Henry Balnaves

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Henry Balnaves (1512? – Februari 1570) [1] adalah seorang politikus Skotlandia, Lord Justice Clerk, dan reformator agama.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lahir di Kirkcaldy, Fife, sekitar tahun 1512, ia menempuh pendidikan di Universitas St Andrews dan di benua Eropa, di mana ia menganut pandangan-pandangan Protestan. Kembali ke Skotlandia, ia melanjutkan studi hukumnya dan pada tahun 1538 diangkat menjadi lord of session dan Senator di College of Justice.

Ia menikah dengan Christian Scheves dan pada tahun 1539 diberikan tanah di Bukit Hall di Fife, yang kemudian dinamai berdasarkan namanya.[2] Sebelum tahun 1540, ia disumpah menjadi anggota dewan penasihat James V dari Skotlandia, dan dikenal sebagai salah satu pihak yang mendukung aliansi Inggris dan reformasi gerejawi. Ia juga digambarkan sebagai bendahara James, tetapi wali penguasa Arran menunjuknya sebagai sekretaris dalam pemerintahan baru Ratu Mary yang masih bayi (Januari 1543).

Ia mempromosikan undang-undang yang mengizinkan pembacaan Kitab Suci dalam bahasa vulgar, dan merupakan salah satu komisioner yang ditunjuk untuk mengatur perjanjian pernikahan antara ratu kecil dan Edward VI di masa depan. Di London, ia tidak dianggap begitu terpuji seperti beberapa komisaris lainnya, dan tidak mengetahui semua perjanjian yang diambil oleh rekan-rekannya. Namun, Beton "sangat mencintainya," dan ketika Arran pergi ke pesta keimaman, Balnaves dicopot dari jabatannya dan dipenjara di Kastel Blackness pada bulan November 1543.

Ia dibebaskan pada saat kedatangan armada Hertford pada bulan Mei berikutnya, dan sejak saat itu ia menjadi agen bayaran untuk kepentingan Inggris di Skotlandia. Ia tidak mengambil bagian dalam pembunuhan Beton di Kastel St Andrews, tetapi merupakan salah satu pembela kastil yang paling aktif selama pengepungan berikutnya dan menjadi juru bayar garnisun Inggris. Untuk mendukung Rayuan Kasar Henry VIII, ia merancang bentuk ikatan jaminan bagi orang Skotlandia untuk mendukung pernikahan Pangeran Edward dan Mary.[3] Ketika kastil itu menyerah kepada Prancis pada bulan Juli, Balnaves ditawan di Rouen.

Somerset melakukan upaya yang sia-sia untuk mendapatkan pembebasan Balnaves dan melanjutkan dana pensiunnya. Ia membuat dirinya berguna dengan memberikan informasi kepada pemerintah Inggris, dan bahkan Mary Tudor mengirimkan hadiah kepadanya pada bulan Juni 1554. Balnaves juga menyibukkan diri dengan menulis apa yang disebut Knox sebagai "risalah yang nyaman tentang pembenaran", yang ditemukan dalam bentuk manuskrip di rumah John Cockburn dari Ormiston oleh sekretaris Knox, Richard Bannatyne, dan diterbitkan di Edinburgh pada tahun 1584 dengan judul Pengakuan Iman.[4]

Pada bulan Agustus 1555, Balnaves menulis surat dari Paris kepada Mary dari Guise. Mary telah menjadi wali penguasa Skotlandia, dan Balnaves menawarkan untuk mendukung rezimnya dengan nasihat hukum rahasia mengenai penghasilan mahkota. Ia menyatakan keyakinannya pada pemerintahan Mary dan menyebutkan bahwa Mary telah menunjukkan kebaikan kepada istrinya, Christina Scheves.[5]

Pada bulan Februari 1557, Balnaves diizinkan kembali ke Skotlandia dan mendapatkan kembali propertinya; mungkin diperkirakan bahwa persekusi yang dilakukan Ratu Mary dengan cara pembakaran yang mendinginkan gairah kasih sayang Inggrisnya. Dan, dalam perang yang mengancam antara dua negara Katolik, Balnaves akan mengabdi pada negaranya sendiri.

Penobatan Ratu Elizabeth I mengubah situasi, dan Mary dari Guise memiliki alasan untuk menuduhnya melakukan "praktik-praktik di luar Inggris". Dia, pada kenyataannya, mengambil bagian aktif dalam pemberontakan tahun 1559 dan ditugaskan oleh Lords of the Congregation untuk meminta bantuan pemerintah Inggris melalui Sir Ralph Sadleir di Berwick. Balnaves terkejut ketika bertemu dengan Earl dari Arran yang masih muda di sana. Ia tiba dan pergi secara diam-diam melalui jalur laut dari Lindisfarne. Elizabeth menulis surat untuk berterima kasih kepada Sir Ralph Sadler dan Sir James Croft, Kapten Berwick, secara pribadi atas jasa mereka yang baik dan tekun dalam menemui Balnaves[6]

Dia juga dipilih sebagai salah satu perwakilan Skotlandia untuk bernegosiasi dengan Adipati Norfolk pada bulan Februari 1560, mengatur Perjanjian Berwick. Rehabilitasi Balnaves melalui surat Mary, Ratu Skotlandia, pada bulan Mei 1562. Pada tahun 1563 ia dipulihkan ke jabatannya sebagai lord of session, dan merupakan salah satu dari mereka yang ditunjuk oleh Sidang Umum untuk merevisi Buku Disiplin. Ia adalah salah satu hakim Bothwell atas pembunuhan Darnley pada tahun 1567, dan pada tahun 1568 ia menemani Moray dalam penyelidikan York mengenai kesalahan Ratu Mary.

Balnaves meninggal pada tahun 1570 di Leith. Dia diklaim sebagai penyair Skotlandia berdasarkan satu balada, "O gallandis all, I cry and call," yang dicetak dalam Evergreen (2 jilid, 1724-1727) karya Allan Ramsay. Posisinya sebagai Senator di College of Justice diisi oleh Thomas McCalzean (Lord Cliftonhall).

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Oxford Dictionary of National Biography (edisi ke-online). Oxford University Press.  berlangganan atau keanggotan Perpustakaan Umum Britania Raya diperlukan
  2. ^ Register of the Great Seal of Scotland, 1513-1546, (1883), 450, no. 2005, 10 August 1539, Petlethy.
  3. ^ Letters & Papers Henry VIII, vol. 21 part 2 (1910), no. 524 (2)
  4. ^ Balnaves, John, The Confession of Faith, Thomas Vautrollier, Edinburgh (1584), preface: the book is available on EEBO, subscription required.
  5. ^ Cameron, Annie I., ed., Scottish Correspondence of Mary of Lorraine, SHS (1927), 404-406.
  6. ^ Clifford, Arthur ed., Sadler State Papers, vol. 2, Edinburgh (1809), 430-436, 445-446.

Referensi[sunting | sunting sumber]

 Pollard, Albert Frederick (1911). "Balnaves, Henry". Encyclopædia Britannica. 3 (edisi ke-11). hlm. 284. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]