Hubungan Takhta Suci dengan Turki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hubungan Takhta Suci-Turki
Peta memperlihatkan lokasiHoly See and Turkey

Takhta Suci

Turki

Hubungan Takhta Suci–Turki adalah hubungan luar negeri antara Takhta Suci dan Turki. Kedua negara menjalin hubungan diplomatik pada tahun 1868, awalnya antara Takhta Suci dan Kekaisaran Ottoman. Takhta Suci memiliki nunsiatur apostolik di Ankara. Turki memiliki kedutaan besar di Roma.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kekaisaran Ottoman[sunting | sunting sumber]

Tahta Suci memiliki sejarah hubungan yang sulit dengan Turki, atau lebih tepatnya dengan Kekaisaran Utsmaniyah, yang pasukan sekutunya di Eropa dikalahkan dalam pertempuran Lepanto angkatan laut pada tahun 1571[1] dan pertempuran Wina pada tahun 1683.[2] Takhta Suci memelihara hubungan positif dengan Armenia, bahkan ketika masih berada di bawah kekuasaan Utsmaniyah. Mereka juga terlibat dalam Balkan dan Yunani pada saat bangsa-bangsa sedang membebaskan diri dari dominasi Turki.

Revolusi Atatürk[sunting | sunting sumber]

Revolusi Atatürk tidak terlalu meringankan hubungan, karena menyebabkan penindasan terhadap sistem millet, yang sebelumnya menjamin hak-hak Minoritas Kristen yang terpecah menjadi Bizantium, Latin, Armenia, Suriah dan Yunani- Melkite garis etnis. Hal ini pada gilirannya menyebabkan asimilasi penduduk Kristen Turki ke dalam tradisi dan adat istiadat etnis Turki. Selain itu, ideologi Kemalis terkait erat dengan antiklerikalisme di Prancis, sebuah ideologi republik Prancis yang memusuhi Gereja di Eropa Barat.

Kunjungan Paus[sunting | sunting sumber]

Paus Paulus VI mengunjungi Turki pada bulan Juli 1967.[3] Selama kunjungannya ia bertemu dengan Ortodoks Timur Patriark Athenagoras I dari Konstantinopel,[4] Shenork I Kaloustian, Patriark Armenia Konstantinopel[5] serta anggota Muslim[6] dan komunitas Yahudi.[7]

Paus Yohanes Paulus II mengunjungi Turki pada bulan November 1979. Ia bertemu dengan Patriark Dimitrios I dari Konstantinopel[8] dan Patriark Armenia Shenork I[9] serta merayakan Ekaristi di Efesus.[10]

Pada tahun 2006, Paus Benediktus XVI mengunjungi Turki dan Masjid Biru yang terkenal. Ini adalah kali kedua Paus diketahui memasuki masjid[11] dan merupakan bagian dari upayanya untuk memperbaiki hubungan Muslim-Kristen, namun dibayangi oleh kontroversi seputar ceramah di Regensburg yang ditafsirkan oleh sebagian orang sebagai upaya untuk menghubungkan Islam dan kekerasan. Dia bertemu dengan 25.000 pengunjuk rasa nasionalis dan Islam ketika dia tiba di Ankara.[12]

Kunjungan ke Vatikan[sunting | sunting sumber]

Presiden Turki Celal Bayar mengunjungi Vatikan pada 11 Juli 1959 dan bertemu dengan Paus Yohanes XXIII.[13]

Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan mengunjungi Vatikan pada bulan Februari 2018 dan mengadakan pertemuan dengan Paus Fransiskus di Istana Apostal.[14]

Masalah agama[sunting | sunting sumber]

Takhta Suci telah memelihara hubungan positif dengan Patriark Ekumenis Konstantinopel sejak tahun 1960an. Patriark Ekumenis yang berbasis di İstanbul saat ini tidak diakui sebagai pemimpin Ortodoks Timur oleh pemerintah Turki, yang lebih memilih untuk menganggapnya sebagai uskup lokal. Tidak diakuinya Patriark ini merupakan masalah dalam hubungan Tahta Suci-Turki.

Gereja juga berupaya untuk meningkatkan pengakuan hukum atas dirinya berdasarkan Hukum Turki, yang saat ini menyulitkan para uskup Katolik untuk diakui secara hukum dalam menjalankan pelayanan Apostolik mereka, dan terkadang juga dalam kepemilikan gereja. dipertanyakan. Masalah serupa juga terjadi pada Patriarkat Yunani, yang pelatihan seminarinya ditutup oleh negara Turki.

