James Hepburn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
James Hepburn
Adipati Orkney
Markis Fife
Earl Bothwell
Lord Hailes
Potret The Earl of Bothwell, Anonymous, 1566
Pasangan Lady Jean Gordon
Maria, Ratu Skotlandia
Anna Throndsen
Bapak Patrick, Earl Bothwell
Ibu Agnes Sinclair
Lahir sekitar 1534
Edinburgh, Skotlandia
Meninggal 14 April 1578(1578-04-14) (umur 44)
Istana Dragsholm, Denmark
Pemakaman Gereja Fårevejle, Dragsholm

James Hepburn (skt. 1534 – 14 April 1578), Adipati Orkney pertama dan Earl Bothwell keempat (lebih dikenal sebagai Lord Bothwell), adalah seorang bangsawan terkemuka asal Skotlandia. Dia terkenal karena hubungannya dengan, penculikan, dan pernikahan dengan Maria, Ratu Skotlandia, sebagai suami ketiga dan terakhirnya. Dia dituduh membunuh suami kedua Maria, Henry Stuart, Lord Darnley, yang tuduhannya dibebaskan. Pernikahannya dengan Maria kontroversial dan membagi negara; ketika dia melarikan diri dari pemberontakan yang sedang tumbuh ke Skandinavia dia ditangkap di Norwegia dan menjalani sisa hidupnya dipenjara di Denmark.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Ia adalah putra dari pasangan Patrick, Earl Bothwell, dan Agnes Sinclair (†1572), putri Henry, Lord Sinclair, dan digelari The Master of Bothwell sejak lahir. Ia menggantikan ayahandanya sebagai Earl Bothwell dan Lord Hailes pada tahun 1556.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Sebagai Lord Laksamana Tinggi Skotlandia, Lord Bothwell berlayar mengelilingi Eropa. Selama kunjungan ke Kopenhagen sekitar tahun 1559, ia jatuh cinta pada Anna Tronds, yang dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Anna Throndsen dan anumerta sebagai Anna Rustung. Dia adalah seorang wanita bangsawan Norwegia yang ayahandanya, Kristoffer Throndsen (Rustung), seorang laksamana Norwegia yang terkenal, melayani sebagai Konsul Kerajaan Denmark. Setelah pertunangan mereka, atau lebih mungkin pernikahan di bawah hukum Norwegia, Anna pergi bersama Bothwell. Di Flandria, dia mengatakan kehabisan uang dan meminta Anna untuk menjual semua miliknya. Dia memenuhi dan mengunjungi keluarganya di Denmark untuk meminta lebih banyak uang. Anna tidak senang dan tampaknya ia mengeluh tentang Bothwell. Perlakuannya terhadap Anna memainkan peran dalam kejatuhannya.

Pada bulan Februari 1566, Bothwell menikahi Lady Jean Gordon, putri Earl keempat Huntly dan saudari John Gordon dan Earl kelima Huntly.[1] Mereka bercerai pada tanggal 7 Mei 1567, mengutip perzinahannya dengan pelayannya sebagai alasannya. Ia menikahi Maria, Ratu Skotlandia, delapan hari kemudian.

Bertemu Ratu Maria di Perancis[sunting | sunting sumber]

Lord Bothwell tampaknya telah bertemu Ratu Maria ketika ia mengunjungi Istana Perancis pada musim gugur tahun 1560, setelah ia meninggalkan Anna Rustung di Flandria. Dia diterima dengan baik oleh Ratu dan suaminya, Raja François II, dan, seperti yang dikatakannya sendiri: "Sang Ratu membalasku dengan lebih bebas dan terhormat daripada yang seharusnya" — menerima 600 Mahkota dan pos dan gaji pria dari Kamar Raja Perancis. Ia mengunjungi Perancis lagi pada musim semi tahun 1561, dan pada tanggal 5 Juli kembali ke Paris untuk ketiga kalinya - kali ini ditemani oleh Uskup Orkney dan Earl Eglinton. Pada bulan Agustus, Ratu yang telah menjanda sedang dalam perjalanan kembali ke Skotlandia dalam sebuah dapur kapal Perancis, beberapa organisasi yang telah ditangani oleh Bothwell dalam kapasitas angkatan lautnya.

