Lords of the Congregation

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Khotbah Knox di hadapan Lords of the Congregation, 10 Juni 1559 (David Wilkie, 1832)

Para Lord dari Kongregasi atau Lords of the Congregation (bahasa Scots: Lairds o the Congregatioun), yang pada awalnya menyebut diri mereka kaum Beriman, [1] adalah sekelompok bangsawan Protestan Skotlandia yang pada pertengahan abad ke-16 mendukung reformasi gereja Katolik menurut prinsip Protestan dan sebuah aliansi Skotlandia-Inggris.

Personalia[sunting | sunting sumber]

William Kirkcaldy dari Grange dan John Knox memberikan daftar anggota Kongregasi yang mengusir pasukan Mary dari Guise dari Perth pada bulan Juni 1559 dan pindah ke Edinburgh, antara lain:

Mereka yang bergabung di Edinburgh pada bulan Juli 1559: Alexander Cunningham, Earl dari Glencairn; Earl dari Morton; Lord Erskine; Robert, Lord Boyd; Lord Ochiltree; Hugh Campbell, Sheriff of Ayr; dan Laird of Calder.

Knox dan Kirkcaldy memberikan nama-nama enam bangsawan lain yang belum menyatakan aliansi mereka pada bulan Juli 1559; William Keith, Earl ke-4 Marischal; Earl Athol; Lord Forbes; dan James Douglas, Laird dari Drumlanrig; Laird dari Lochinvar; dan Laird dari Garlies.[2]

Daftar dewan untuk kebijakan Penguasa Oktober 1559 meliputi; mantan wali penguasa Arran; putranya, Earl ke-3 Arrab; Earl dari Argyll; Prior dari St Andrews; Earl dari Glencairn; Lord Ruthven; Robert, Lord Boyd ke-4; Tuan Maxwell; Erskine dari Dun; Wishart dari Pitarrow; Henry Balnaves dari Halhill ; Kirkcaldy dari Grange; dan James Halyburton Provost dari Dundee .

Kongregasi mendapatkan bimbingan dalam urusan religius dari:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ T. C. Smout, A History of the Scottish People, 1560-1830 (Collins, 1969), p. 53.
  2. ^ Joseph Bain, Calendar of State Papers Scotland, vol. 1 (Edinburgh, 1898), pp. 219-220.
  3. ^ Clifford, Arthur ed., Sadler State Papers, vol. 1 (Constable: Edinburgh, 1809), p. 210, Randall to Ralph Sadler and James Croft, 22 October 1559