Harvey Malaihollo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Harvey Malaiholo)

Harvey Malaihollo
LahirHarvey Benjamin Malaihollo
3 Mei 1962 (umur 60)
Jakarta, Indonesia
Nama lainHarvey Malaihollo
Pekerjaan
Tahun aktif1977–sekarang
Partai politikPartai Demokrasi Indonesia Perjuangan (2019–sekarang)
Suami/istri
Lolita Kusumahati Leimena
(m. 1990)
Anak2
Kerabat
Karier musik
GenrePop
InstrumenVokal
Label
Artis terkait
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia
Mulai menjabat
11 Januari 2022
Pengganti Antar Waktu
PendahuluJimmy Demianus Ijie
Daerah pemilihanPapua Barat

Harvey Benjamin Malaihollo (lahir 3 Mei 1962) adalah seorang aktor, penyanyi dan politikus Indonesia keturunan Ambon, Maluku. Ia merupakan anggota pengganti antar waktu Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang menjabat sejak 11 Januari 2022 dari daerah pemilihan Papua Barat.[1]

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Harvey adalah anak seorang pelaut dan ibunya adalah seorang penyanyi dalam grup "Titaley Sisters". Dia adalah cucu dari penyanyi kenamaan Bram Titaley. Ketika kecil, ia sudah didedahkan dengan muzik jazz dan pernah menyanyi bersama ibunya, Maudy Titaley. Ayahnya, Daniel Benjamin Malaihollo pula selalu memberi dorongan dengan menghadiahkan kaset dan LP (piring hitam) penyanyi terkenal seperti Frank Sinatra dan Michael Jackson.

Suara dan cara nyanyian Harvey dikatakan ada sedikit persamaan dengan mendiang Broery Marantika namun dia akhirnya berjaya membentuk image sendiri dengan image kumis yang tebal. Malah kumis itu dianggap membawa tuah kerana ia sudah menjadi trademarknya.[2]

Karier[sunting | sunting sumber]

Karier bermusik[sunting | sunting sumber]

Sekitar tahun 1970-an, Harvey mulai kariernya dengan rekaman album. Ia lebih popular dan dikenali menerusi The Big Five di kalangan pemusik dan karyawan Indonesia. Sementara itu, pada awal kemunculan, Harvey terpaksa bersaing dengan Broery Marantika, Margie Segers, Trio Bimbo, Dedy Damhudi dan Anna Mathovani.

Tanpa diduga, selepas 10 tahun berjuang dan bersabar, Harvey mulai popular sekitar tahun1980-an. Ia juga telah menggondol juara Bintang Radio & TV anjuran Batik Iran Tirta.

Karier politik[sunting | sunting sumber]

Pada pemilihan umum legislatif tahun 2019, ia mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI dari Fraksi PDI-Perjuangan untuk Daerah Pemilihan Papua Barat. Ia ditetapkan dan dilantik sebagai anggota DPR RI pengganti antar waktu Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang menjabat sejak 11 Januari 2022 dari daerah pemilihan Papua Barat menggantikan Jimmy Demianus Ijie yang meninggal dunia.[1]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Kini Harvey sibuk sebagai usahawan dan selain itu masih menyempatkan mengadakan konsert dan showcase bersama bintang ternama seperti Krisdayanti dan Ruth Sahanaya.

Harvey pernah digosipkan bercinta dengan artis seperti Rafika Duri dan Andi Meriem Matalatta. Ia menikah dengan Lolita, yang juga adalah managernya. Mereka dikaruniai dua putra: Joshua Benjamin dan Benjamin Joshua. Putera sulung, Joshua lebih selesai menjadi pemain olahraga, sementara Benjamin pula masih lagi menuntut di sekolah.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Solo[sunting | sunting sumber]

Duet[sunting | sunting sumber]

Kompilasi[sunting | sunting sumber]

Penampilan Lain[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Prestasi dan penghargaan[sunting | sunting sumber]

Beberapa penghargaan dan festival yang pernah diikuti Harvey Malaiholo:

Sejarah elektoral[sunting | sunting sumber]

Pemilu Lembaga legislatif Daerah pemilihan Partai politik Perolehan suara Hasil
2019 Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Papua Barat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Tidak diketahui[butuh rujukan] N Tidak Terpilih

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Rapat Paripurna Resmi Lantik Harvey Malaihollo dan Dian Istiqomah jadi Anggota PAW DPR". dpr.go.id. 11-01-2022. Diakses tanggal 11-01-2022. 
  2. ^ Koleksi_Harvey_Malaiholo Diarsipkan 2016-03-05 di Wayback Machine., diakses 21 September 2008
  3. ^ ":: Menbudpar Sematkan Satyalencana Kebudayaan 2010 ::". Diakses tanggal 2011-04-03.