Di bawah perwalian Marie de Guise[sunting | sunting sumber]

Bothwell mendukung Marie dari Guise, janda ratu dan wali penguasa Skotlandia, melawan penguasa Protestan Lord Kongregasi. Bothwell dan 24 pengikut mengambil 6000 mahkota uang Inggris yang ditakdirkan untuk digunakan melawan Guise dari Laird Ormiston pada Halloween 1559 pada penyergapan dekat Haddington. Sebagai pembalasan, pemimpin Protestan Adipati Châtelherault, mengirim putranya Earl Arran dan Master Maxwell untuk merebut kediaman Bothwell Puri Crichton dan memaksa Earl, yang berada di Borthwick, untuk bergabung dengan mereka. Bothwell tetap setia kepada wali penguasa. Agen Inggris Thomas Randolph juga mengisyaratkan saat ini skandal yang melibatkan saudarinya, Jean Hepburn.[2]

Di istana Ratu Maria[sunting | sunting sumber]

Setelah Protestant Lord memperoleh kekuasaan setelah kematian Marie de Guise dan kembalinya Maria, Ratu Skotlandia, Bothwell tampaknya tidak lebih dari seorang bangsawan bermasalah di istana. Pertengkaran terbukanya dengan Earl Arran dan Hamiltons, yang menuduhnya menarik perhatian terhadap Mahkota, menyebabkan beberapa tingkat kesedihan pada Ratu, dan meskipun Earl of Arran akhirnya dinyatakan gila, Bothwell tetap dipenjara di Puri Edinburgh tanpa pengadilan tahun 1562. Belakangan tahun itu, ketika Ratu berada di Dataran Tinggi, ia melarikan diri dan pergi ke Puri Hermitage.[3]

Ratu dan Bothwell sudah sangat dekat. Ketika Bothwell menikahi Lady Jean Gordon, putri Earl keempat Huntly, pada bulan Februari 1566, sang Ratu menghadiri pernikahan tersebut (pernikahan itu berlangsung lebih dari satu tahun). Pada musim panas berikutnya, setelah mendengar bahwa dia telah terluka parah dan kemungkinan besar akan mati, dia berkuda sepanjang jalan melalui perbukitan dan hutan perbatasan untuk bersamanya di Puri Hermitage hanya beberapa minggu setelah melahirkan putranya. Namun, sejarahwati Lady Antonia Fraser menegaskan bahwa Ratu Maria sudah dalam perjalanan untuk mengunjungi Bothwell dalam masalah kenegaraan sebelum dia mendengar tentang penyakitnya, dan karena itu kunjungan ini bukanlah bukti bahwa mereka sudah menjadi kekasih pada saat kecelakaan itu. Pengarang Alison Weir setuju, dan nyatanya catatan menunjukkan bahwa Maria menunggu enam hari penuh setelah mengetahui lukanya sebelum pergi ke Bothwell. Kisah penerbangannya yang gila ke sisinya kemudian disingkirkan oleh musuh-musuhnya untuk mendiskreditkannya.

Pembunuhan Darnley[sunting | sunting sumber]

Pada Februari 1567, Bothwell adalah salah satu dari mereka yang dituduh telah membunuh permaisuri Ratu, Adipati Albany (lebih dikenal sebagai Lord Darnley). Ayahanda Darnley, Earl keempat Lennox, dan kerabat lainnya gelisah untuk balas dendam dan atas permohonannya, Dewan Penasehat mulai berproses melawan Bothwell pada tanggal 12 April 1567. Sir William Drury melaporkan kepada Sir William Cecil, Sekretaris Negara untuk Elizabeth I dari Inggris, bahwa Ratu buruk kesehatannya "untuk sebagian besar baik melankolis atau sakit-sakitan". Pada hari yang ditentukan, Bothwell mengendarai Canongate, dengan Earl keempat Morton dan Sir William Maitland dari Lethington mengapitnya, dan Hepburn-nya berjalan di belakang. Sidang berlangsung dari siang hingga pukul tujuh malam. Bothwell dibebaskan dan secara luas dikabarkan bahwa dia akan menikahi Maria.

Penculikan dan pernikahan dengan Ratu Maria[sunting | sunting sumber]

Lambang James Hepburn, Adipati pertama Orkney

Hari Rabu berikutnya, Ratu naik ke Estate Parlemen, dengan Lord Bothwell membawa tongkat kerajaan, di mana proses persidangan Bothwell secara resmi dinyatakan hanya sesuai dengan hukum negara. Pada hari Sabtu 19 April, delapan uskup, sembilan earl, dan tujuh Lord Parlemen memberikan tanda tangan mereka untuk apa yang dikenal sebagai Ainslie Tavern Bond, sebuah manifesto yang menyatakan bahwa Maria harus menikah dengan subjek kelahiran asli, dan menyerahkan Bothwell.

