaan infrastruktur udara [[Bandar Udara Internasional Minangkabau]] dan infrastruktur laut [[Pelabuhan Teluk Bayur|Pelabuhan Laut Internasional Teluk Bayur]], keduanya terintegrasi dengan jaringan komuter [[Stasiun Padang|Padang]]-[[Stasiun Pariaman|Pariaman]] dan [[Jalan Padang By Pass]] sepanjang 27 kilometer. Selain itu, terdapat pula beberapa pelabuhan pembantu seperti [[Pelabuhan Muara]], Pelabuhan Bungus, dan Pelabuhan Tiram.

== Infrastruktur utama ==
* [[Bandar Udara Internasional Minangkabau]], Ketaping, Padang Pariaman
* [[Pelabuhan Teluk Bayur|Pelabuhan Laut Internasional Teluk Bayur]], Padang
* [[Pelabuhan Muara]], Padang (pelabuhan penumpang dan pariwisata)
* Pelabuhan Bungus, Padang (pelabuhan penumpang dan perikanan)
* Pelabuhan Tiram, Padang Pariaman
* [[Jalan Tol Padang–Sicincin]] (dalam konstruksi, bagian dari [[Jalan Tol Padang–Pekanbaru]])
* [[Jalan Padang By Pass]] (jalan nasional sepanjang 27 km)
* Jalur kereta api komuter perkotaan Padang–Pariaman
**[[Kereta api Minangkabau Ekspres]] (melayani [[Stasiun Padang]] hingga [[Stasiun Bandara Internasional Minangkabau]])
**[[Kereta api Sibinuang]] (melayani [[Stasiun Padang]] hingga [[Stasiun Naras]] di Pariaman)
**[[Bus rel Lembah Anai]] (melayani [[Stasiun Kayu Tanam]] hingga [[Stasiun Bandara Internasional Minangkabau]])
* Jaringan bus [[Trans Padang]]
* Stadion Utama Sumatera Barat di Lubuk Alung, Padang Pariaman (dalam konstruksi)
* Dam Pengendali Banjir Sungai Batang Kuranji


== Lihat pula ==
== Lihat pula ==

Revisi per 23 November 2019 01.31

Berkas:Kota Padang dari udara.jpg
Kota Padang, wilayah inti metropolitan Palapa.

Palapa (akronim dari PadangLubuk AlungPariaman) adalah sebuah wilayah metropolitan di Provinsi Sumatra Barat yang meliputi Kota Padang, Kabupaten Padang Pariaman, dan Kota Pariaman.[1][2][3][4] Wilayah ini merupakan program strategis pemerintah pusat yang tertuang dalam Rencana Jangka Panjang Menengah Nasional 2015-2019.[5] Wilayah metropolitan yang lebih luas disebut Pasopalapa (akronim dari PadangSolokPainanLubuk AlungPariaman) yang mencakup tiga daerah lainnya yang berbatasan langsung dengan Kota Padang yakni Kota Solok, Kabupaten Solok, dan Kabupaten Pesisir Selatan.[6][7]

Kota Padang merupakan salah satu dari tiga pengembangan kawasan metropolitan di Sumatra, selain Kota Medan dan Kota Palembang.

Wilayah Palapa ditunjang oleh keberadaan infrastruktur udara Bandar Udara Internasional Minangkabau dan infrastruktur laut Pelabuhan Laut Internasional Teluk Bayur, keduanya terintegrasi dengan jaringan komuter Padang-Pariaman dan Jalan Padang By Pass sepanjang 27 kilometer. Selain itu, terdapat pula beberapa pelabuhan pembantu seperti Pelabuhan Muara, Pelabuhan Bungus, dan Pelabuhan Tiram.

Infrastruktur utama

Lihat pula

Referensi