Hilya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah Hilye oleh Hâfiz Osman (1642–1698), yang menetapkan tata letak standar yang digunakan untuk panel kaligrafi jenis ini

Istilah hilya (Arab: حلية, jamak: ḥilan, atau ḥulan; Turki: hilye, jamak: hilyeler) menunjukkan bentuk visual dalam seni Utsmaniyah dan genre religius dari sastra Turki Utsmaniyah, masing-masing berhubungan dengan penggambaran Muhammad. Hilya secara harfiah berarti "hiasan".

Mereka berasal dari disiplin syama'il, studi tentang penampilan dan karakter Muhammad, berdasarkan catatan hadits, terutama dari catatan hadits Tirmidzi yang berjudul asy-Syama'il al-Muhamadiyyah wa al-Khasa'il al-Mustafawiyyah ("Karakteristik Luhur Muhammad").

Di era Utsmaniyah Islam tradisional, ada kepercayaan bahwa membaca dan memiliki deskripsi Muhammad dapat melindungi seseorang dari masalah di dunia ini dan di akhirat, sudah menjadi kebiasaan untuk membawa deskripsi seperti itu, dalam bentuk kaligrafi dan Iluminasi, juga sebagai jimat.[1][2] Pada Utsmaniyah Turki abad ke-17, hilyes berkembang menjadi bentuk seni dengan tata letak standar, sering kali dibingkai dan digunakan sebagai hiasan dinding.

Hilyes kemudian juga ditulis untuk empat khalifah pertama, sahabat Muhammad, cucu Muhammad (Hasan dan Husain) dan para wali Islam (wali).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bakker, Freek L. (2009). The challenge of the silver screen: an analysis of the cinematic portraits of Jesus, Rama, Buddha and Muhammad. BRILL. hlm. 209. ISBN 978-90-04-16861-9. 
  2. ^ Derman, M. Uğur (1998). Letters in gold: Ottoman calligraphy from the Sakıp Sabancı collection, Istanbul. Metropolitan Museum of Art (New York, N.Y.); Los Angeles County Museum of Art. hlm. 36. ISBN 978-0-87099-873-7. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Behiery, Valerie, "Hilya", in Muhammad in History, Thought, and Culture: An Encyclopedia of the Prophet of God (2 vols.), Edited by C. Fitzpatrick and A. Walker, Santa Barbara, ABC-CLIO, 2014, Vol I, pp. 258–263.

Tautan eksternal[sunting | sunting sumber]