Pada hari Rabu 24 April, ketika Maria sedang dalam perjalanan dari Istana Linlithgow ke Edinburgh, Bothwell tiba-tiba muncul dengan 800 pria. Dia meyakinkannya bahwa bahaya menunggunya di Edinburgh, dan mengatakan kepadanya bahwa dia mengusulkan untuk membawanya ke istananya di Dunbar, keluar dari bahaya. Dia setuju untuk menemaninya dan tiba di Dunbar pada tengah malam. Di sana, Maria dipenjarakan oleh Bothwell dan diduga diperkosa olehnya untuk mengamankan pernikahan dengan dia dan mahkota (meskipun apakah dia kaki tangannya atau korbannya yang tidak diinginkan tetap menjadi isu kontroversial). Pada tanggal 12 Mei Ratu menjadikannya Adipati Orkney dan Markis Fife, dan pada tanggal 15 Mei mereka menikah di Aula Besar di Holyrood, menurut ritus Protestan yang diresmikan oleh Adam Bothwell, Uskup Orkney.[4] Maria memberi suaminya yang baru gaun malam berlapis bulu.[5] Dalam waktu tiga hari, Sir William Drury menulis kepada London bahwa meskipun hal-hal tampaknya paksa, itu dikenal sebaliknya.

Pernikahan itu membagi negara itu menjadi dua kubu, dan pada tanggal 16 Juni, para Lord yang menentang Maria dan Adipati Orkney (seperti yang baru saja dijabat Bothwell) menandatangani sebuah Bond yang mencela mereka. Sebuah pertikaian antara kedua kubu yang saling berseberangan terjadi di Bukit Carberry pada tanggal 15 Juni 1567, di mana Bothwell melarikan diri, setelah satu pelukan terakhir, tidak pernah dilihat lagi oleh Maria. Pada bulan Desember tahun itu, gelar dan wilayah Bothwell dibatalkan oleh Undang-undang Parlemen.

Melarikan diri ke Skandinavia dan dipenjarakan di sana[sunting | sunting sumber]

Setelah melarikan diri dari Skotlandia di Bukit Carberry, Earl ditangkap di Norwegia. Sumber berbeda tentang bagaimana persisnya Earl ditangkap. Tampaknya Bothwell mengambil kapal dari Aberdeen ke Shetland. Dia dikejar oleh William Kirkcaldy dari Grange dan William Murray dari Tullibardine yang berlayar ke Bressay Sound di dekat Lerwick. Empat kapal Bothwell di Sound berlayar ke utara menuju Unst, di mana Bothwell bernegosiasi dengan kapten Jerman untuk menyewa lebih banyak kapal. Bendera kapal Kirkcaldy, Lion, mengejar salah satu kapal Bothwell, dan kedua kapal itu rusak karena terendam batu.[6] Bothwell mengirim kapal harta karunnya ke Scalloway, dan bertarung dalam pertempuran laut selama tiga jam di lepas Pelabuhan Unst, di mana tiang salah satu kapal Bothwell ditembak. Kemudian badai memaksanya untuk berlayar menuju Norwegia.[7]

Bothwell mungkin berharap untuk mencapai Denmark dan meningkatkan pasukan dengan dukungan Frederik II dari Denmark untuk mengembalikan Maria ke takhta. Dia ditangkap di lepas pantai Norwegia (kemudian dikuasai oleh Denmark) tanpa surat-surat yang tepat, dan dikawal ke pelabuhan Bergen. Ini adalah rumah asli Anna Throndsen. Anna mengajukan keluhan terhadap Bothwell, yang diberlakukan oleh keluarga kuatnya; sepupunya Erik Rosenkrantz, seorang pejabat tingkat tinggi di Norwegia, mengembalikan Bothwell ke Benteng Bergenhus sementara Anna menggugatnya karena meninggalkan dan mengembalikan maharnya. Anna mungkin memiliki titik lemah untuk Bothwell, saat dia membujuknya untuk mengambil alih kapalnya, sebagai kompensasi. Bothwell akan dibebaskan, tetapi Raja Frederik telah mendengar bahwa Mahkota Inggris mencari Bothwell atas dugaan pembunuhan Darnley, dan memutuskan untuk membawanya ke tahanan di Denmark.[8]

Earl dikirim ke Kopenhagen, di mana raja Denmark, Frederik II, membahas nasibnya. Sang Earl dikirim melintasi Øresund ke benteng dan penjara Puri Malmö.[9] Tetapi ketika berita dari Inggris dan Skotlandia tiba, Raja akhirnya mengerti bahwa Maria tidak akan pernah lagi menjadi Ratu Skotlandia. Dan tanpa Maria, sang Raja menganggapnya tidak penting.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Dia dipenjarakan di Puri Dragsholm, 75 kilometer Kopenhagen. Dia ditahan dalam apa yang dikatakan sebagai kondisi yang mengerikan. Dia meninggal pada bulan April 1578.[8][10]

