Tanty Yosepha: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Rachmat-bot (bicara | kontrib)
k cosmetic changes
Kenrick95Bot (bicara | kontrib)
k Bot: Penggantian teks otomatis (- tapi + tetapi)
Baris 24: Baris 24:
Tanty Yosepha menikah dengan [[Enteng Tanamal]] dan dikaruniai dua putri yang berbakat dan pandai bernyanyi, mereka adalah [[Yoan Tanamal]] dan [[Vitae Tanamal]]. Ia juga merupakan adik kandung dari [[Dien Novita]].
Tanty Yosepha menikah dengan [[Enteng Tanamal]] dan dikaruniai dua putri yang berbakat dan pandai bernyanyi, mereka adalah [[Yoan Tanamal]] dan [[Vitae Tanamal]]. Ia juga merupakan adik kandung dari [[Dien Novita]].


Pada awal tahun [[1990]]-an, aktris ini di serang penyakit [[kanker]] nyaris meninggal, tapi dengan ketekunan berobat dan keyakinan ia sembuh dari penyakit itu. Pada tanggal [[22 November]] [[1998]], ia meninggal dunia di RS Pertamina Jakarta karena serangan jantung. Jenazah Tanty Yosepha dimakamkan di makam keluarga di Kranggotan, Imogiri, Bantul, berdekatan dengan makam ibundanya. Pemakaman di Imogiri ini sesuai permintaan terakhir almarhumah Tanty Yosepha, yang menginginkan, jika meninggal dimakamkan di dekat makam ibundanya. Sebelum dimakamkan, diadakan misa arwah di rumah duka, Jalan Colombo 22 Yogya, tempat jenazah Tanty Yosepha disemayamkan.
Pada awal tahun [[1990]]-an, aktris ini di serang penyakit [[kanker]] nyaris meninggal, tetapi dengan ketekunan berobat dan keyakinan ia sembuh dari penyakit itu. Pada tanggal [[22 November]] [[1998]], ia meninggal dunia di RS Pertamina Jakarta karena serangan jantung. Jenazah Tanty Yosepha dimakamkan di makam keluarga di Kranggotan, Imogiri, Bantul, berdekatan dengan makam ibundanya. Pemakaman di Imogiri ini sesuai permintaan terakhir almarhumah Tanty Yosepha, yang menginginkan, jika meninggal dimakamkan di dekat makam ibundanya. Sebelum dimakamkan, diadakan misa arwah di rumah duka, Jalan Colombo 22 Yogya, tempat jenazah Tanty Yosepha disemayamkan.


== Film yang dibintangi ==
== Film yang dibintangi ==

Revisi per 30 Oktober 2016 14.58

Templat:Infobox artis indonesia Maria Yosepha Sri Sukartanti, atau lebih dikenal dengan nama Tanty Yosepha (22 Maret 1950 – 21 November 1998) adalah pemeran Indonesia. Maria adalah anak kelima dari pasangan KRT Gondokusuma dan Sri Sekartanti. Maria besar di Yogyakarta. Ia menyelesaikan pendidikan menengah atas di SMA Stella Duce I Yogyakarta, sebuah SMA yang seluruh siswanya adalah wanita.

Perjalanan karier dan kehidupannya

Sejak SMA, ia sudah berkecimpung di dunia seni, kelompok tari, sandiwara, dan tarik suara. Setamat SMA, ia hijrah ke Jakarta. Dunia film ditekuninya dengan debut Mama arahan Wim Umboh yang difilmkan pada tahun 1972. Tahun 1973, film Ratapan Anak Tiri yang dibintanginya meledak di pasaran.

Tanty Yosepha menikah dengan Enteng Tanamal dan dikaruniai dua putri yang berbakat dan pandai bernyanyi, mereka adalah Yoan Tanamal dan Vitae Tanamal. Ia juga merupakan adik kandung dari Dien Novita.

Pada awal tahun 1990-an, aktris ini di serang penyakit kanker nyaris meninggal, tetapi dengan ketekunan berobat dan keyakinan ia sembuh dari penyakit itu. Pada tanggal 22 November 1998, ia meninggal dunia di RS Pertamina Jakarta karena serangan jantung. Jenazah Tanty Yosepha dimakamkan di makam keluarga di Kranggotan, Imogiri, Bantul, berdekatan dengan makam ibundanya. Pemakaman di Imogiri ini sesuai permintaan terakhir almarhumah Tanty Yosepha, yang menginginkan, jika meninggal dimakamkan di dekat makam ibundanya. Sebelum dimakamkan, diadakan misa arwah di rumah duka, Jalan Colombo 22 Yogya, tempat jenazah Tanty Yosepha disemayamkan.

Film yang dibintangi

1970-1972

1973

1974

1975

1976

1977-1978

1981-1987

Prestasi

Piala Citra

  • Setulus Hatimu (1975), aktris terbaik.

Nominasi Piala Citra

Penghargaan

  • Aktris terbaik dalam Festival Film Asia ke-21 (1975).

Album

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Lenny Marlina
Film : Rio Anakku
(1974)
Pemeran Utama Wanita Terbaik
(Festival Film Indonesia)

Film : Setulus Hatimu
(1975)
Diteruskan oleh:
Rina Hassim
Film : Semalam di Malaysia
(1976)