Andrew Stewart, Lord ke-2 Ochiltree

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Andrew Stewart, Lord ke-2 Ochiltree (c. 1521–1591) berjuang untuk Reformasi Skotlandia. Putrinya menikah dengan John Knox dan ia berperan dalam kekalahan Mary, Ratu Skotlandia pada Pertempuran Langside.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ayah Andrew, Andrew Stewart, Lord ke-2 Avondale, menukarkan tanah dan gelarnya untuk menjadi Lord Ochiltree.

Lord Ochiltree menjadi seorang Protestan ketika Skotlandia masih merupakan negara Katolik. Ketika perlawanan terhadap agama Katolik dan pemerintahan wali penguasa Skotlandia, Mary dari Guise, mulai berkembang, Ochiltree adalah salah satu dari Lords of the Congregation yang pertama kali bergerak menuju Perth pada bulan Juni 1559, dan bergabung dengan yang lainnya di Edinburgh pada tanggal 1 Juli. Ochiltree adalah penandatangan surat-surat Kongregasi kepada Elizabeth I dari Inggris dan William Cecil pada tanggal 19 Juli 1559. John Knox menulis surat-surat tersebut, yang menyatakan bahwa "tujuan utama mereka" adalah untuk menghapus takhayul dan "mempertahankan kebebasan negara kita dari tirani dan kekuasaan orang asing." Cecil menjawab dengan menyebutkan contoh pemerintahan Denmark, dan bertanya-tanya di mana posisi keluarga Hamilton, mantan Adipati Châtellerault, Earl dari Arran dan Lord David Hamilton dalam rencana mereka.[1]

Pada tanggal 27 April 1560, Ochiltree menandatangani "Band of the Scottish Nobility", yang berjanji untuk mengusir pasukan Prancis dari Skotlandia dan membantu tentara Inggris, yang telah memasuki Skotlandia di bawah ketentuan Perjanjian Berwick.[2] John Knox kemudian menulis dalam bukunya Sejarah Reformasi Agama dalam Kerajaan Skotlandia bahwa Ochiltree adalah "orang yang lebih memilih mencari perdamaian daripada berperang di jalan lintasan."

Putri Lord Ochiltree, Margaret, menikah dengan John Knox pada tahun 1563. Putra keduanya, James Stewart, menjadi Earl dari Arran yang berkuasa pada tahun 1580-an. Putra sulungnya, Andrew, Master dari Ochiltree, meninggal dunia lebih dulu pada tahun 1578. Istri Master dari Ochiltree, Margaret, Nyonya Ochiltree, adalah seorang pelayan kerajaan yang penting, dan setidaknya tiga putrinya adalah dayang Anna dari Denmark.[3]

Lord Ochiltree meninggal pada bulan November 1591.[4] Ia digantikan oleh cucunya, Andrew, Lord ke-3 Ochiltree, yang kemudian menjadi Andrew Stuart, Baron ke-1 Castle Stuart.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Calendar of State Papers Scotland, vol. 1 (Edinburgh, 1898), pp. 218, 220, 227-8, 234-5.
  2. ^ Calendar of State Papers Scotland, vol. 1 (Edinburgh, 1898), p.383
  3. ^ Michael Pearce, 'Anna of Denmark: Fashioning a Danish Court in Scotland', The Court Historian, 24:2 (2019), p. 146.
  4. ^ Calendar State Papers Scotland: 1589-1593, vol. 10 (Edinburgh, 1936), p. 594.