Pilar yang dia dirantai selama sepuluh tahun terakhir hidupnya masih bisa dilihat, dengan alur melingkar di lantai di sekitar pilar. Mayatnya (yang diduga) mumi bisa dilihat di Fårevejle, di gereja dekat kastil, hingga beberapa dekade yang lalu. Dalam beberapa dekade kemudian, keluarga besarnya mencoba untuk mengirim mayatnya kembali ke Skotlandia, tetapi permintaan mereka belum dikabulkan.[11] Identitas tubuh belum pernah dibuktikan secara pasti; Penyelidikan pada tahun 1858 menyimpulkan bahwa jenazah itu adalah Bothwell.[11][12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dunn, Jane (2003). Elizabeth and Mary. New York: Alfred A. Knopf. hlm. 185. 
  2. ^ Calendar State Papers Scotland, vol. i (1898), 262, 290.
  3. ^ Calendar of State Papers Scotland, vol. 1 (1898), 548, 622, 652.
  4. ^ Donaldson, Gordon, ed., The Memoirs of Sir James Melville of Halhill, Folio Society, London, (1969), 65: Simpson, Grant G., Scottish Handwriting, Tuckwell (1998), no. 18, contract 14 May 1567.
  5. ^ Robertson, Joseph, ed., Inventaires de la Royne Descosse, (1863), 176, "a M. le Duc d'Orquenez ... ung manteaux de nuyct."
  6. ^ Register of the Privy Seal of Scotland, vol. 8, HMSO, (1982), 66-67, no. 397: Guy, John, Queen of Scots, the True Life, (2005) p.360 (Bothwell was not on the ship chased by the Lion at Bressay)
  7. ^ Strickland, Agnes, ed., Letters of Mary Queen of Scots, vol.1 (1842), pp. 244-248, "Declaration of the Earl of Bothwell": Reid, David ed., Hume of Godscroft's History of the House of Angus, vol. 1, STS (2005), p.171
  8. ^ a b "Jarlen af Bothwell". Forside (dalam bahasa Dansk). 10 April 2017. Diakses tanggal 16 April 2017. . Mainly fifth part, Danish:

    Her begynder det danske forløb. Jarlen blev ført til Bergen, hvor han tilfældigvis stødte på Anna Trundsen, som havde slået sig ned i byen efter at være blevet droppet af jarlen i Skotland. Nu måtte han igennem en ydmygende retssag, inden han blev ført til København, fængslet på slottet og senere flyttet til Malmøhus. I denne periode, hvor det endnu var usikkert om den nye skotske regering ville overleve, var jarlen lidt af en politisk varm kartoffel for Frederik II. Da det viste sig, at Mary Stuart ikke ville komme til magten igen, mistede jarlen sin betydning og blev overført til Dragsholm slot, muligvis fordi han var blevet sindssyg. Der døde han så i april 1578.

    In English - approximately

    Here does the Danish passage of events begin. The earl was transported to Bergen (Norway), where he by chance meat Anna Trondsen, who had settled herself in the city after having been dismissed by the earl (earlier, in Scotland). Now he had to face a humiliating trial, before he was transferred to Copenhagen, and later became moved to Malmøhus. During this period was it still uncertain whether the new Scottish government would survive or not, and he was a kind of a "hot potato" for (king) Frederik II. When it became clear that Mary Stuart would not be able to return to power, did the earl loose all significance and was transferred to Dragsholm Castle (as Zealand) instead, possibly due to have become insane. He died there in April 1578

  9. ^ "735-736 (Nordisk familjebok / 1800-talsutgåvan. 10. Lloyd - Militärkoloni)". Project Runeberg (dalam bahasa Swedia). 17 January 2016. Diakses tanggal 16 April 2017.  — Swedish Encyklopedia "Nordisk Familjebok", first edition (1880) Article "Malmö"; 25-30 lines from the article name "Malmö", "Inom dess murar hölls grefve Bothwell, Maria Stuarts tredje gemål, en tid som statsfånge" - in English "Within its walls (Malmøhus Castle, as of then) was earl Bothwell, the third husband of Mary Stuart, held as a prisoner of the (Danish) state during some time."
  10. ^ Schiern, Frederik Eginhard Amadeus (1880). Life of James Hepburn, Earl of Bothwell. Diterjemahkan oleh Berry, David. Edinburgh: Thomas and Archibald Constable. hlm. 387–388. 
  11. ^ a b "James Hepburn". Kendtes gravsted (dalam bahasa Dansk). Diakses tanggal 16 April 2017.  — Danish site about burial locations.
  12. ^ A photo of the coffin in Fårevejle Church, with his assumed remains, can be seen here: "James Hepburn". Kendtes gravsted (dalam bahasa Dansk). Diakses tanggal 16 April 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Bangsawan Skotlandia
Didahului oleh:
Patrick Hepburn
Earl Bothwell
1556 – 1567
Kehilangan
Gelar kehormatan
Didahului oleh:
Earl ketiga Bothwell
Lord Laksamana Tinggi Skotlandia
1556–1567
Diteruskan oleh:
Earl keempat Norton