Gyda Anundsdatter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gyda dari Swedia
Permaisuri Denmark
Berkuasa1047–1048/49
PendahuluEmma dari Normandie
PenerusGunnhildr
Wafat1048/49
Denmark
WangsaWangsa Munsö (melalui kelahiran)
Wangsa Estridsen (melalui pernikahan)
AyahAnund Jakob
IbuGunnhildr Sveinsdóttir
PasanganSvend II dari Denmark

Gyda Anundsdotter dari Swedia, yang juga dikenal sebagai Guda dan Gunhild (meninggal skt. 1048/1049), merupakan seorang putri Swedia abad pertengahan dan permaisuri Denmark zaman Viking, pasangan Raja Svend II dari Denmark.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Terdapat sedikit informasi tentang Gyda, sumber utama kita adalah penulis sejarah gerejani Jerman Adam dari Bremen (skt. 1075). Menurut sejarahwan Saxo Grammaticus dan sejarah Islandia, dia adalah putri raja Swedia, yang berarti Anund Jacob (1022-skt. 1050).[1] Ibundanya kemungkinan adalah Ratu Gunnhildr Sveinsdóttir.[2] Namun Adam yang hampir kontemporer, tidak mengatakan bahwa Anund dan Gunhild memiliki keturunan. Mungkin juga dia adalah putri Anund dan wanita lain.

Dia menikah dengan Raja Svend dari Denmark, mungkin pada tahun 1047 atau 1048. Tanggalnya tidak dapat dikonfirmasi, dan mungkin saja, bahwa mereka telah menikah pada saat Svend tinggal di pengasingan di istana Swedia. Setelah pernikahan pendek, dia meninggal. Menurut Adam dari Bremen, ini adalah masalah permainan kotor, karena dia diracuni oleh selir Thora.[3] Tidak diketahui apakah ada anak-anak Svend yang juga anak-anak Gyda. Ayahandanya yang dianggap Anund meninggal pada sekitar tahun 1050, dan selamat oleh Gunhild. Pada waktu yang hampir bersamaan, duda Gyda Svend menikahi wanita yang juga bernama Gunhild. Dia mungkin adalah orang yang sama dengan ibunda atau ibu tiri Gyda, meskipun beberapa sejarahwan modern berpendapat bahwa ada dua kelompok Gunhild yang terpisah, seorang ratu Swedia dan Denmark, berulang-ulang.[4] Sebuah Kronik Bremen yang jauh kemudian merujuk pada sebuah surat yang konon ditulis oleh Uskup Agung Adalbertus, yang mengatakan bahwa Gunhild adalah "ibu" (ibu mertua) Svend.[5] Bagaimanapun, Svend dan Gunhild segera dipaksa untuk berpisah oleh Uskup Agung Hamburg karena kerabat dekat mereka.[6]

Gyda sering dikelirukan dan dianggap sebagai ibu asuhnya (atau ibu tiri) Gunhild, karena nama mereka sama, dan karena keduanya sama-sama menikah dengan Svend. Keduanya dikenal sebagai Gunhild, Guda atau Gyda.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sven Axelson (1955), Sverige i utländsk annalistik 900-1400. Stockholm: Appelbergs, p. 34, 55-6.
  2. ^ Adam av Bremen (1984), Historien om Hamburgstiftet och dess biskopar. Stockholm: Proprius, p. 189 (Book III, Scholion 66).
  3. ^ Adam av Bremen (1984), p. 192 (Book III, Scholion 72).
  4. ^ Hans Gillingstam, "Gunhild", Svenskt biografiskt lexikon [1]
  5. ^ P.A. Munch (1855), Det norske Folks historie, Vol. II. Christiania: Tonsbergs, p. 189.
  6. ^ Adam av Bremen (1984), p. 137 (Book III, Chapter 12).

Sastra[sunting | sunting sumber]

  • Alf Henrikson (1989), Dansk historia (bahasa indonesia sejarah). Stockholm: Bonniers (Swedia)
  • "Gyda". (Dansk biografisk Lexikon / VI. Bind. Gerson - H. Hansen) (dalam bahasa Danish). Diakses tanggal March 6, 2014.  CS1 maint: Unrecognized language (link)
Gyda Anundsdatter
Lahir: abad ke-11 Wafat: 1049
Didahului oleh:
Emma dari Normandie
(Permaisuri)
Permaisuri Denmark
(Permaisuri)
1047/8–1049
Diteruskan oleh:
Gunnhildr
(Permaisuri)