Genosida Armenia[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2000, Yohanes Paulus II secara resmi mengakui genosida Armenia, sebuah posisi yang berlawanan dengan posisi pemerintah Turki yang telah mengerahkan sebagian besar energi politiknya untuk melakukan hal tersebut. peristiwa di Armenia masih belum diakui oleh komunitas internasional.[15] Pada 12 April 2015, Paus Fransiskus menggunakan istilah 'genosida' untuk merujuk pada pembunuhan massal orang-orang Armenia oleh pemerintah Ottoman. Sebagai tanggapan, Turki memanggil duta besarnya untuk Vatikan untuk "berkonsultasi" hanya beberapa jam setelah komentar Paus Fransiskus, dan memanggil duta besar dari Vatikan untuk bertemu.[16] Juga, pada tanggal 24 Juni 2016, Paus Fransiskus dalam pidatonya yang lain menggambarkan pembunuhan orang-orang Armenia sebagai genosida. Selain itu, juru bicara Vatikan Federico Lombardi, mengatakan kepada wartawan bahwa "Tidak ada alasan untuk tidak menggunakan kata ini dalam kasus ini," "Kenyataannya jelas dan kami tidak pernah menyangkal apa kenyataannya." Turki mengecam deklarasi tersebut sebagai "sangat disayangkan" dan juga mengatakan bahwa deklarasi tersebut memiliki jejak “mentalitas Perang Salib.”[17][18]

Keanggotaan UE[sunting | sunting sumber]

Tahta Suci belum mengambil posisi yang kuat mengenai keanggotaan UE untuk Turki, meskipun Kardinal Joseph Ratzinger dikatakan memusuhi hal itu dalam sebuah buku yang ia terbitkan sebelum menjadi Paus, dan merasa bahwa Turki sebaliknya harus fokus pada hubungan dengan negara-negara Timur Tengah yang berdekatan. Namun, selama kunjungannya ke Turki pada tahun 2006 sebagai Paus Benediktus XVI, ia menyatakan dukungannya terhadap keanggotaan Turki di Uni Eropa.[11] Tarcisio Bertone, Tahta Suci Menteri Luar Negeri, telah menyuarakan pendapat Takhta Apostolik mengenai masalah ini.

Pariwisata dan ziarah[sunting | sunting sumber]

Hubungan terjalin antara Tahta Suci dan Turki berdasarkan pariwisata dan ziarah. Pada Tahun Saint-Paul 2008-2009, dicapai kesepakatan antara kedua negara untuk memajukan ziarah ke Tarsus, tempat rasul Paulus berada dilahirkan. Situs ziarah penting lainnya termasuk Selçuk, kota tua Istanbul, İznik ([[Nicaea]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ John L. Esposito (1999). Ancaman Islam: Mitos atau Kenyataan?. Oxford U.P. hlm. 42, 85. 
  2. ^ Leitsch, Walter. "1683: Pengepungan Wina". History Today. 33 (7). Diakses tanggal 19 Desember 2014. Kekalahan Ottoman Tentara di luar gerbang Wina 300 tahun yang lalu biasanya dianggap sebagai awal kemunduran Kesultanan Utsmaniyah. 
  3. ^ Perjalanan Apostolik ke Istanbul, Ephesus dan Smyrna 25 - 26 Juli 1967
  4. ^ Surat kepada Patriark Athenagoras mengenai alasan untuk mendorong pembentukan kembali persatuan antara Gereja Barat dan Timur (Istanbul, 25 Juli 1967)
  5. ^ Kepada Patriark Armenia His Beatitude Snork Kalustian (Istanbul, 25 Juli 1967)
  6. ^ Kepada pemimpin agama Komunitas Muslim (Istanbul, 25 Juli 1967)
  7. ^ Kepada pemimpin agama Komunitas Ibrani (Istanbul, 25 Juli 1967)
  8. ^ Kepada Yang Mulia Dimitrios, Patriark Konstantinopel (29 November 1979)
  9. ^ Kepada Patriark Armenia di Istanbul (29 November 1979)
  10. ^ Perayaan Ekaristi di Efesus (30 November 1979)
  11. ^ a b Paus membuat masjid di Turki kunjungan
  12. ^ "Turki Protes Kunjungan Paus". Washingtonpost.com. Diakses tanggal 2016-01-30. 
  13. ^ "Kontras, kesamaan menunggu saat Erdoğan datang memanggil Paus Fransiskus". 2018-02-05. 
  14. ^ "Presiden Erdogan bertemu Paus Fransiskus di Kota Vatikan". Anadolu Agency. 05-02-2018. 
  15. ^ "Paus Yohanes Paulus II mengakui Genosida Armenia". Atour.com. 2000-11-11. Diakses tanggal 2016-01-30. 
  16. ^ Mullen, Jethro (2015-04-13). "Paus Fransiskus menggunakan 'genosida' untuk membunuh orang-orang Armenia - CNN.com". Edition .cnn.com. Diakses tanggal 2016-01-30. 
  17. ^ "Paus mengatakan 'tidak akan pernah lagi' terhadap tragedi seperti 'genosida Armenia'". hurriyet. 
  18. ^ "Turki mengatakan deklarasi 'genosida Armenia' Paus mengandung cap 'mentalitas Perang Salib'". hurriyet.